Pengertian Hak Azasi Manusia HAM


Pengertian Hak Azasi Manusia HAM – Sahabat pada kesempatan kali ini, Pustaka Sekolah akan berbagi mengenai topik HAM atau hak Azasi manusia, dan dalam istilah asingnya (Bahasa Inggris) HAM ini disebut Human Right. Hak azasi manusia adalah hak-hak dasar yang dimiliki pribadi secara kodrat sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa. Hak azasi itu meliputi antara lain hak hidup, hak kemerdekaan (kebebasan), hak persamaan serta hak memiliki sesuatu.

  1. Hak azasi itu kemudian berkembang menurut tingkat kemajuan kebudayaan sebagai berikut.
  2. Hak azasi pribadi, yang meliputi kebebasan menyatakan pendapat, memeluk agama dan kebebasan bergerak.
  3. Hak azasi ekonomi yaitu hak memiliki sesuatu, membeli, dan menjualnya serta memanfaatkannya.
  4. Hak azasi mendapat perlakuan yang sama dalam hukum dan pemerintahan.
  5. Hak azasi politik yaitu hak untuk ikut serta dalam pemerintahan, hak pilih (memilih dan dipilih dalam pemilu), hak mendirikan partai politik.
  6. Hak azasi sosial dan kebudayaan, misalnya hak untuk memilih pendidikan, mengembangkan kebudayaan.
  7. Hak azasi untuk mendapat perlakuan tata cara peradilan dan perlindungan, misalnya peraturan dalam hal penangkapan, penggeledahan dan peradilan.

Setiap manusia sesuai dengan kodratnya menghargai dan menghormati, serta mengindahkan hak azasi orang lain, karena hak azasi merupakan anugerah Tuhan. Oleh karena itu, hak azasi tidak dapat dipisahkan dari pribadi masing-masing dan negara berkewajiban melindunginya.



HAM di Indonesia

Hubungan Pembukaan, Batang Tubuh UUD 1945 dan UU No. 39/1999 adalah sangat relevan, karena pembukaan memuat pengakuan terhadap hak-hak azasi manusia secara global (pokok) sedangkan Batang Tubuh UUD 1945 merupakan penjabaran dari pokok-pokok pikiran yang terdapat dalam UUD 1945 tentang HAM sedang UU No. 39/1999 merupakan penjabaran lebih rinci tentang pelaksanaan HAM di Indonesia.

Saya percaya kepada Anda tentunya sebagai warga negara yang baik pasti akan melaksanakan/mengamalkan makna yang terkandung dalam pembukaan dan Batang Tubuh UUD 1945 serta UU No. 39/1999 baik dalam kehidupan sehari-hari, bermasyarakat ataupun bernegara.

Cara melaksanakan HAM yang baik dan benar adalah:

  • Perilaku sehari, bermasyarakat dan bernegara harus sesuai dengan norma-norma yang berlaku.
  • Mengakui persamaan derajat.
  • Konsekuen dalam tindakan dan perbuatan.
  • Tidak saling mengganggu
  • Menjunjung tinggi kebenaran dan keadilan

Demikianlah sekilas artikel mengenai pengertian HAM atau Hak azasi manusia, semoga artikel ini tentunya dapat memberikan informasi yang bermanfaat bagi kita semua.[ps]



Tags:


gambar ham, lambang ham, LOGO HAM, gambar dan pengertian ham, GAMBAR tentang HAM, logo hak asasi manusia, gambar hak asasi manusia di indonesia, pengertian ham, artikel pengertian ham, pengertian ham beserta gambarnya

Artikel Terkait Dengan: "Pengertian Hak Azasi Manusia HAM"

Response on "Pengertian Hak Azasi Manusia HAM"