Tata Cara berqurban Dalam Islam


Tata Cara berqurban Dalam Islam – Bulan ini adalah bulan Dzulhijjah, dimana pada bukan ini ada beberapa moment spesial bagi kita umat Muslim, moment itu antara lain berhaji, Hari raya Idul Adha dan berqurban. Nah pada kesempatan kali ini, saya ingin share sedikit mengenai tata cara berqurban dalam Islam. Berkurban adalah menyembelih hewan qurban [kambing, domba atau sapi] pada hari raya Idul Adha. adapun hukum dari berqurban ibi adalah sunnah muakkadah bagi yang mampu secara finansial.

Waktu Pelaksaan ibadah qurban ini adalah setelah terbit matahari pada hari raya idul adha hingga saat-saat pelaksanaan shalat id. Setelah itu dibolehkan menyembelihnya kapan pun di hari yang tiga (tasyrik) baik malam maupun siang.

Jika seorang yang berkurban memiliki kepandaian dalam menyembelih hewan maka disunnahkan melakukannya sendiri untuknya. Ia disunnahkan membaca : bismillah wallahu akbar. Allahumma hadza an fulan… (Dengan nama Allah. Allah Maha Besar. Wahai Allah hewan kurban ini dari si fulan (sebutkan nama orang yang berkurban). Adapun cara menyembelih hewan tersebut adalah dengan memutuskan tenggorokan dan saluran (nadi) makanan.



Pembagian Daging Kurban

Orang yang berkurban disunnahkan untuk memakan dagingnya, membagikannya kepada karib kerabat, serta menyedekahkannya kepada orang-orang fakir, sebagaimana sabda Rasulullah saw,”Makanlah oleh kalian, bagikanlah dan simpanlah..” (HR. Tirmidzi)

Para ulama mengatakan bahwa yang paling afdhal adalah memakan sepertiga, bersedekah sepertiga dan menyimpan sepertiga. Daging kurban ini boleh dibawa ke negara lain akan tetapi tidak boleh dijual walaupun kulitnya. Tidak dibolehkan memberikan dagingnya kepada tukang potong sebagai upah karena ia berhak menerima upah lain sebagai imbalan kerja. Orang yang berkurban boleh bersedekah dengan daging tersebut dan juga boleh mengambil dagingnya untuk dimanfaatkannya.

Demikianlah tata cara berkurban dalam Islam, semoga artikel ini dapat memberikan informasi yang bermanfaat bagi kita semua[ps]

Click Me!

Tags:


tata cara berkurban, tata cara berqurban, DAFTAR PUSTAKA, cara berqurban, cara berkurban, tata cara berkorban, hukum dan tata cara berkurban, tata cara berkurban idul adha, tata cara berkurban di idul adha, tata cara berkurban menurut islam

Artikel Terkait Dengan: "Tata Cara berqurban Dalam Islam"

Response on "Tata Cara berqurban Dalam Islam"