Cara Mengatur Finance Dan Tips Menabung Gaji

Friday, April 13th, 2018 - Umum

Pasti anda sudah sangat familiar sekali dengan yang namanya pepatah “hemat pengkal kaya”. Untuk itu tak heran kalau sejak dini para orang tua pun sudah membiasakan anak-anak mereka menabung. Namun memang ternyata pada faktanya tidak semua orang rajin dan rutin jika menabung. Terlebi lagi ketika mereka baru saja mendapat gaji, justru malah tergoda untuk belanja dari sebagian gaji yang didapatkan. Padahal yang namanya menabung seharusnya sudah menjadi salah satu rutinitas penting yang tak boleh terlewatkan. Untuk itu anda bisa langsung menyimak ulasan dibawah ini mengenai cara mengatur finance dan juga tips menabung gaji, diantaranya yaitu :

  1. Tentukan skala prioritas. Cara atau tips pertama adalah dengan mengatur dan menentukan skala prioritas. Catat semua kebutuhan yang penting  dan juga catat kebutuhan yang bisa di tunda terlebih dahulu. Jangan lupa untuk menjadikan menabung menjadi salah satu prioritas.
  1. Utamakan kebutuhan bukan keinginan. Selanjutnya anda pun harus lebih mengutamakan kebutuhan dan menunda keinginan. Jangan malah justru sebaliknya, yaitu anda lebih mengutamakan keinginan dibandingkan kebutuhan. Tentu saja cara ini jelas akan menggangu finance anda.
  1. Hindari kartu kredit. Yang namanya memiliki kartu kredit memang akan semakin memudahkan kita lagi dalam bertransaksi. Terutama ketika akan berbelanja. Namun tanpa disadari, dengan menggunakan kartu kredit justru akan semakin membuat finance kamu menjadi jebol. Sebaiknya jangan gunakan kartu kredit jika kami sendiri belum mampu untuk menggunakannya secara bijak. Sebagai solusinya gunakan saja pembayaran secara debit.
  1. Selalu membuat catatan. Meski dianggap sepele. Namun ternyata yang namanya membuat catatn ini sangatlah penting sekali. Baik itu catatan penghasilan maupun pengeluaran. Dengan memiliki catatan maka akan semakin memudahkan kamu dalam mengontrol finance.
  1. Memiliki lebih dari 1 tabungan. Sisihkan uang gaji yang kami dapatkan untuk ditabung menjadi beberapa post. Misalnya tabungan untuk dana darurat, tabungan untuk kebutuhan pokok, tabungan liburan, tabungan pensiun dan yang lainnya. Meskipun jumlah uang yang nantinya ditabung tidak besar, namun asalkan rutin. Dengan demikian, maka anda pun tidak akan menggangu keuangan atau dana lainnya. Terkecuali kalau memang dana tersebut sangat dibutuhkan dan sifatnya darurat.
  1. Investasi. Namanya investasi juga merupakan salah satu cara menabung yang sangat tepat sekali. Anda bisa menyisihkan sebagian gaji yang dimiliki untuk ditabung kemudian uang tersebut dibelikan emas, property dan yang lainnya sebagai investasi. Pilihlah investasi yang nilainya selalu mengalami kenaikan.

Bagaimana, mudah sekali bukan cara mengatur finance dan menabung uang gaji. Jadi pastikan kalau anda mengatur keuangan dengan baik. Jangan sampai uang yang baru saja didapatkan dari hasil bekerja habis begitu saja untuk membeli barang tidak penting. Tips menarik lainnya klik saja di gamaurugi.com

Tags:

pakaian dalam islam
Advertisement
loading...
Cara Mengatur Finance Dan Tips Menabung Gaji | admin | 4.5