Pilihan Tepat Belajar QA Engineer di Jayjay Jaminan Bisa Langsung Kerja

apa itu QA Engineer

Saat ini Aplikasi adalah bagian tidak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari Kita. Apalagi dengan adanya smartphone, fungsinya sungguh tidak terhitung. Mulai dari membantu pekerjaan, platform komunikasi, order transportasi, hingga pesan makanan. Dengan kata lain berbagai aplikasi ini sudah menjadi bagian dari lifestyle Kita.

Karena pada dasarnya Aplikasi itu hadir untuk memudahkan hidup, sebagai pengguna Kita tentu akan memilih aplikasi yang berjalan dengan lancar dan minim eror. Kita tidak akan mau memakai aplikasi yang penuh bug dan terkesan seperti tidak siap.

Nah tahukah kamu bahwa dalam setiap aplikasi yang berjalan lancar tersebut ada peran seorang QA engineer. Ini adalah salah satu jenis profesi yang sangat penting dan begitu menjanjikan pada saat ini. Penasaran? Yuk kita kulik lebih jauh.

Mengenal Apa itu QA engineer 

Sebagai sebuah produk digital, aplikasi melalui berbagai rangkaian proses yang tidak mudah hingga kemudian siap dirilis kepada pengguna. Tugas utama seorang QA engineer adalah memastikan bahwa software atau aplikasi tersebut berjalan selancar mungkin. Menjaga mutu apps, menemukan bug sebelum pengguna mengunakannya, juga memastikan Aplikasi tersebut sesuai dengan standar dan regulasi baik dari developer maupun pemerintah.

Jadi pada dasarnya QA engineer mengubah dunia kita menjadi lebih baik dengan menjamin bahwa aplikasi yang dirilis akan memberikan pengalaman yang menyenangkan kepada seluruh penggunanya.

Peluang Karir Jadi QA engineer

QA Engineer adalah profesi yang begitu menjanjikan, prospeknya sangat bagus seiring dengan semakin banyaknya transformasi digital yang dilakukan di setiap lini kehidupan. Tawaran gajinya juga tinggi karena posisinya yang strategis. Kisaran gajinya ini bisa tembus antara belasan juta hingga puluhan juta perbulannya.

Asyiknya lagi, sebagai QA Engineer kita bisa bekerja secara remote dan bahkan freelance sehingga lebih bebas, tidak terikat sebagaimana pekerja kantoran lainnya. Bisa bekerja dari rumah dengan gaji dolar dan berhubungan dengan klien dari luar negeri, ini terdengar menyenangkan bukan?

Baca Juga  Inilah Keuntungan dan Hal yang Perlu Dipersiapkan Saat Bangun Kolam Ikan di Rumah

Seorang QA Engineer pada dasarnya bisa bekerja dimanapun. Ini karena ada banyak software testing tool sepertiyang dikutip dari https://jayjay.co/software-testing-tools yakni Clubhouse, Jira, Slack, dan Pivotal Tracker yang bisa membantu tim bekerja secara produktif walaupun tidak onsite. Selama memiliki proses yang tepat, tim dapat berkolaborasi secara efektif dari mana saja bahkan ketika tersebar di seluruh dunia.

alur kerja QA Engineer

Hal yang Membuat QA Enginering Semakin Dibutuhkan

Saat ini kebutuhan akan QA Engineer semakin tinggi, dikatakan ada lebih dari 3000 lowongan kerja di Linkedin untuk posisi ini. Lalu kenapa profesi ini terus dibutuhkan dari waktu ke waktu?

Kebutuhan akan inovasi pada sebuah apps

Software dan Apps harus serba cepat dan inovatif. Untuk itu selalu dilakukan update, penambahan fitur dan otomatisasi lainnya untuk memberikan lebih banyak kenyamanan bagi pengguna. Tingginya permintaan untuk orang yang mampu menjadi problem solved terus mendorong kebutuhan akan QA engineer.

Source Code yang terus diupgrade

Setiap baris kode biasanya memiliki masa pakai tertentu. Dalam beberapa kesempatan, sebuah pengembang dapat memutuskan untuk membuang kode lama sepenuhnya dan membangunnya kembali menggunakan teknologi yang lebih modern. Seorang QA Engineer dibutuhkan untuk memastikan semuanya berjalan dengan baik.

