Hasil Rapat Paripurna DPR Soal BBM

Hasil Rapat Paripurna DPR soal BBM – Sahabat , sidang paripurna DPR di Senayan yag berlangsung alot berlangsung sampat pukul 01.00 wib. Dalam rapat paripurna ini pada detik-detik akhir pengambilan keputusan akhir ada 2 opsi yang di voting secara terbuka.

Rapat paripurna DPR sudah menghasilkan 2 opsi berkaitan dengan kenaikan harga BBM subsidi. Dari 2 opsi yang ada, rencana kenaikan harga BBM subsidi menjadi Rp 6.000 pada 1 April 2012 dipastikan batal.

2 Opsi Rapat paripurna DPR 
Sidang paripurna di Gedung DPR,  memvoting 2 opsi. Opsi pertama tidak ada perubahan apapun dalam RUU APBN-P 2012 pasal 7 ayat 6 yang isinya tidak memperbolehkan pemerintah menaikkan harga BBM.  Opsi kedua menerima penambahan pasal 7 ayat 6a yang isinya adalah memperbolehkan pemerintah mengubah harga BBM jika harga minyak mentah (Indonesia Crude Price/ICP) mengalami kenaikan atau penurunan rata-rata 15% dalam waktu 6 bulan.
Dari kedua opsi tersebut, berarti kenaikan harga BBM subsidi tidak mungkin dilakukan 1 April 2012 seperti rencana dari pemerintah. Dalam APBN-P 2012 sebelumnya disepakati asumsi ICP adalah US$ 105 per barel atau naik dari asumsi sebelumnya US$ 90 per barel.



Hasil Voting Paripurna DPR tentang BBM

Dari  seluruh anggota DPR yang hadir sidan paripurna BBM tanggal 30-31 Maret 2012, setelah dilakukan voting tentang 2 opsi diatas maka hasilnya adalah:

  • Opsi 1: 82 Suara
  • Opsi 2: 356 Suara
  • WalkOut: 93 Suara

Jadi keputisan sidang paripurna DPR tentang BBM adalah menyetujui opsi 2 yakni menerima penambahan pasal 7 ayat 6a yang isinya adalah memperbolehkan pemerintah mengubah harga BBM jika harga minyak mentah (Indonesia Crude Price/ICP) mengalami kenaikan atau penurunan rata-rata 15% dalam waktu 6 bulan.

Jadi dengan finalnya keputusan DPR ini, maka kenaikan Harga BBM tidak akan naik tanggal 1 april 2012, makanya kepada seluruh mahasiswa dan elemen masyarakat yang turun kejalan dalam beberapa hari terakhir ini silahkan kembali ke kampus atau rumah masing-masing.[ps]

Tags:


contoh rapat umum, contoh rapat umum di indonesia, rapat umum DPR, gambar rapat umum, contoh rapat dpr, rapat umum kenaikan bbm, pengertian rapat umum, rapat umum tentang bbm, contoh rapat umum dpr, rapat umum

Artikel Terkait Dengan: "Hasil Rapat Paripurna DPR Soal BBM"

Response on "Hasil Rapat Paripurna DPR Soal BBM"