Manfaat Tanaman Kersen

Manfaat Tanaman Kersen – Sahabat , Pada kesempatan kali ini Pustaka Sekolah akan share artikel mengenai manfaat tanaman Kersen. Kersen Atau Talok adalah nama tanaman yang memiliki buah kecil berwarna merah seperti cery bila buahnya matang maka rasanya manis. Di beberapa daerah ada yang menyebutnya cery ada juga yang menyebutnya baleci untuk daerah lumajang jawa barat kemudian nama tanaman ini di beberapa negara adalahEnglish) Jamaican cherry, Panama berry, Singapore cherry, Strawberry tree; (Spanish) bolaina yamanaza, cacaniqua, capulín blanco, nigua, niguito, memizo or memiso; (Indonesia) kersen; dan (Filipino) aratilis, aratiles, manzanitas.  sedangkan nama latin atau nama ilmiah untuk tanaman ini adalah Muntingia calabura, tanaman ini banyak di temui di daerah tropis. banyak juga ditemui di pinggir selokan, retakan dinding, bahkan penulis juga pernah menemukan tanaman ini di tebing yang curam mungkin karena ketahananya ini tanaman ini juga di sebut tanaman pionir.

buah kersen

Tanaman ini biasanya tumbuh dengan ukuran kecil namun kadang juga bisa berukuran besah bahkan ada yang bisa mencapai tinggi hingga 12 Meter. selalu hijau terus menerus, berbunga dan berbuah sepanjang tahun Cabang-cabang mendatar, menggantung di ujungnya. membentuk naungan yang rindang. Ranting-ranting berambut halus bercampur dengan rambut kelenjar demikian pula daunnya.

Daun tanaman ini memiliki sistem pertulangan yang menyirip, daun tidak simetris dan tepinya bergerigi sedangkan bunganya berisi 1-3(-5) kuntum, terletak di ketiak agak di sebelah atas tumbuhnya daun; bertangkai panjang; berkelamin dua dan berbilangan 5; kelopak berbagi dalam, taju meruncing bentuk benang, berambut halus; mahkota bertepi rata, bundar telur terbalik, putih tipis, gundul, lk. 1 cm. Benang sari berjumlah banyak, 10 sampai lebih dari 100 helai. Bunga yang mekar menonjol keluar, ke atas helai-helai daun; namun setelah menjadi buah menggantung ke bawah, tersembunyi di bawah helai daun. Umumnya hanya satu-dua bunga yang menjadi buah dalam tiap berkasnya. buah memiliki diameter hingga 1.5 cm berbentuk seperti cerry jika matang maka akan berwarna merah dan terasa manis.



buah kersen

Buah kersen biasanya disukai anak-anak dan merupakan sumber makanan bagi beberapa secies seperti codot (kelelawar pemakan buah) dan banyak species burung anak sekolah suka sekali bermain pada pohon ini biasanya mereka juga mencari-cari buah yang sudah masak diantar dedaunan.Burung-burung pemakan buah, seperti kelompok merbah dan burung cabe, sering mengunjungi pohon ini di waktu siang untuk memakan buah atau sari buahnya yang manis. Di waktu hari gelap, berganti aneka jenis kelelawar pemakan buah yang datang dengan tujuan yang sama. Biji kersen tidak tercerna oleh burung dan codot, karena itu kedua kelompok hewan ini sekaligus berfungsi sebagai penyebar bijinya.

Pohon kersen sangat bermanfaat sebagai peneduh jalan karena daunya yang lebat dan batangnya yang lebih lentur namun kuat mungkin karena kotoran kelelawar dan burung-burung pohon ini banyak di temui di tempat yang tidak terurus.

Di beberapa negara seperti mexico buah tanaman ini sudah banyak di perdagangkan di pasar-pasar tradisional dan bunga dari tanaman ini dipercaya penduduk lokal memiliki kandungan antiseptic sehingga banyak digunakan untuk pengobatan tradisional Kayu dari tanaman ini juga cukup kuat sehingga banyak yang dipakai untuk membuat perabotan dan manfaat lainya tentu saja sebagai kayu bakar

Kandungan Gizi

dikutip dari iptek(dot)net setiap 100 gram tanaman ini memiliki kandungan : 76,3 g air, 2,1 g protein, 2,3 g lemak, 17,9 g karbohidrat, (,0 g serat, 1,4 g abu, 125 mg kalsium, 94 mg fosfor, 0,015 mg vitamin A, 90 mg vitamin C. Nilai energinya 380 kJ/100 g. Hingga sekarang masih sedikit sekali penelitian yang mengambil tema tentang tanaman kersen ini bisa jadi ditemukan manfaat lain yang bisa menolong manusia di masa depan.[ps]

Tags:


daun kersen, manfaat daun kersen, tanaman kersen, manfaat kersen, khasiat daun kersen, manfaat tumbuhan kersen, khasiat daun cherry, pohon kersen, manfaat buah kersen, Buah kersen

Artikel Terkait Dengan: "Manfaat Tanaman Kersen"

Response on "Manfaat Tanaman Kersen"