Agar Tubuh Tetap Sehat Setelah Kehujanan, Sebaiknya Lakukan 5 Hal Ini!

Thursday, March 22nd, 2018 - Umum

Datangnya musim hujan memang memberikan banyak sekali manfaat bagi masyarakat, khususnya adalah mereka yang memiliki pekerjaan sebagai petani. Juga beberapa orang yang memang menjalankan bisnis seperti usaha laundry dan juga jasa cuci kendaraan, maka akan semakin diuntungkan dengan datangnya hujan setiap hari. Hanya saja bagi sebagian orang datangnya musim hujan bisa dikatakan sebagai waktu munculnya penyakit, tidak bisa dipungkiri jika seandainya berbagai jenis penyakit akan mudah menyerang ketika sudah memasuki musim penghujan ini, mulai dari yang ringan yaitu flu, batuk sampai dengan yang berbahaya layaknya demam berdarah.
Apalagi untuk anak-anak yang daya tahan tubuhnya masih terbilang cukup rentan, banyak diantara mereka yang senang main air hujan atau hujan-hujanan, meskipun terbilang menyenangkan, namun ternyata hal yang satu ini bisa memicu masalah kesehatan  seperti pusing dan demam. Tentunya banyak diantara Anda yang pernah merasakannya. Karena memang lupa membawa mantel ataupun payung, maka membiarkan diri basah terkena air hujan, selepas itu masalah kesehatan mulai dirasakan.


Agar tidak mudah sakit setelah terkena guyuran air hujan, maka berikut ini setidaknya ada beberapa hal yang wajib untuk Anda lakukan, yaitu:

  1. Menepi ke daerah yang kering, artinya berlindung dari guyuran air hujan sementara, mengapa demikian? Karena di awal-awal air hujan jatuh biasanya air tersebut banyak mengandung polutan yang berasal dari udara. Yaitu tidak sepenuhnya kandungannya aman, melainkan justru banyak sumber penyakit yang bisa masuk kedalam tubuh Anda, jadi jangan asal menerobos.
  2. Segera ganti baju yang basah tersebut dengan pakaian yang kering, baju yang basah akan membuat tubuh menggigil kedinginan, jika dibiarkan terlalu lama hal ini akan menyebabkan tubuh mengalami demam, disebabkan oleh perbedaan suhu yang cukup tinggi. Untuk itu pastikan segera mengganti baju dari yang basah memakai pakaian kering.
  3. Mandi menggunakan air hangat, jangan lupa untuk segera membersihkan badan, namun lebih disarankan memakai air hangat dibandingkan dengan air dingin, karena suhu air dingin akan semakin memperparah tubuh. Air hangat memiliki efek menenangkan dan juga mengembalikan suhu tubuh menjadi normal.
  4. Jangan lupa untuk keramas, lebih disarankan bagi Anda untuk keramas setelah terkena guyuran air hujan ini, mengingat kepala menjadi bagian utama tubuh yang paling banyak terkena guyuran air hujan bercampur dengan polutan, bahkan juga memungkinkan kuman penyebab penyakit untuk hinggap disana, jadi lebih aman dibersihkan terlebih dahulu.
  5. Gunakan sabun antiseptik, jenis sabun yang satu ini memiliki fungsi tambahan untuk membunuh kuman penyebab penyakit yang mungkin hinggap di tubuh ketika hujan mengguyur.

Sangat mudah bukan, cukup dengan 5 langkah tersebut, maka tubuh akan tetap sehat meskipun sering kehujanan.

Agar Tubuh Tetap Sehat Setelah Kehujanan, Sebaiknya Lakukan 5 Hal Ini! | admin | 4.5