Pendidikan Inklusi

Pendidikan Inklusi – Sahabat , pada kesempatan kali ini Pustaka Sekolah akan share artikel mengenai pendidikan Inklusi, Yup semua warga negara dijamin oleh UUD 1945 untuk mendapatkan pendidikan yang setara, termasuk anak yang berkebutuhan khusus (ABK). Pendidikan Inklusi adalah kebersamaan untuk memperoleh pelayanan pendidikan dalam satu kelompok secara utuh bagi seluruh anak berkebutuhan khusus usia sekolah , mulai dari jenjang TK, SD, SLTP Sampai dengan SMA.

Pada kasus gangguan pendengaran, pendidikan inklusi ini adalah kelanjutan dari model terapi mendengar (Auditori Verbal Terapi) yang telah dilakukan pada anak gangguan pendengaran pada usia dini. Dengan dasar-dasar pendengaran yang lebih baik, pelayanan terhadap pendidikan yang harus diberikan juga semestinya lebih terpadu dan terarah. Pelayanan ini dalam rangkaian usaha pendidikan inklusi bagi anak dengan gangguan pendengaran akan lebih baik jika melakukan pendekatan model Natural Auditory Oral.

pendidikan inklusi

Pelatihan Pendidikan Inklusi Kepada Pengajar se-Kecamatan Tompobulu Maros

Tujuan dari dari pendidikan inklusi bagi anak gangguan pendengaran ini antara lain:



  • Adanya kebutuhan untuk bersosialisasi dan berintegrasi dengan anak sebaya di sekolah maupun di dalam lingkungan rumah
  • Adanya optimisme keluar dari problem komunikasi bagi anak gangguan mendengar, dengan penyelenggaraan pendidikan yang lebih baik.
  • Penghayatan dan menumbuhkan rasa empati dari kalangan anak normal terhadap anak berkebutuhan khusus.

Penanganan Anak Gangguan Pendengaran

  • Pemberian Intervensi dini/awal yaitu memberikan layanan deteksi dini, diagnosa, konsultasi, fasilitator dan penyediaan Alat Bantu Dengar dan Implant Coachlea, perawatan dan servisnya.
  • Program habilitasi dengan menitikberatkan pada perbaikan cara komunikasi anak dengan menggunakan pendengaran sebagai titik tolak dalam berinteraksi dengan lingkungan luar anak.
  • Program pelayanan pendidikan terpadu, memberikan penyetaraan pada sekolah khusus untuk dipersiapkan pada jalur pendidikan reguler.

Memberikan assesment awal pada anak yang telah masuk pada sekolah regular dengan pendampingan sebagai guru kunjung. Karena karakteristik dan hambatan yang dimilki, ABK memerlukan bentuk pelayanan pendidikan khusus yang disesuaikan dengan kemampuan dan potensi mereka, contohnya bagi tunanetra mereka memerlukan modifikasi teks bacaan menjadi tulisan Braille dan tunarungu berkomunikasi menggunakan bahasa isyarat. Banyak kalangan yang belum menerima Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) dengan baik. Mereka (ABK) kadang-kadang dikucilkan, bahkan disembunyikan orangtuanya dengan berbagai alasan.

Hendaknya pendidikan itu betul-betul merata, termasuk kepada peserta didik yang berkebutuhan khusus.[ps]

Tags:


pendidikan inklusi, contoh makalah pendidikan inklusi, artikel pendidikan inklusi, makalah pendidikan inklusi, Makalah pendidikan inklusif, contoh makalah pendidikan inklusif, artikel pendidikan inklusif, karakteristik pelayanan inklusif, contoh pendidikan inklusif, contoh makalah bentuk pendidikan inkusif

Artikel Terkait Dengan: "Pendidikan Inklusi"

Response on "Pendidikan Inklusi"