Sinopsis Sastra Novel Bekisar Merah Karya Ahmad Tohari | Pustaka Sekolah

Home > Pendidikan > Sinopsis Sastra Novel Bekisar Merah Karya Ahmad Tohari

Sinopsis Sastra Novel Bekisar Merah Karya Ahmad Tohari

November 30th, 2011 0 Comments

Sinopsis Sastra Novel Bekisar Merah Karya Ahmad Tohari – Karya sastra bukan sekedar tempat renungan sketsa manusia dan kehidupannya, melainkan ia bisa menjadi subyek yang menyusup masuk mencari sesuatu dalam diri manusia dan tata kehidupannya. Sastrawan memiliki panca indera yang sangat peka untuk mengungkap gejala alam termasuk segala sesuatu yang terjadi di masyarakat. Walaupun kadang-kadang berupa ungkapan yang halus, namun merupakan kritik yang keras dan tajam tepat pada sasaran yang dalam.Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimanakah tokoh dan penokohan dalam Novel Bekisar Merah dan Novel Belantik karya Ahmad Tohari?. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini untuk mendeskripsikan tokoh dan penokohan dalam Novel Bekisar Merah dan Novel Belantik karya Ahmad Tohari.

Sinopsis

Bekisar merupakan sejenis ayam, hasil persilangan antara ayam hutan dengan ayam piaraan. Keberadaannya cukup langka dan memiliki banyak keistimewaan. Sejumlah hobiis ayam dan unggas menghargainya demikian tinggi. Jauh lebih tinggi dari harga masing-masing induknya.

Tetapi novel ini tidak berbicara tentang bekisar dalam artian sesungguhnya. Novel ini justru berkisah tentang kehidupan Karangsoga, kampung pembuat gula kelapa; dimana para lelaki memanjat kelapa untuk memperoleh nira yang dikumpulkan dalam pongkor bambu; sementara para perempuan menunggu dirumah sembari bersiap memasak nira dalam tungku panas hingga menjadi gula.

Meskipun mereka memiliki sendiri pohon kelapa dan memproduksinya hingga menjadi gula, kehidupan mereka tidak pernah sejahtera. Ini karena mereka tidak mampu mengakses pasar secara langsung. Gula kelapa dibeli oleh tengkulak, dengan harga dan timbangan yang menyedihkan. bahan baku maupun tenaga kerja pembuat gula kelapa tidak dihargai sebagaimana mestinya. Sementara tengkulak, cukong dan jaringan distribusi lain mengeruk kemakmuran diatas jerih payah orang lain.

Dengan latar belakang itu, Ahmad Tohari menampilkan tokoh Lasi sebagai sosok sentral. Keturunan blasteran Jawa – Jepang ini dikisahkan sebagai perempuan paling cantik diantara sebayanya. Semasa muda, Lasi selalu menjadi olok-olok teman sekolahnya. Karena matanya yang sipit, berbeda dengan kebanyakan anak Karangsoga. Tetapi ada satu anak yang tidak ikut menggoda Lasi, bernama Kanjat. Dua tahun lebih muda, namun pintar dan baik hati, di mata Lasi.

Selengkapnya Download DISINI

Tags:


sinopsis novel angkatan 45, sinopsis angkatan 45, sinopsis novel angkatan 65, contoh sinopsis novel angkatan 45, sinopsis bekisar merah, kumpulan sinopsis novel angkatan 45, contoh sinopsis novel angkatan 65, sinopsis novel bekisar merah karya ahmad tohari, novel bekisar merah, sinopsis karya sastra angkatan 45
Bagikan Tulisan Ini Melalui Tombol di bawah ini:

Ayo Berkomentar

Rumah Minimalis