Meningkatnya kompleksitas proyek

Setiap kali sebuah apps dirilis, tim pengembang lain membuat program serupa untuk bersaing. Sebagai contoh, ada banyak jenis aplikasi perpesanan, platform e-commerce, dan bahkan mesin pencari, yang semuanya membantu mendorong tingginya permintaan akan QA engineer.

Seiring waktu proyek-proyek juga akan semakin kompleks, sehingga pada akhirnya perusahaan harus mempekerjakan sejumlah orang lagi untuk memberikan hasil yang maksimal bagi pelanggan.

Baca Juga  Menjaga Berat Badan Tetap Ideal di Masa Pandemi

Bagaimana Belajar jadi QA Engineer?

belajar QA engineer

Pada dasarnya siapapun bisa menjadi QA Engineer, selama memiliki mentalitas untuk menjadi seorang problem solved. Tidak melulu harus lulusan jurusan IT dan jago koding untuk memulainya, karena bahkan kita juga bisa belajar sendiri untuk bisa menguasai skill profesi ini.

Dibandingkan dengan profesi bidang IT lainnnya, QA Engineer tidak serumit yang dibayangkan. Kemampuan menganalisa masalah adalah hal yang utama sementara koding yang dibutuhkan tidak terlalu komplex seperti halnya seorang developer. QA Engineer cocok bagi kamu yang ingin pindah karir ke bidang IT. Skill yang dibutuhkan relatif lebih mudah untuk dikuasai.

Namun jika ingin belajar QA Engineer yang runut dan mudah dipahami maka kita sebaiknya mengambil kelas pelatihan. Karena kekurangan utama saat belajar otodidak adalah cara belajar yang tidak sistematis sehingga membuat proses belajarnya berlangsung tidak efektif.

Belajar menjadi QA Engineer di Jayjay

Memilih tempat belajar yang tepat akan sangat mempengaruhi keberhasilan kita menguasai bidang yang diinginkan tersebut. JayJay International School of Creative Arts & Technology adalah sebuah institusi pendidikan yang menerapkan cara belajar yang inovatif secara online untuk program karier yang lengkap di bidang IT.

JayJay

Belajar QA Engineer adalah salah satu program kursus profesi yang bisa kita pilih di Jayjay. Ini adalah program profesi yang menyeluruh mencakup juga QA Automation dan QA manual testing. Proses pembelajaran akan berjalan selama 8 bulan dengan lebih dari 100 jam teori dan praktik di kelas online. Semua peserta akan menerima pelajaran dengan komposisi 30% teori & 70% praktik. Dengan demikian peserta akan terus diasah dengan praktik seperti sesungguhnya di dunia kerja.

Baca Juga  Model Baju Batik Long Dress yang Bisa Anda Pilih

Proses pembelajaran di Jayjay sepenuhnya didukung oleh mentor yang berpengalaman di bidangnya. Dengan demikian peserta kursus dapat benar-benar berkembang karena didampingi oleh pengajar yang kompeten. Mereka berasal dari industri yang memang bergelut dengan QA Engineer di perusahaan top level seperti Bukalapak, Tokopedia, Telkomsel, tiket.com dan banyak lagi yang lainnya. Sehingga peserta akan menerima formula pelatihan yang uptodate dengan kebutuhan industri digital saat ini.

Setiap tugas dan final project bisa menambah portofolio kita. Pada akhir kursus, Kita akan mendapatkan sertifikat profesional yang bisa digunakan sebagai portofolio dan membuka peluang karir menuju pekerjaan impian. Hingga saat ini sudah lebih dari 500 orang alumni berhasil bekerja

jayjay career center

Yang membuat Jayjay begitu rekomended adalah karena adanya program jaminan 100% dapat kerja. Jayjay punya Career Centre yang akan membantu kita menemukan pekerjaan impian sebagai QA Engineer. Jayjay bahkan akan membantu untuk membuat resume dan profil yang menonjol. Mempersiapkan wawancara kerja yang sukses memikat rekruiter dan ini berlangsung tanpa batas. Kita akan diberikan akses ke dukungan karir selamanya.

Kesimpulan

Untuk mengawali karier menjadi seorang QA Engineer bukanlah hal yang mustahil. Karena setiap impian layak untuk dikejar maka nikmati prosesnya hingga menjadi sebuah passion. QA Engineer adalah profesi yang menjanjikan, memiliki gaji yang tinggi dan peluang karier yang bagus.