Waspadai 5 Jenis Gempa Bumi ini Berikut Penyebabnya

Saturday, September 21st, 2019 - Umum

Sebagai salah satu bencana yang paling sering terjadi di Indonesia, gempa bumi bukanlah istilah asing lagi. Gempa bumi sendiri merupakan getaran yang berasal dari dalam bumi yang terasa hingga permukaan dan bisa menimbulkan kerusakan jika terjadi dalam skala yang besar. Guncangan ini juga terjadi akibat adanya pelepasan energi dari dalam bumi hingga menciptakan gelombang seismik. Penyebab gempa bumi ini pun beraneka ragam sesuai jenisnya. Berikut adalah jenis-jenis gempa bumi berdasarkan penyebabnya yang sering terjadi di Indonesia.

1.Gempa Tektonik
Gempa tertonik terjadi oleh adanya pergeseran lempeng- lempeng tektonik secara mendadak atau disebut juga dengan aktivitas tektonisme. Gempa ini juga memiliki kekuatan yang bervariasi mulai yang getarannya sangat kecil hingga yang dapat menimbulkan kerusakan samapi korban jiwa. Daerah yang paling sering terdampak gempa ini biasanya terletak di kawasan perpotongan lempeng bumi yang terus bergerak.

2.Gempa Vulkanik
Gempa vulkanik terjadi akibat adanya aktivitas gunung api. Aktivitas magma dalam inti bumi paling sering terjadi ketika gunung berapi akan erupsi. Semakin aktif magma tersebut, getaran yang ditimbulkan juga semakin besar, bahkan hingga mencapai radius yang jauh.Gunug api yang memiliki sifat ledakan eksplosif juga memiliki efek getaran yang lebih besar dibanding dengan gunung api yang hanya mengeluarkan magma beruppa lelehan. Seperti yang terjadi pada gunung Anak Krakatau belum lama ini yang hingga menimbulkan gelombang tsunami akibat getarannya yang luar biasa.

gempa bumi

3.Gempa Runtuhan
Seperti namanya, gempa bumi yang satu ini terjadi akibat adanya runtuhan material-material seperti bebatuan, hingga longsoran tanah atau pasir yang banyak. Gempa runtuhan biasanya terjadi di kawasan kapur, daerah pertambangan hingga lereng-lereng yang gundul

4.Gempa Tumbukan
Gempa bumi yang satu ini disebabkan oleh benda asing dari luar bumi seperti meteor, asteroid atau benda langit lainnya. Tumbukan antara benda-benda langit ini dengan permukaan bumi menciptakan getaran yang dapat dirasakan di sekitar lokasi tumbukan. Namunn, gempa jenis ini sangatlah jarang terjadi, karena sebagaian besar benda langit sudah terbakar habis di atmosfer sebelum bisa mencapai permukaan bumi.

5.Gempa Buatan
Tak seperti gempa bumi lain yang terjadi akibat aktivitas alam, gempa buatan terjadi salah satunya karena aktivitas manusia. Gempa buatan yang paling sering terjadi adalah akibat dari peledakan bom, dinamit, nuklir hingga palu yang dipukulkan ke permukaan bumi.
.

Waspadai 5 Jenis Gempa Bumi ini Berikut Penyebabnya | admin | 4.5