Tips Sehat Berpuasa

Tips Sehat Berpuasa – Sahabat , khususnya yang Muslim, kali ini blog Pustaka sekolah ingin share mengenai tips sehat berpuasa. Apalagi bulan puasa tahun 2012 / 1433 Hijriah sebentar lagi akan datang lagi.

Cara sehat puasa atau tips-tips agar tetap Fit selama berpuasa selama sebulan penuh. Kadang ada seseorang  yang membatalkan puasanya hanya karena alasan saya tidak sanggup berpuasa, saya lapar sekali, nanti saya sakit. Nauzubillah … :-( hanya gara-gara anda lapar, anda takut sakit, sehingga tidak menjalankan perintah wajib agama, yakni shaum atau berpuasa di bulan ramadhan.



tips sehat berpuasa
Tips sehat berpuasa
Memang jika kita berpuasa, so pasti agak loyo, tapi itu tetap sehat koq, khan hikmah dari berpuasa itu sendiri salah satunya adalah merasakan lapar dan haus seperti yang dirasakan oleh kaum duafa. Dan so pasti anda tidak kita tidak bakalan mati koq jika berpuasa.
Perintah agama islam itu mudah Koq, Khan kita cuman berpuasa mulai terbitnya matahari sampai terbenamnya matahari pula. Dan sebelum kita start berpuasa, maka ada namanya makan sahur, antara jam 2 samapai jam 4 dini hari. Dan makan sahur ini sangat dianjurkan oleh Nabi SAW, seperti dalam  sabda Beliau:
Makan sahurlah kalian, karena pada makan sahur itu terdapat keberkahan. (Shahih Muslim No.1835)
Dan jika sudah tiba waktu berbuka puasa, hendaknya berbuka puasa itu disegerakan, seperti Hadis nabi SAW:
Dari Sahal Ibnu Sa’ad ra bahwa Rasulullah SAW bersabda: “Orang-orang akan tetap dalam kebaikan selama mereka menyegerakan berbuka.” Muttafaq Alaihi.
Okk.. bagi anda yang bolong-bolong puasanya pada tahun-tahun sebelumnya, silahkan tahun ini bertekad untuk berpuasa sebulan penuh, jangan hanya karena alasan takut lapar, takut sakit, lalu kita meninggalkan perintah wajib berpuasa.
Berikut ini saya akan berikan sedikit tips agar selama puasa selama sebulan penuh kita semua tetap sehat dan fit. simaklah selengkapnya tips sehat berpuasa ini.
Tips Sehat Berpuasa
  • Segera Mengakhirkan Sahur dan Menyegerakan Berbuka. Maksudnya, jika makan sahur, jangan terlalu cepat, usahakan makan sekitar jam 3.30, dan jika tiba saatnya berbuka, jangan menunda-nunda untuk berbuka, segeralah berbuka dengan yang manis-manis terdahulu, misalnya kolak, setelah itu dilanjutkan dengan menyantap hidangan nasi., Tapi ingat jangan balas dendam yach..
  • Menu selama Puasa usahakan ekstra gizi. Maksudnya, pilih menu-menu yang bergizi untuk santap sahur dan berbuka puasa, menu-menu bergizi itu belom tentu mahal khan, yang penting ekstra gizilah. tapi ndak apa-apa juga daging 3 kali dalam seminggu. Usahakan juga menkonsumsi suplemen makanan, banyak koq dijual suplemen makanan di toko-toko terdekat. jangan lupa 4 sehat 5 sempurna, sudahi santap sahur dan berbuka puasa anda dengan segelas susu.
  • Tetap beraktifitas selama Puasa, maksudnya, jangan tidur mulu selama berpuasa, tetap lakukan aktifitas keseharian, tetapi so pasti volumenya dikurangi sedikit. Tetap olahraga ringan agar vitalitas tubuh tetap terjaga.
Okk itulah sedikit artikel mengenai tips sehat berpuasa, semoga bisa memberikan manfaat bagi kita semua. Bagi para pembaca, jika ada tips-tips agar tetap sehat atau vit selama berpuasa, silahkan bagikan kepada pembaca lain, lewat kotak komentar dibawah, insya allah tips-tips yang bermanfat anda akan mendapat amalan yang tak terhitung nilainya, Amien[ps]

Tags:


hikmah puasa ramadhan, menu puasa sebulan, berpuasa, gambar foto berpuasa, tips berpuasa di hari sekolah, Tips Sebulan Berpuasa, tips sehat selama puasa

Artikel Terkait Dengan: "Tips Sehat Berpuasa"

Response on "Tips Sehat Berpuasa"