Konflik Kesultanan Sulu VS Malaysia

Konflik Kesultanan Sulu VS Malaysia Р Sahabat , saat ini berlangsung konflik bersenjata antara Pasukan Kesultanan Sulu dengan Pihak keamanan Malaysia, kedua belah pihak konflik karena saling klaim di lahat Datu. Dimanakah sebenarnya letak Kesultanan Sulu ?. Kesultanan Sulu Merupakan sebuah pemerintahan Muslim yang pernah suatu masa dahulu menguasai Laut Sulu di Filipina Selatan. Kesultanan ini didirikan pada tahun 1450.

sultan sulu

Pada zaman kegemilangannya, negeri ini telah meluaskan perbatasannya dari Mindanao hingga negeri Sabah. Dalam Kakawin Nagarakretagama, negeri Sulu disebut Solot, salah satu negeri di kepulauan Tanjungnagara (Kalimantan-Filipina) yaitu salah satu kawasan yang menjadi daerah pengaruh mandala kerajaan Majapahit di Nusantara. Negeri Sulu terletak di lepas pantai timur laut pulau Kalimantan. Pada tahun 1380, seorang ulama keturunan Arab, Karim ul-Makdum memperkenalkan Islam di Kepulauan Sulu. Kemudian tahun 1390, Raja Bagindo yang berasal dari Minangkabau[1] melanjutkan penyebaran Islam di wilayah ini. Hingga akhir hayatnya Raja Bagindo telah mengislamkan masyarakat Sulu sampai ke Pulau Sibutu.

Sekitar tahun 1450, seorang Arab dari Johor yaitu Shari’ful Hashem Syed Abu Bakr tiba di Sulu. Ia kemudian menikah dengan Paramisuli, putri Raja Bagindo. Setelah kematian Raja Bagindo, Abu Bakr melanjutkan pengislaman di wilayah ini. Pada tahun 1457, ia memproklamirkan berdirinya Kesultanan Sulu dan memakai gelar “Paduka Maulana Mahasari Sharif Sultan Hashem Abu Bakr”. Gelara “Paduka” adalah gelar setempat yang berarti tuan sedangkan “Mahasari” bermaksud Yang Dipertuan. Pada tahun 1703, Kesultanan Brunei menganugerahkan Sabah Timur kepada Kesultanan Sulu atas bantuan mereka menumpas pemberontakkan di Brunei. Pada tahun yang sama, Kesultanan Sulu menganugerahkan Pulau Palawan kepada Sultan Qudarat dari Kesultanan Maguindanao sebagai hadiah perkawinan Sultan Qudarat dengan puteri Sulu dan juga sebagai hadiah persekutuan Maguindanao dengan Sulu. Sultan Qudarat kemudian menyerahkan Palawan kepada Spanyol.(Wikipedia).



perang sulu

Pasukan Sulu Tolak menyerah

Loyalis Kesultanan Sulu yang berada di Sabah bersumpah untuk berjuang hingga titik darah penghabisan. Abraham Idjirani, Juru Bicara Sultan Sulu Jamalul Kiram III mengatakan, bahwa kelompok itu menganggap perlawanan ini sebagai bentuk “pertahanan terakhir” mereka dalam membela klaim Kesultanan Sulu atas wilayah Sabah. Meskipun pernyataan yang dibuat oleh polisi Malaysia menyatakan, bahwa pengikut Kiram itu telah dikalahkan oleh pasukan Pemerintah Malaysia, namun hal itu dibantah oleh Idjirani. Menurutnya, bahwa saudara Sultan, yakni Raja Muda, yang memimpin 200 militan dan tengah bersembunyi di Kampung Tanduo di Lahad Datu, bersedia untuk berjuang sampai akhir.

Muda, yang memimpin kelompok itu berlayar dari Mindanao pada 12 Februari lalu menuju Sabah, sebelumnya mengatakan kalau jet tempur Malaysia menjatuhkan bom di posisi mereka. Namun, dia¬† tidak yakin apakah ada korban di pihak mereka dalam serangan terbaru oleh pasukan Malaysia itu. Menteri Luar Negeri Filipina, Albert del Rosario telah terbang ke Kuala Lumpur untuk membicarakan masalah ini dengan Menteri Luar Negeri Malaysia, Dato Sri ‘Anifah Aman dan Menteri Pertahanan Dato’ Seri Dr Ahmad Zamid Hamidi. Di Manila, Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Raul Hernandez mengkonfirmasi laporan yang menyatakan pasukan keamanan Malaysia melakukan serangan udara yang diikuti dengan operasi darat di Lahad Datu. Dia mengatakan, Filipina masih menunggu rincian lebih lanjut tentang serangan ini, termasuk jumlah korban.(sindonews).

Kita doakan semoga konflik kesultanan Sulu dengan pemerintah diraja Malaysia segera terselesaikan dengan damai dan adil, karena pertumpahan darah tidak ada gunanya.[ps]

Tags:


malaysia vs sulu, Sulu vs malaysia, letak kesultanan sulu, kepulauan sulu, konflik malaysia vs sulu, malaysia vs kesultanan sulu, konflik sulu, kesultanan sulu vs malaysia, artikel kesultanan sulu, konflik sulu vs malaysia

Artikel Terkait Dengan: "Konflik Kesultanan Sulu VS Malaysia"

Response on "Konflik Kesultanan Sulu VS Malaysia"