Pengertian Bangsa


Pengertian Bangsa – Sahabat Pustakers, pada kesempatan kali ini Pustaka sekolah akan membahas sedikit mengenai Pengertian bangsa. Bangsa adalah suatu komunitas etnik yang cirri-cirinya adalah: memiliki nama, wilayah tertentu, mitos leluhur bersama, kenangan bersama, satu atau beberapa budaya yang sama dan solidaritas tertentu. Bangsa juga merupakan doktrin etika dan filsafat, dan merupakan awal dari ideology nasionalisme. Bangsa juga dapat diartikan sebagai “Kesatuan orang-orang yang sama asal keturunan, adat, agama, dan historisnya”. Bangsa adalah sekelompok besar manusia yang memiliki cita-cita moral dan hukun yang terikat menjadi satu karena keinginan dan pengalaman sejarah di masa lalu serta mendiami wilayah suatu Negara.

Definisi Bangsa menurut Para Ahli

Ernest Renan

Sebagai Ilmuwan Prancis, Ernest Renan berpendapat bahwa bangsa terbentuk karena adanya keinginan untuk hidup bersama dengan perasaan kesetiakawanan yang Agung.



F.Ratzel

Seorang ahli dari Jerman ini berpendapat bahwa sebuah bangsa terbentuk karena adanya hasrat bersatu. Hasrat atau keinginan tersebut muncul karena adanya perasaan kesatuan antara manusia dan lingkungan tempat tinggalnya.

Hans Kohn

Ilmuwan dari Jerman ini berpendapat bahwa bangsa adalah buah hasil tenaga hidup manusia dalam sejarah.

Jalobsen dan Lipman

Berpendapat bahwa bangsa adalah suatu kesatuan budaya dan kesatuan politik (Culture Unity and Political Unity).

Otto Bauer

Ilmuwan dari Jerman ini berpendapat bahwa pengertian bangsa adalah sekelompok manusia yang mempunyai kesamaan karakter atau sifat, karena adanya persamaan nasib.

Dari berbagai pengertian atau definisitentang bangsa, maka dapat disimpulkan sebagai berikut: pengertian Bangsa, yaitu Bangsa adlaah “Rakyat yang telah mempunyai kesatuan tekad untuk membangun masa depan bersama, dengan cara mendirikan suatu Negara yang akan mengurus terwujudnya aspirasi dan kepentingan bersama secara adil”.

Demikianlah artikel sederhana mengenai pengertian bangsa, semoga artikel ini dapat memberikan informasi bagi kita semua.[ps]

Click Me!

Tags:


pengertian bangsa menurut ernest renan, pengertian bangsa menurut hans kohn, pengertian bangsa menurut f ratzel, pengertian bangsa menurut otto bauer, pengertian bangsa menurut ernest renant, persamaan dan perbedaan pengertian bangsa menurut hans kohn ernest renan dan otto bauwr, definisi bangsa menurut ernest renant, sebutkan pengertian bangsa, Pengertian bangsa menurut para ahli, Pengertian definisi bangsa menurut otto bauer

Artikel Terkait Dengan: "Pengertian Bangsa"

Response on "Pengertian Bangsa"