5 Kerugian dari Adanya Gunung Berapi yang Mungkin Tak Disadari

Tuesday, September 17th, 2019 - Umum

Adanya gunung berapi, tentu memiliki sisi positif yang memberikan berbagai manfaat pada lingkungan dan masyarakat, serta sisi negatif yang bahkan bisa mengancam jiwa. Letusan gunung berapi menjadi sumber utama dari beragam kerugian yang terjadi. Kerugian ini meliputi hal-hal terkait kesehatan, ekonomi, lingkungan, hingga munculnya bencana lain. Berikut ini adalah penjelasan lengkap mengenai kerugian dari adanya gunung berapi.

1.Gangguan Pernapasan
Gas vulkanik yang dikeluarkan saat gunung berapi mengalami erupsi mengandung senyawa kimia berbahay seperti karbon dioksida (CO2), sulfur dioksida (H2S), nitrogen (NO2), dan karbon monoksida (CO). Senyawa-senyawa tersebut juga ikut tercampur dengan hujan abu yang sangat membahayakan kesehatan pernapasan manusia. Infeksi Saluran Pernapasan Akut atau ISPA merupakan salah satu penyakit langganan yang hampir tidak bisa dihindari ketika letusan gunung berapi terjadi.

2.Dapat Memicu Tanah Longsor hingga Tsunami
Getaran yag terjadi akibat erupsi gunung berapi berpotensi menyebabkan longsornya tanah yang tak memiliki cukup penopang. Gunung berapi yang berlokasi di dekat laut atau bahkan yang ada di tengah samudra perlu menadi perhatian lebih. Apabila gunung ini mengalami peningkatan aktivitas hingga lempeng bawah tanah ikut terdampak, bencana lain seperti gempa bumi dan tsunami menjadi ancaman yang paling nyata. Kasus yang baru-baru ini terjadi adalah bencana tsunami di Banten dan Lampung akibat dari aktivitas gunung anak Karkatau yang menelan korban hingga ratusan jiwa.

3.Rusaknya Fasilitas Umum Hingga Lahan Pertanian
Lahar panas yang keluar dari kawah gunung berapi akan merusak apapun yang dilewatinya, tak terkecuali perumahan, fasilitas umum, hingga lahan-lahan pertanian milik warga setempat. Tak hanya itu, awan panas atau yang populer disebut “wedhus gembel” juga menjadi ancaman besar yang membahayakan tak hanya hewan dan tanaman endemik, namun juga manusia.

4.Melemahkan Kegiatan Perekonomian
Sebagai buntut dari rusaknya fasilitas dan sarana umum seperti pasar hingga kawasan pertokoan membuat roda perekonomian menjadi lumpuh, karena masyarakat tidak bisa beraktivitas serta melakukan aktivitas perekonomian seperti biasa.

5.Mengganggu Aktivitas Penerbangan
Abu vulkanis maupun awan panas yang membumbung tinggi di udara akan sangat mengganggu aktivitas penerbangan. Karena selain membatasi jarak pandang, kedua produk aktivitas gunung api ini juga dapat merusak sistem permesinan yang ada dalam pesawat.

5 Kerugian dari Adanya Gunung Berapi yang Mungkin Tak Disadari | admin | 4.5