May Day Hari Buruh Sedunia 2013


May Day Hari Buruh Sedunia 2013 – Sahabat , pada kesempatan kali ini Pustaka sekolah akan berbagi artikel yang berjudul May Day Hari buruh sedunia Tahun 2013. Tidak akan ada sosialisme yang sejati tanpa demokrasi Buruh. Perubahan sistem ekonomi kapitalisme ke sosialisme juga harus disertai dengan perubahan struktur politik di dalam masyarakat secara radikal. Sebegitu kuatnya nafas sosialisme kaum buruh, sehingga mereka sanggup menggoyang bahkan menumbangkan sebuah sistem yang dianggap tidak memberi kontribusi kepada kaum buruh

Indonesia zaman pemerintahan Bung karno pernah mewajibkan peringatan hari buruh sedunia atau may day  melalui UU No. 1 Tahun 1951 tentang Pernyataan Berlakunya UU Kerja Tahun 1948. Pasal 15 ayat 2 menyebutkan, “Pada hari 1 Mei, buruh dibebaskan dari kewajiban bekerja”. namun karena pemerintahan sesudah bung karno (rezim Militer Soeharto) yang menganut dan membeo pada paham kapitalisme ala barat, Rezim ini melarang peringatan Hari Buruh Internasional. Sejak saat itu, peringatan 1 Mei tidak pernah diakui oleh pemerintah, buruh dilarang untuk merayakan 1 Mei sebagai Hari Buruh SeDunia.

May Day Hari Buruh Sedunia

Sejarah May Day Hari Buruh Sedunia

pada tanggal 1 mei  1886 terjadi demonstrasi kaum buruh di Amerika Serikat  yang menuntut pemberlakuan delapan jam kerja. Tuntutan ini terkait dengan kondisi saat itu, ketika kaum buruh dipaksa bekerja selama 12 sampai 16 jam per hari. Demonstrasi besar yang berlangsung sejak April 1886 pada awalnya didukung oleh sekitar 250 ribu buruh. Dalam jangka waktu dua minggu membesar menjadi sekitar 350 ribu buruh. Kota Chicago adalah jantung gerakan diikuti oleh sekitar 90 ribu buruh. Di New York, demonstrasi yang sama diikuti oleh sekitar 10 ribu buruh, di Detroit diikuti 11 ribu buruh. Demonstrasi pun menjalar ke berbagai kota seperti Louisville dan di Baltimore demonstrasi mempersatukan buruh berkulit putih dan hitam. Sampai pada tanggal 1 Mei 1886, demonstrasi yang menjalar dari Maine ke Texas, dan dari New Jersey ke Alabama diikuti oleh setengah juta buruh di negeri tersebut. Perkembangan ini memancing reaksi yang juga besar dari kalangan pengusaha dan pejabat pemerintahan setempat saat itu. Melalui Chicago’s Commercial Club, dikeluarkan dana sekitar US$2.000 untuk membeli peralatan senjata mesin guna menghadapi demonstrasi.

hari buruh indonesia



Demonstrasi damai menuntut pengurangan jam kerja itu pun berakhir dengan korban dan kerusuhan. Sekitar 180 polisi menghadang demonstrasi dan memerintahkan agar demonstran membubarkan diri. Sebuah bom meledak di dekat barisan polisi. Polisi pun membabi-buta menembaki buruh yang berdemonstrasi. Akibatnya korban pun jatuh dari pihak buruh pada tanggal 3 Mei 1886, empat orang buruh tewas dan puluhan lainnya terluka. Dengan tuduhan terlibat dalam pemboman delapan orang aktivis buruh ditangkap dan dipenjarakan. Akibat dari tindakan ini, polisi menerapkan pelarangan terhadap setiap demonstrasi buruh. Namun kaum buruh tidak begitu saja menyerah dan pada tahun 1888 kembali melakukan aksi dengan tuntutan yang sama. Selain itu, juga memutuskan untuk kembali melakukan demonstrasi pada 1 Mei 1890.

Akhirnya  Kongres juga menyambut usulan delegasi buruh dari Amerika Serikat yang menyerukan pemogokan umum 1 Mei 1890 guna menuntut pengurangan jam kerja dengan menjadikan tanggal 1 Mei sebagai Hari Buruh se-Dunia. Delapan jam/hari atau 40 jam/minggu (lima hari kerja) telah ditetapkan menjadi standar perburuhan internasional oleh ILO melalui Konvensi ILO no. 01 tahun 1919 dan Konvensi no. 47 tahun 1935. Khususnya untuk konvensi no. 47 tahun 1935.

Tuntutan Buruh Indonesia Pada may Day 2013

Di Indonesia peringatan May day 1 mei 2013, buruh akan turun kejalan menuntut keadilan bagi kaum buruh, menuntut haknya.

Adapun Tuntutan buruh atau pekerja Indonesia:

  • Menolak kenaikan Harga BBM
  • Menolak upah murah yang masih diterapkan di beberapa provinsi seperti Bali (hanya 55,79%), Maluku Utara (70,31%), Gorontalo (73,33%), dan Kalimantan Barat (75,56%).
  • Revisi Peraturan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Permenakertrans) No.13/2012 tentang Kebutuhan Hidup Layak (KHL). Jumlah KHL sebanyak 60 item belum merepresentasikan kebutuhan hidup riil pekerja lajang yang seharusnya mencapai 84 item
  • Menolak ijin penangguhan upah minimum secara non prosedural oleh pemimpin daerah karena tidak sesuai dengan regulasi yang ada

Sudah selayaknya kaum buruh kita dihargai dengan diberi upah yang memadai, fasilitas yang cukup, karena tanpa mereka kaum pemilik modal tidak akan pernah menjalankan usahanya. Selamat hari buruh sedunia 2013, May day !.

Dilain Pihak Pemerintah akan menjadikan Hari Buruh Internasional yang diperingati setiap 1 Mei sebagai hari libur nasional. Menurut rencana, hal itu akan dimulai pada 2014. Rencana tersebut disampaikan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono ketika bertemu para pimpinan konfederasi dan serikat pekerja di Istana Negara, Jakarta, Senin (29/4/2013). Presiden didampingi Wakil Presiden Boediono dan para menteri. Organisasi pekerja yang hadir, di antaranya, Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI), Konfederasi Aliansi Serikat Buruh Indonesia, Serikat Pekerja BUMN, dan Konfederasi Majelis Pekerja Buruh Indonesia.

Demikianlah artikel Pustaka Sekolah yang membahas mengenenai may day hari buruh sedunia, semoga artikel ini memberikan iformasi yang bermanfaat bagi kita semua.[ps]



Tags:


buruh, gambar buruh, Pidato hari buruh, contoh pidato peringatan hari buruh sedunia, contoh pidato tentang hari buruh, Pidato tentang hari buruh nasional, Contoh pidato hari buruh, pidato hari buruh nasional, contoh pidato tentang hari buruh internasional, kata2 bijak hari buruh

Artikel Terkait Dengan: "May Day Hari Buruh Sedunia 2013"

Response on "May Day Hari Buruh Sedunia 2013"