Pengertian Program Aplikasi Grafis


Pengertian Program Aplikasi Grafis – Istilah grafik atau grafis terkait dengan gambar atau tulisan. Apa sajakah yang disebut Grafik?, gambar apa saja, foto, lukisan atau bahkan tulisan dapat digolongkan sebagai grafik. Namun grafik dalam istilah yang berhubungan dengan komputer merupakan gambar digital yang bisa dimanipulasi.

Adanya kemajuan teknologi komputer didukung oleh perkembangan perangkat lunak atau sofware makin meningkatkan kemudahan dalam melakukan aktifitas dalam pekerjaan kita. Contoh pembuatan brosur, leaflet atau pamflet. Tahukah kita dengan program aplikasi apa brosur atau pamflet dibuat? jawabannya adalah menggunakan program pengolah kata biasa ataupun menggunakan program aplikasi grafis.

Sofware aplikasi grafis bermacam-macam tipe atau jenisnya, berikut akan di bahas dari tipe-tipe grafik komputer:

Dalam dunia komputer terutama dibidang desain dan grafika dikenal 2 tipe grafik, yakni grafik vektor dan grafik bitmap.

Grafik Vektor

Grafik dengan tipe atau format vektor merupakan gambar yang dibentuk oleh objek berupa garis dan kurva berdasarkan rumus matematik. Vektor menampilkan sebuah gambar berdasarkan perhitungan koordinat geometris gambar tersebut. Objek vektor banyak digunakan dalam pembuatan desain teks dan logo.



Kualitas hasil tampilan vektor tidak tergantung pada resolusi gambar yang artinya gambar vektor bisa diubah-ubah ke berbagai ukuran dan juga dapat dicetak pada tingkat resolusi gambar sebesar apapun tanpa kehilangan kehalusan dan ketajamannya. Citra atau grafik vektor merupakan pilihan terbaik ketika harus bisa dipertahankan ketajaman serta kehalusannya ketika ukurannya diubah-ubah baik diperbesar maupun diperkecil.

Grafik vektor juga hanya memerlukan ruang penyimpanan yang relatif kecil sehingga media penyimpnanan komputer kita tidak cepat penuh.

Grafik Bitmap

Grafik bitmap juga dikenal dengan istilah raster. Cutra bitmap menggunakan titik-titik berwarna yang disebut pixel (picture element). Pixel-pixel tersebut ditempatkan pada lokasi-lokasi tertentu dengan nilai-nilai warna tersendiri dan secara keseluruhan akan menampilkan gambar.

Tampilan bitmap mampu menunjukkan kehalusan gradasi dan warna dari sebuah gambar. Format bitmap banyak digunakan untuk gambar-gambar dengan gradasi warna yang rumit, seperti foto dan lukisan digital. kelemahan format bitmap dimana setiap tampilan sangat tergantung dari resolusi gambar, istilahnya resolution dependent yang artinya setiap gambar mempunyai jumlah pixel yang tetap. Akibatnya gambar bisa kehilangan deatail dan juga terlihat jagged jika ukurannya diperbesar atau jika resolusinya di perkecil dari resolusi aslinya. Citra dengan format bitmap ini memerlukan ruang penyimpanan data yang cukup besar, sebanding dengan ukuran dan resolusi yang dimilikinya.

Dalam bentuk file, citra bitmap biasanya memiliki format bmp, jpg, jpeg, tif, tiff atau png. Gambar yang dihasilkan oleh kamera digital ataupun scanner akan ditransfer ke PC dalam bentuk citra bitmap.

Demikianlah sedikit artikel sederhana mengenai, semoga artikel ini memberikan informasi yang bermanfaat bagi kita semua.[ps]



Tags:


pengertian program aplikasi, Pengertian program aplikasi grafis, pengertian aplikasi grafis, bitmap, gambar bitmap, program aplikasi grafis, grafis vektor, bitmap dan vektor, vektor grafis, gambar vektor dan bitmap

Artikel Terkait Dengan: "Pengertian Program Aplikasi Grafis"

Response on "Pengertian Program Aplikasi Grafis"