Bagaimana Cara Benar Cek Mesin di Mobil Bekas? Ini Ulasan Lengkapnya

Mobil bekas online

Dari beragam pilihan yang tersedia untuk memiliki mobil pribadi, tentu beli second menjadi opsi terbaik untuk orang-orang dengan dana yang terbatas. Apalagi sekarang mobil bekas juga tersedia untuk pengajuan kredit dengan uang muka serta cicilan lebih terjangkau dibanding beli baru.

Dengan banyaknya kemudahan tersebut, maka wajar jika minat masyarakat terhadap kendaraan roda empat bekas terus tumbuh hingga sekarang. Sebenarnya secara proses pembelian mobil second dengan baru hampir sama, yang membedakan keduanya yaitu proses pengecekan yang harus dilakukan. Jika beli mobil baru tidak perlu lagi dilakukan pengecekan, tetapi untuk mobil bekas wajib untuk melakukan pengecekan.

Pengecekan yang dilakukan pada kendaraan bekas tidak boleh sebagian atau area tertentu saja tetapi harus menyeluruh. Salah satu yang tidak boleh ketinggalan untuk dicek yaitu mesin yang merupakan komponen paling penting pada setiap mobil. Calon pembeli harus bisa memastikan kondisi bagian mesin dalam keadaan baik, jika tidak dicek maka kemungkinan akan mengeluarkan uang lagi untuk perbaikan. Dalam mengecek mesin ternyata terdapat beberapa tahapan yang mesti dilakukan dan akan dijabarkan dibawah ini.

  • Mulai nyalakan
Baca Juga  4+ Tips Beli Mobil dengan Kredit 2022

Untuk mengecek mesin tentunya tidak bisa dilakukan saat keadaan mati, maka itu tahapan pertama tentunya menyalakan mesin dengan starter. Apakah langsung menyala atau butuh beberapa kali sampai menyala? saat menekan starter dan langsung menyala maka kondisinya aman. Tetapi jika butuh beberapa kali maka bisa langsung bertanya tentang hal ini ke penjual untuk mendapatkan informasi yang jelas mengapa mobil sulit menyala.

  • Perhatikan bau di mesin

Setelah menyala, cobalah untuk mengendari dalam waktu yang singkat sekitar beberapa menit saja. Setelah itu matikan mesin dilanjutkan dengan membuka kap bagian depan dan perhatikan bau pada mesin. Proses pengapian yang tidak normal kemudian juga kualitas oli yang sudah menurun maka akan menimbulkan aroma bau terbakar di mesin. Jika ada bau seperti terbakar, maka harus dicek dan biasanya harus ada beberapa komponen yang diganti.

cek Mobil bekas

  • Periksa kebocoran oli

Jika sudah memperhatikan aroma bau pada mesin, maka bisa juga sekalian mengecek apakah ada tanda kebocoran atau rembesan pada oli. Jika terdapat sedikit rembesan di sekitaran mesin termasuk hal yang wajar, tetapi jika memang sudah terjadi kebocoran apalagi terlihat beberapa tetesan yang keluar dari komponen mesin maka harus dicek langsung dan dibawa ke bengkel untuk pengecekan lebih lanjut.

Baca Juga  Toyota Hilux, Kendaraan Double Cabin Terbaik Saat Ini

Cara mengecek mesin tentunya bisa dilakukan secara langsung ketika mengadakan pertemuan dengan penjual. Jadi harus mengorbankan waktu beberapa jam untuk mengecek mobil bekas yang akan dibeli. Jika tidak punya banyak waktu karena berbagai kesibukan maka bisa cek daftar mobil bekas online hanya di mobbi. Platform jual beli terpercaya yang di awal bernama mo88i ini sudah dimanfaatkan banyak orang untuk bisa mendapatkan mobil incaran. Beragam metode pembayaran juga tersedia di mobbi baik cash atau kredit, keduanya bisa diajukan dengan praktis.