Pengertian Benda Pemuas Kebutuhan


Pengertian Benda Pemuas Kebutuhan – Sahabat , pada kesempatan kali ini Pustaka Sekolah akan berbagi artikel mengenai definisi benda pemuas kebutuhan. Benda pemuas kebutuhan adalah segala sesuatu yang dapat memuaskan kebutuhan manusia. Kalau kita berbicara mengenai benda pemuas kebutuhan, maka pada dasarnya kita berbicara tentang dua hal, yaitu barang (goods) dan jasa (service).

Barang dan jasa sama-sama merupakan benda pemuas kebutuhan, tetapi keduanya merupakan hal yang berbeda. Contoh dari benda berupa barang adalah meja, kursi, mobil, roti, kopi teh, buku dan lain-lain. Contoh jasa antara lain, guru, dokter, arsitek, tukang cukur, sopir taksi, mekanik, dan sebagainya. Jadi dapat disimpulkan bahwa barang adalah benda pemuas kebutuhan yang berwujud, sementara jasa adalah benda tak berwujud.

Macam-macam benda pemuas kebutuhan

Seperti halnya kebutuhan yang dapat di klasikasikan menjadi beberapa jenis, benda pemuas kebutuhan juga dapat digolongkan ke dalam beberapa jenis. Jenis-jenis benda pemuas kebutuhan tersebut antara lain dapat dibedakan menurut tolak ukur sebagai berikut.

Cara Mendapatnnya

Kita dapat membedakan benda pemuas kebutuhan menurut besarnya pengorbanan yang kita lakukan untuk memperoleh benda tersebut.

  • Benda Ekonomi. Benda ekonomi adalah benda pemuas kebutuhan yang untuk mendapatkannya membutuhkan sejumlah pengorbanan tertentu. Sebagai contoh: jika ingin memiliki sebuah baju, kita harus membayar dengan uang, untuk memperoleh makanan kita harus membayar. Kesediaan kita mengeluarkan sejumlah uang merupakan pengorbanan. Kita tidak bisa menggambilnya begitu saja dari orang lain. Kita harus mengeluarkan sejumlah uang untuk mendapatkan barang yang kita inginkan.
  • Benda Bebas. Benda bebas adalah benda pemuas kebutuhan yang tersedia dalam jumlah banyak (kalau tidak dapat dikatakan tidak terbatas) dialam. sehingga kita dapat dengan bebas memanfaatkannya. Misalnya udara yang kita hirup, air laut yang dimanfaatkan untuk membuat garam, es di kutub atau salju dimusim dingin, pasir di padang pasir, dan sebagainya.

Kegunaanya (Utility)

  • Benda Kosumsi. Benda konsumsi adalah benda yang dapat langsung dipakai untuk memuaskan kebutuhan. Contoh benda konsumsi adalah: makanan, minuman, tas, buku, pinsil, penggaris, dll. Benda konsumsi juga disebut benda siap pakai karena manfaatnya dapat langsung diambil.
  • Benda Produksi. Benda yang digunakan untuk proses produksi, sehingga menghasilkan benda lainnya dapat langsung dikosumsi. Benda produksi adalah istilah lain untuk barang modal. Misalnya: mesin jahit untuk membuat baju, pabrik, mesin, truk, komputer dan sebagainya.

Proses Produksi:

Barang Mentah

Barang mentah (bahan baku) adalah bahan dasar atau bahan pembuat benda pemuas kebutuhan, atau barang yang belum diolah atau barang yang belum mengalami proses pengolahan. Contoh: bahan mentah antara lain sebagai berikut:

  • Bahan tambang: minyak bumi, timah, tembaga, emas, perak, batu bara, dsb;
  • Hasil hutan: kayu, tumbuh-tumbuhan, hewan.
  • Hasil pertanian: padi, jagung, gandum.
  • Hasil perkebunan: kelapa sawit, tebu, buah-buahan.

Barang Setengah Jadi

Barang setengah jadi merupakan barang yang telah mengalami proses produksi, tetapi belum menjadi barang produk akhir. Barang setengah jadi masih terdiri dari beberapa tingkatan. Contoh: kapas → benang → kain. Biji besi adalah bahan mentah yang dapat diolah menjadi bentuk lempengan atau batangan besi. Produk ini kemudian mejadi bhan untuk membuat berbagai macam bentuk seperti pipa, komponen mobil atau kapal, pisau, tiang, dll.



Barang Jadi

Barang jadi, produk akhir setelah melalui proses pengolahan dari barang mentah dan setengah jadi. Barang jadi merupakan barang yang telah siap untuk dikosumsi atau digunakan untuk memenuhu kebutuhan. Contoh: pakaian, tas, kendaraan, jam tangan, dsb.

