Kiat Praktis Merintis Bisnis Peternakan Ayam yang Keuntungannya Besar

Thursday, September 14th, 2017 - Animalia, Umum

Kiat Praktis Merintis Bisnis Peternakan Ayam yang Keuntungannya Besar – Jika disuruh menyebutkan salah satu jenis bisnis yang menguntungkan sepanjang tahun, salah satu jawabannya adalah peternakan ayam. Jumlah permintaan ayam senantiasa stabil, bahkan cenderung meningkat pada momen hari raya. Karena ayam memiliki kandungan gizi yang tinggi, harga ekonomis, dan mudah diolah menjadi aneka jenis makanan.

Merintis bisnis peternakan ayam dapat menjadi solusi tepat bagi kita yang ingin berinvestasi. Namun sebelum memulai bisnis yang satu ini, kita mesti menyimak beberapa kiat praktis berikut ini. Supaya bisnis peternakan ayam nanti bisa berjalan lancar sesuai ekspektasi.

Mempelajari Cara Berternak Ayam Terlebih Dahulu

Mempelajari cara beternak ayam tak cukup dengan teori saja. Kita harus mempraktikkannya dengan skala kecil supaya bisa mengidentifikasi berbagai hambatannya. Proses yang berlangsung di peternakan ayam sangat kompleks, mulai dari penetasan, pembesaran anak ayam, penanganan penyakit, hingga sistem sanitasi kandang. Kita harus belajar dan beradaptasi selama berbulan-bulan sebelum siap merintis peternakan ayam berskala besar.

Beda Jenis Ayam, Beda Pula Konsep Bisnisnya

Secara garis besar, jenis ayam bisa dibedakan menjadi tiga yaitu ayam pedaging, ayam petelur, dan ayam hias. Beda jenis ayam, beda pula konsep bisnisnya. Karena setiap jenis ayam memiliki pangsa pasar tersendiri. Usia dan proses perawatannya pun saling berbeda satu sama lain. Kita wajib memilih jenis ayam berdasarkan tingginya permintaan pasar serta proses perawatan yang mudah dan minim risiko.

Peternakan Ayam Butuh Lahan Besar

Merintis peternakan ayam skala sedang hingga besar memang membutuhkan ketersediaan lahan yang memadai. Kita wajib mencari informasi tentang penjualan tanah di lokasi yang tepat. Kini banyak orang yang jual tanah murah di lokasi yang dekat dengan persawahan. Karakteristik lahan tersebut tentu menjadi habitat yang cocok bagi ayam yang akan dibudidayakan. Karena peternak ayam membutuhkan sistem pengairan yang memadai agar kebersihannya senantiasa terjaga.

Mencari Tenaga Kerja yang Dapat Diandalkan

Tenaga kerja yang dapat diandalkan adalah ujung tombak keberhasilan bisnis peternakan ayam. Pekerja yang akan menangani peternakan ayam harus memahami dasar-dasar pemeliharaan ayam yang baik. Aturan pemberian makan, vaksinasi, kebersihan kandang, dan hal-hal kecil lainya wajib dipahami dengan baik. Sehingga ayam-ayam yang kita budi dayakan bisa menghasilkan keuntungan maksimal.

Terlatih Mengatasi Wabah Penyakit Menular

Salah satu masalah terbesar yang kerap dihadapi para peternakan ayam adalam wabah penyakit menular. Kejadian ini bisa menimbulkan kerugian besar jika semua ayam peliharaan mati. Jadi, kita harus terampil dan sigap menyikapi penyebaran wabah penyakit menular tersebut. Supaya risiko kerugian akibat kematian massal tak menghantui bisnis kita.

Hobi menyantap makanan berbahan dasar ayam rupanya menjadi inspirasi istimewa bagi para pebisnis. Jangan hanya menikmati ayamnya saja. Mari merintis bisnis peternakan ayam dengan konsep yang matang mulai sekarang![ps]

Tags:

amazon, gambar tomcat, foto gigitan tomcat, gambar gigitan tomcat, gambar lapangan bola voli, gambar orang ngontot, pokok jagung, smpn 3 babelan
Advertisement
loading...
Kiat Praktis Merintis Bisnis Peternakan Ayam yang Keuntungannya Besar | admin | 4.5