Macam Macam Penyerbukan | Pustaka Sekolah

Home > Eksakta > Macam Macam Penyerbukan

Macam Macam Penyerbukan

January 28th, 2013 7 Comments

Macam Macam Penyerbukan Sahabat Pustakers, pada kesempatan kal iini Pustaka sekolah akan berbagi artikel mengenai macam macam penyerbukan. Penyerbukan atau Pembuahan sel telur dan perkembangannya hanya akan terjadi jika butir serbuk sari sampai kepada stigma. Penyerbukan ialah pindahnya serbuk sari dari kepalam sari kepada stigma. Penyerbukan berbeda dengan pembuahan, penyerbukan adalah peleburan gamet jantan dan gamet betina. Penyerbukan ada dua macam, yaitu penyerbukan sendiri dan penyerbukan silang. Penyerbukan sendiri adalah proses penyerbukan kepala putik oleh serbuk sari yang berasal dari bunga itu sendiri atau dari bunga lain pada tumbuhan yang sama. Penyerbukan silang ialah proses perpindahan serbuk sari dari anther bunga tumbuhan ke stigma bunga tumbuhan lain yang sama atau species yang berkerabat. Penyerbukan dapat dibantu oleh angin dan serangga, burung, keong, dan binatang kecil lain.

Penyerbukan

Contoh tanaman yang menyerbuk sendiri adalah gandum, jelai, padi, kedelai dan lain-lain. Penyerbukan silang lebih umum terjadi dibanding dengan penyerbukan sendiri. Penyerbukan silang menghasilkan kombinasi satuan keturunan yang lebih beragam dari keduanya. Pengaruh langsung dari penyerbukan silang adalah banyaknya species dari produksi biji yang dihasilkan dan bersifat lebih kuat dari turunannya.

Serbuk sari dapat mencapai kepala putik secara alami atau dengan bantuan manusia. Secara alami, serbuk sari dapat mencapai kepala putik dengan perantaraan angin, hewan, dan air. . Perantara yang menyebabkan terjadinya penyerbukan disebut polinator.

Penyerbukan sendiri (autogami) 

adalah menempelnya serbuk sari dari suatu bunga pada kepala putik bunga itu sendiri. Contohnya bunga telang dan bunga turi.

Penyerbukan tetangga (geitonogami) 

adalah menempelnya serbuk sari dari suatu bunga pada kepala putik bunga lain yang masih berada pada suatu tumbuhan yang sama. Contohnya bunga jagung.

Penyerbukan silang (alogami) 

adalah menempelnya serbuk sari dari suatu bunga pada kepala putik bunga lain yang berada pada tumbuhan lain yang sejenis. Penyerbukan ini sering disebut juga persilangan.

Penyerbukan oleh angin

Ciri-ciri bunga yang diserbukkan oleh angin sebagai berikut. Bunganya tidak berwarna dan tidak mempunyai kelenjar madu. Serbuk sari berjumlah banyak dan ringan sehingga mudah diterbangkan angin. Kepala sari besar dan tangkai sari panjang serta bergoyang jika ditiup angin. Putiknya terentang ke luar, panjang, dan berbulu. Contohnya adalah bunga kelapa, rumput, dan jagung.

Penyerbukan oleh hewan

Hewan yang umumnya berfungsi sebagai perantara penyerbukan adalah serangga, misalnya kupu-kupu dan lebah. Selain serangga, hewan lain yang dapat berperan sebagai perantara penyerbukan antara lain siput, burung, dan kelelawar. Ciri-ciri bunga yang diserbukkan oleh hewan adalah memiliki mahkota berwarna-warni sebagai daya tarik, berbau harum, dan mempunyai kelenjar madu. Serbuk sarinya berlendir sehingga dapat melekat di tubuh hewan. Putik tersembunyi dan berlendir. Kupu-kupu, lebah, dan kumbang akan dating menghisap madu, dan serbuk sari akan menempel di tubuhnya. Ketika serangga tersebut hinggap di bunga lain yang sejenis, pernyerbukan pun terjadi.

Penyerbukan oleh air

Penyerbukan ini terjadi pada tumbuhan yang bunganya terendam air, misalnya Hydrilla. Serbuk sari terbawa aliran air masuk ke kepala putik.

Penyerbukan oleh manusia

Selain secara alami, penyerbukan juga dapat dilakukan dengan pertolongan manusia, misalnya pada salak dan vanili. Bunga salak dan vanili berkelamin tunggal sehingga ada bunga jantan dan bunga betina. Untuk mempermudah penyerbukannya, bunga jantan yang penuh serbuk sari dipetik, kemudian ditempelkan pada bunga betina yang sudah masak.

Demikianlah artikel mengenai macam macam penyerbukan, semoga artikel ini dapat memberikan informasi yang bermanfaat bagi kita semua.[ps]

Tags:


macam macam penyerbukan berdasarkan perantaranya, geitonogami adalah, macam penyerbukan berdasarkan perantaranya, penyerbukan berdasarkan perantara, penyerbukan berdasarkan perantaranya, Perantara penyerbukan, gambar penyerbukan silang, macam-macam penyerbukan berdasarkan perantara, penyerbukan pada bunga, macam penyerbukan
Bagikan Tulisan Ini Melalui Tombol di bawah ini:

7 Komentar Pada “Macam Macam Penyerbukan”

  1. Muh Rifqi M Said says:

    Kurang komplit bro masih ada penyerbukan bastar

  2. enggak kumplit , gabagus , gajelas !!

 

Ayo Berkomentar

Rumah Minimalis