Upacara Pernikahan Pedang Pora

Upacara Pernikahan Pedang Pora Sahabat , pada kesempatan kali ini Pustaka Sekolah akan berbagi artikel mengenai Upacara Khas perwira Militer atau yang dikenal dengan Upacara Pedang Pora.

Pedang Pora berasal dari kata Pedang Pura  atau Gapura Pedang merupakan acara tradisi pernikahan bagi perwira militer pria yang dilaksanakan untuk menandai melepas masa lajang dengan diiringi oleh rangkaian pedang berbentuk gapura yang dibentuk oleh hunusan pedang dari rekan2 perwira atau adik angkatan dari sang mempelai pria.Jadi bukan cuma lulusan Akmil, AAU, AAL, AKPOL, tetapi oleh seluruh perwira pria (baik Sepamilwa, IDP, Semapa PK, maupun Secapa reguler). dengan catatan hanya dilaksanakan sekali saja seumur hidup (jika menjadi duda & menikah lagi, maka tidak dilaksanakan Pedang Pora). Tidak dilaksanakan juga bagi pernikahan perwira wanita, kecuali si perwira wanita menikah dengan perwira pria.Beberapa instansi non militer juga ikut menggelar acara serupa, dengan meniru tata cara pedang pora dilingkungan militer. Misalnya komunitas Pelayaran, penerbangan dll.

pedang pora



Sedangkan bagi bintara atau tamtama, tidak ada tata cara tradisi pedang pora. Hanya kadang diadakan suatu acara yang mirip pedang pora, dengan maksud untuk menghormati rekan yang melepas masa lajang dengan acara yang kadang disebut “Hasta Pora” atau gapura yang dibentuk dari penghormatan tangan, jadi pedang diganti dengan tangan yang lurus ke atas seperti pedang pora pada umumnya.Namun sayangnya Hasta pora ini tidak ada di upacara pernikahan bintara Polri.

Pedang pora adalah salah satu prosesi wajib dalam pernikahan yang dilakukan oleh seorang yang aktif dalam militer baik dari kepolisian, Tentara Republik Indonesia (TNI), Angkatan Bersenjata Republik Indoensia (ABRI), Angkatan Darat (AD), Angkatan Laut (AL), atau Angakatan Udara (AU). Pedang Pora termasuk ritual yang dilakukan oleh angkatan bersenjata untuk mengukuhkan bahwa anggotanya telah menikah.

Selain itu, pedang pora bertujuan untuk memperkenalkan sang mempelai wanita kepada dunia angkatan bersenjata ini. Pedang pora merupakan sebuah tradisi wajib yang telah dilakukan secara turun-menurun di dunia militer. Ada banyak makna dibalik simbol dan ritual pedang pora, antara lain melambangkan solidaritas, persaudaraan,dan  permohonan perlindungan pada Tuhan YME.

Selain itu, maksud dari jajaran pedang dalam pedang pora yang membentuk gapura ketika di lewati kedua mempelai menggambarkan saat di masukinya pintu gerbang kehidupan rumah tangga yang baru.  Prosesi pernikahan pedang pora ini tidak hanya dilakukan di Indonesia saja, tetapi juga di seluruh dunia. Berlaku untuk semua negara yang memiliki pasukan militer.[ps]

Tags:


pedang pora polri, pedang pora akpol, pedang pora tni ad, pedang pora adalah, pernikahan militer, pedang pora pelayaran, pernikahan polisi, pedang pora polisi, upacara pedang pora, prosesi pedang pora

Artikel Terkait Dengan: "Upacara Pernikahan Pedang Pora"

Response on "Upacara Pernikahan Pedang Pora"