Perkembangan Ekonomi Indonesia pada Masa Orde Baru


Perkembangan Ekonomi Indonesia pada Masa Orde Baru – Pembangunan nasonal telah di renanakan meliputi pembangunan jangka panjang, pembangunan jangka menengah,pembangunan jangka pendek. Pembangunan jangka panjang tahap I (PJPT I) berlangsung selama 25 tahun.PJPT I terdiri atas lima tahapan jangka menengah.Setiap tahapan jangka menengah waktunya lima tahun yang di kenal dengan nama pembangunan lima tahun(pelita).Setiap pelita di bagi menjadi lima tahapan jangka pendek,yaitu satu tahunan yang di kenal sebagai pelita tahun pertama,dan seterusnya sampai pelita tahun ke lima.

Pemerintah orde baru mulai melaksanakan rencana pembangunan lima tahun sejak 1 April 1969 melalui tahapan tahapan pelita. Perkembangan perekonomian Indomesia pada masing-masing pelita adalah sebagai berikut:

PELITA I Pelita I dimulai 1 April 1969-31 Maret 1947.

Pelita ini menekan pada rehabilitasi ekonomi,khususnya mengangkat hasil pertanian dan penyempurnaan system irigasi dan transportasi.Hampir selruh target di sector produksi berhasil di capai,bahkan produksi beras meningkay 25%. Tujuan pelita I adalah menaikan taraf hidup rakyat dan sekaligus meletakan dasar-dasar yang kuat bagi pembangunan nasional dalam tahap-tahap berikutnya.

PELITA II Pelita II berlamgsung pada tangggal 1 April 1974-31 Maret 1979.

Pelita II menekankan pada peningkatan standar hidup bangsa Indonesia.Tujuan tersebut di wujudkan dengan menyediakan pangan,sandang,dan papan yang lebih baik;meningkatkan pemerataan kesejahteraan;dan menyediakan lapangan kerja.



PELITA III Pelita III di mulai tanggal 1 April 1979-31 Maret 1989.

Pelita ini menekankan pada sector pertanian untuk mencapai swasemada pangan pangan dan pemantapan indystri yang mengolah bahan dasar atau bahan baku menjadi bahan jadi.Pelita II menungkat 274% di banding pelita sebelumnya..Penduduk yang hidup d bawah garis kemiskinan tinggal 26,9 % dari jumlah penduduk tahun 1980.

PELITA IV. Pelita IV di mukai ! April 1984-31 Maret 1989.

Pelita ini menekankan pada sector pertanian untuk mempertahankan swasembada pangan sekaligus meningkatakan industri yang dapat memproduksi mesin-mesin untuk insustri ringan maupun berat.Penduuduk yang hidup d bawah garis kemiskinan tinggal 16,4% dari jumlah penduduk tahun 1987.

PELITA V Pelita V di mulai tanggal 1 April 1989-31 Maret 1994.

pelita ini menekankan pada sector industri yang di dukung oleh pertumbuhan yang mantap di sector pertanian.

PELITA VI Pelita VI di mulai 1 April 1994-31 Maret 1999.

Pelita VI maerupakan awal pembangunan Jangka Panjang Tahap Kedua(PJPT II).Pada tahap ini bangsa Indonesia memasuki proses Tinggal Landas menuju Terwujudnya masyarakat maju,adil dan mandiri.Pelita VI menitikberatkan pada bidang ekonomi dengan keterkaitan antara industri dan pertanian serta bidang pembangunan lainnya guna meningkatkan kualitas sumber daya manusia.[ps]



Tags:


pengertian PJPT, perkembangan ekonomi pada masa orde baru, proses perkembangan ekonomi pada masa orde baru, perekonomian indonesia pada masa orde baru, PJPT, pjpt adalah, perkembangan perekonomian indonesia pada masa orde baru, ekonomi pada masa orde baru, jelaskan mengenai pjpt, pembangunan ekonomi orde baru

Artikel Terkait Dengan: "Perkembangan Ekonomi Indonesia pada Masa Orde Baru"

Response on "Perkembangan Ekonomi Indonesia pada Masa Orde Baru"