Hubungannya Dengan benda Lain

  • Benda substitusi adalah benda pemuas kebutuhan yang pemakaiannya dapat menggantikan benda lain atau saling menggantikan. Sebagai contoh, pena dapat menggantikan pensil untuk menulis, sepeda motor dapat menggantikan mobil sebagai sarana transportasi.
  • Benda komplementer adalah benda pemuas kebutuhan akan bermanfaat atau mempunyai daya guna yang lebih apabila dipakai bersama-sama dengan benda lain. Sebagai contoh, mobil tidak akan bisa berjalan bila tidak ada bahan bakarnya, roti akan lebih enak jika diolesi selai, televisi dan radio tidak berguna kalau tidak ada stasiun yang memancarkan siaran.

Kualitasnya

  • Benda superior merupakan benda yang saling mempunyai kualitas tinggi sehingga memberikan prestise bagi pemakainya. Benda ini banyak dikosumsi oleh kalangan menengah ke atas.
  • Benda inferior merupakan benda yang memiliki kualitas rendah. Contoh : Pakaian yang dijual di pasar loak, beras raskin, mobil bekas.

Kegunaan Benda Pemuas Kebutuhan

Benda pemuas kebutuhan diciptakan atau diproduksi oleh manusia dengan tujuan tertentu. Dengan kata lain, setiap benda pemuas kebutuhan pasti mempunyai nilai guna atau manfaat. Pada dasarnya, semua benda pemuas kebutuhan manusia berasal dari alam, karena yang menyediakan semua bahan bakunya adalah alam. Manusia selalu berusaha untuk mencari dan mengumpulkan bahan baku yang dibutuhkan dari alam. Kegunaan benda pemuas kebutuhan manusia dapat digolongkan menjadi empat macam:

  • Kegunaan bentuk (form utility). Artinya, peningkatan kegunaan dari suatu benda yang disebabkan oleh perubahan bentuknya. Sebagai contoh, nilai guna dari sebuah lempengan besi relatif rendah, namun kalu lempengan besi tersebut ditempa dan diubah bentuknya menjadi sebtang pipa atau sebilah pisau, maka nilai gunanya akan menjadi lebih besar. Begitu pula dengan kayu yang masih berbentuk sebatang pohon akan meningkat kegunaannya bila diubah menjadi meja, kursi, atau lemari.
  • Kegunaan tempat (place utility).Artinya, pertambahan kegunaan benda antara lain dapat karena dipindahkan dari suatu tempat ke tempat lain. Sebagai contoh: kapal laut akan berguna di laut daripada di daratan, sebuah mantel yang tebal tidak banyak gunanya jika dipakai di daerah tropis atau panas, namun bila dipakai di daerah dingin maka akan lebih terasa manfatnya.
  • Kegunaan waktu (time utility).Artinya, kegunaan suatu benda akan bertambah jika dipakai pada waktu yang tepat dan sesuai dengan manfaat benda tersebut. Sebagai contoh, payung akan lebih berguna jika dipakai pada waktu hujan atau saat terik. Begitu juga dengan obat flu yang hanya akan berguna bila diminum pada waktu kita sakit flu. Di luar waktu tersebut, benda itu kurang berguna.
  • Kegunaan kepemilikan (ownership utility). Artinya, kegunaan suatu benda baru terasa jika telah ada pemiliknya atau dimiliki oleh konsuman yang tepat. Sebuah tanah yang kosong danterbengkalai tidak akan memiliki manfaat. Tanah tersebut baru membawa manfaat bila dimiliki dan diolah manusia yang bisa mengelola tanah tersebut. Di tangan seorang supir atau dokter yang tidak bisa mengelola tanah, tanah itu tetap tidak ada gunanya. Begitu juga dalam hal jasa. Biro jasa pembuat SIM tidak ada gunanya bagi anak kecil, namun memiliki banyak manfaat bagi orang yang ingin membuat SIM.

Demikianlah artikel tentang Pengertian Benda Pemuas Kebutuhan, semoga artikel ini tentunya dapat memberikan manfaat bagi yang membutuhkan.[ps]

Tags:


pengertian benda, benda konsumsi, contoh barang modal, benda ekonomis, macam-macam barang komsumsi, contoh benda konsumsi, segala sesuatu yang dapat memuaskan kebutuhan manusia disebut, pemuas kebutuhan, contoh benda ekonomis, artikel mengenai kegunaan benda pemuas kebutuhan

Artikel Terkait Dengan: "Pengertian Benda Pemuas Kebutuhan"

Response on "Pengertian Benda Pemuas Kebutuhan"