Pengertian Ilmu Genetika

Pengertian Ilmu Genetika – Sahabat , pada kesempatan kali ini Pustaka Sekolah akan berbagi artikel yang berjudul Pengertian Ilmu genetika. Genetika adalah ilmu pengetahuan dasar dalam usaha penyediaan bibit tanaman maupun ternak yang unggul dalam bidang pertanian dan perternakan, dibidang kedokteran dalam hal ini lingkup ilmu genetika sangat luas membahas masalah peranan kromosom, pewarisan sifat genetik dan antropologik, terjadinya cacat mental dan fisik yang disebabkan oleh kromosom. Timbulnya penyakit akibat kesalaha metaboisme bawaan,respon tubuh terhadap obat, tranplantasi, penyakit autoimun dan golongan darah, keturunan pada kanker,diagnisis kelainan genetik sebelum bayi lahir, identifikasi bayi teryukar ataupun adopsi.

Pengertian Ilmu Genetika

Memang sangat sukar dijalankan penelitian genetika dengan obyek manusia adabeberapa alasan diantaranya:



  • manusia tidak mau apakah dalam keluarganya terdapat penyakit/kelainan/cacat genetik.
  • penelitian tidak mungkin memeksakan suatu perkawinan untuk kepentingannya;
  • suatu keluarga sekarang relatip memilih KB sehingga sulit untuk memperoleh rasio populasi yang diharap;
  • umur manusia yang terlalu panjang,sehingga penelitinya sudah meninggal sebelum hasilnya didapat.
  • jumlah kromosom 46 pada manusia termasuk banyak sehingga teramat sukar diamati dan dihitung.

Beberapa Teori Mengenai Genetika

  • Teori Ovisma berpendapat bahwa yang sesungguhnya memiliki sifat keturunan adalah sel    telur yang dihasilkan oleh induk betina. Sedangkan sel jantan hanya menghasilkan cairan berfungsi sebagai penggiat perkembangan sel telur;
  • Teori Animalkulisma seiring ditemukannya mikroskop para ilmuwan waktu ituberpendapat bahwa didalam cairan yang dihasilkan oleh individu jantan terdapat hawan-hewan kecil, waktu itu disebut animalkulus yang sekarang disebut spermatozoa.ditegaskan dari sel pria inilah sifat dari maklukhidup sedang sel betina hanya sebagai penggiat.
  • Teori preformasi dipelopori oleh Anthonie van leeuwenhoek (1632 – 1723) swammerdam (1637 – 1680 ),Bonnet (1720 – 1793 ) berpendapat bahwa didalam selsperma sudah terbentuk manusia-manusia yang kecil-kecil. Hal ini seiring dengan berkembangnya penemuan mikroskop yang masih sederhana.
  • Teori epigenesis dipeloporo oleh Wolff (1733-1794),Von baer (1792-1880) teori ini menentang teori-teori sebelumnya dengan teorinya bahwa spermatozoa maupun sel telur tidak memiliki susunan sperti teori preformasi, melainkan sel telur yang sudah dibuahi oleh laki-laki akan mengadakan pertumbuhan sedikit demi sedikit hingga menjadi individu sempurna.
  • teori pangenesis dikemukakan oleh Carles darwin (1809-1882)dikatakan didalam sel kelamin terdapat tnas-tunas yang akan bekembang setelah sel telur dibuahi sel laki-laki.
  • Teori plasma benih dikemukakan oleh August weismann (1834-1914) mengatakan gamet tidak dihasilkan oleh jaringan tubuh tetapi oleh jaringan khusus ( yang saat sekarang dikenal sel kelamin ) sehingga jika ada kecacatan pada jaringan tubuh tidak akan diwariskan pada keturunannya.
  • Teori perkawinan silang dikemukakan pertama kali oleh Gregor mendel (1822-1884)

Mendel adalah seorang rahib Austria disebuah biara kecil kota Brun pada tahun 1857 mulailah mengadakan penelitian dengan mengadakan perkawinan silang beberapa jenis tanaman ercis ( Pisum sativum ) selama kurang lebih tujuh tahun mengadakan pengamatan dan penelitian secara seksama, pada tahun 1865 ia membawa hasil percobaannya pada pertemuan para ahli ilmu pengetahuan alam perlu diketahui pada masa itu untuk menjadi seorang guru seseorang harus mengadakan penelitian dan hasilnya harus dipersentasikan didepan dewa pakar ilmu pengetahuan alam jika hasilnya dapt diterima barulah seseorang itu berhak mengajar dan bila tidak ia tidak diperbolehkan mengajar.

Pada tahun 1866 hasil penelitian Mendel dicetak dan disebarluaskan oleh dewan pakar tersebut ke perpustakaan di Eropa dan Amerika akan tetapi pada masa itu abat ke-19 tak seorangpun menghargai penemuan Mendel ini yang dianggap terlalu sepele materi yang diteliti. Baru pada abat ke-20 sekitar th 1900an setelah beberapa ahli Biologi diantaranya De vries dari belanda, Tschermak dari Austria yang bekerja sendiri-sendiri di negaranya masing-masing mengkui kebenaran dari teori Mendel  dan menyatakan Gregor Mendel sebagai bapak Genetika.

Demikianlah artikel Pustaka Sekolah mengenai Pengertian Ilmu Genetika, Semoga artikel kesehata ini dapat memberikan informasi yang bermanfaat bagi kita semua.[ps]

Tags:


Pengertian genetika, genetika, makalah genetika, pengertian perkawinan silang, pengertian genetik, pengertian ilmu genetika, pengertian kawin silang, teori genetika, makalah genetika manusia, gambar genetika

Artikel Terkait Dengan: "Pengertian Ilmu Genetika"

Response on "Pengertian Ilmu Genetika"