Dear Orang Tua, Ini 10 Tips Agar Belajar Online Bisa Efektif dan Menyenangkan

tips belajar online
tips belajar online

Penyebaran COVID-19 membuat sekolah mengubah sistem belajar mengajar. Sudah beberapa bulan terakhir mereka melakukan sistem belajar daring untuk meminimalisir penyebaran COVID-19. Para siswa diwajibkan belajar dari rumah masing-masing melalui sistem daring.

Namun sistem daring ini memiliki beberapa kelemahan. Di antaranya adalah anak yang sulit berkonsentrasi dan munculnya rasa bosan. Karena biasanya siswa fokus belajar di sekolah, tapi kini mereka harus belajar di rumah dengan suasana yang mungkin kurang mendukung.

Jika sudah begini, orang tua harus memutar otak agar kegiatan belajar anak di rumah berlangsung menyenangkan dan efektif. Nah, artikel ini akan memberikan tips dari berbagai sumber agar orang tua bisa membangun suasana belajar online yang efektif dan menyenangkan.

1. Motivasi Anak Untuk Semangat Belajar
Motivasi adalah salah satu hal penting yang perlu disiapkan agar kegiatan belajar berjalan lancar. Cara memberi motivasi kepada anak juga macam-macam. Salah satu yang paling mudah dilakukan adalah dengan memberikan hadiah untuk anak jika berhasil menyelesaikan target tertentu.

2. Diskusikan dengan Anak Soal Waktu Belajar
Belajar online di rumah membuat waktu belajar lebih fleksibel. Jika sedang tidak ada jadwal pasti dari sekolah, orang tua diharapkan bisa membuat jadwal baru yang nyaman untuk anak belajar. Ajak anak berdiskusi soal jam belajar yang diingankan oleh mereka lengkap dengan waktu istirahat dan kapan lanjut belajar. Setelah sepakat, ajak anak berkomitmen dengan waktu belajar yang sudah dipilih sendiri oleh mereka.

3. Sediakan Tempat Yang Nyaman Untuk Belajar
Faktor lain yang tak kalah penting untuk disiapkan saat belajar online adalah tempat untuk belajar. Pastikan anak memiliki tempat belajar yang nyaman dengan pencahayaan yang maksimal. Ini disiapkan demi membuat anak tetap nyaman dan betah selama proses belajar online.

4. Persiapkan Alat Belajar
Orang tua juga harus memperhatikan persiapan alat belajar untuk mendukung kegiatan belajar online anak. Terlebih lagi jika anak harus mempraktikan materi belajar kala itu. Jika masih ragu dengan alat-alat belajar yang diperlukan, orang tua bisa bertanya ke guru atau wali murid lain. Sehingga proses belajar online anak tidak terganggu karena alat belajar yang kurang lengkap.

5. Pastikan Koneksi Internet Stabil
Sistem daring untuk belajar mengharuskan para murid mengakses internet untuk mendapatkan materi atau sekedar absen lewat aplikasi obrolan. Nah, agar kegiatan belajar mengajar berjalan lancar, orang tua harus memastikan koneksi internet di rumah stabil. Tidak mau kan anak-anak kalian ketinggalan materi pelajaran karena internet yang lemot?

tips belajar online
tips belajar online

6. Pilih Aplikasi Belajar Online Yang Efisien
Tak melulu dari guru, materi belajar daring juga bisa didapatkan dari berbagai sumber secara online. Terlebih lagi Kementerian Pendidikan dan Budaya (Kemendikbud) telah bekerja sama dengan banyak aplikasi untuk mendukung pelaksanaan belajar online ini. Di antaranya ada Rumah Belajar, Meja Kita, Ruang Guru, Kelas Pintar, hingga Zenius. Kalian bisa memilih aplikasi belajar online yang dianggap paling pas dan efisien untuk belajar anak-anak.

7. Jauhkan Benda Yang Bikin Salah Fokus
Salah satu tantangan saat melakukan belajar online adalah sulitnya menjaga anak untuk tetap fokus. Oleh karena itu, sangat disarankan agar orang tua menjauhkan benda-benda yang bisa mengganggu konsentrasi anak saat belajar. Seperti misalnya gadget, mainan, atau benda-benda lain yang berpotensi membuat gagal fokus.

9. Memodifikasi Cara Belajar Agar Menyenangkan
Dilansir dari Popmama, dr. Reisa Brotoasmoro menyarankan agar orang tua memodifikasi cara belajar dari para guru. Tentu yang ditiru dan dimodifikasi adalah cara dari guru yang berhasil menyampaikan materi dengan baik kepada muridnya. Orang tua juga bisa sesekali menyelipkan permainan kreatif sesuai dengan materi yang diajarkan. Metode ini bisa membantu proses belajar berlangsung lebih menyenangkan.

10. Sediakan Camilan Biar Tetap Semangat
Meskipun dilakukan di rumah dan tidak membutuhkan banyak gerakan, kegiatan belajar online tentu akan menguras tenaga. Supaya anak bisa terus semangat, sediakanlah camilan secukupnya. Kalau bisa pilih camilan berkalori tinggi, seperti kacang-kacangan atau buah-buahan.

Jadi bagaimana belajar online yang sudah kalian terapkan di rumah bersama anak-anak, apakah sudah efektif dan menyenangkan? Yuk coba melakukan 10 tips di atas untuk membuat proses belajar online di rumah lebih efektif dan tentunya menyenangkan.

Posted in PKn

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *