Formalin Bahaya Dan Manfaatnya | Pustaka Sekolah

Home > Eksakta > Formalin Bahaya Dan Manfaatnya

Formalin Bahaya Dan Manfaatnya

October 16th, 2012 5 Comments

Formalin Bahaya Dan Manfaatnya – Sahabat Pustakers, pada kesempatan kali ini Pustaka sekolah akan berbagi artikel mengenai Formalin, pengertian dan bahayanya. Formalin atau Formic Aldehyde merupakan larutan formaldehida berwarna kuning yang memiliki karakter sebagai stabilisator atau disinfectan. Formldehida berperan membunuh bakteri dengan membuat jaringan dalam bakteri dehidrasi sehingga sel bakteri mengering dan membentuk lapisan baru di permukaan bawahnya agar tahan terhadap serangan bakteri yang lain. Pada umumnya formalin digunakan sebagai pengawet kosmetik, pembunuh hama, pembasmi lalat, perekat kayu lapis, pembuatan pupuk area dan pengawet mayat.

Formalin merupakan larutan komersial dengan konsentrasi 10-40% dari formaldehid. Bahan inibiasanya digunakan sebagai antiseptic, germisida, dan pengawet. Formalin mempunyai banyak namakimia diantaranya adalah:

  • Formol,
  • Methylene aldehyde,
  • Paraforin,
  • Morbicid,
  • Oxomethane,
  • Polyoxymethylene glycols,
  • Methanal,
  • Formoform,
  • Superlysoform,
  • Formic aldehyde,
  • Formalith,
  • Tetraoxymethylene,
  • Methyl oxide,
  • Karsan,
  • Trioxane,
  • Oxymethylene,
  • Methylene glycol.

Dipasaran, formalin bisa ditemukan dalam bentuk yang sudah diencerkan, dengan kandunganformaldehid 10 – 40% dan secara fisik seperti cairan putih jernih dengan bau yangmenyengat dan tajam.

Bahaya Formalin

Formalin sangat berbahaya bila terhirup, mengenai kulit dan tertelan. Akibat yang ditimbulkan dapat berupa : Luka bakar pada kulit, Iritasi pada saluran pernafasan, reaksi alergi dan bahaya kanker pada manusia. Dampak formalin pada kesehatan manusia, dapat bersifat Akut : efek pada kesehatan manusia langsung terlihat : sepert iritasi, alergi, kemerahan, mata berair, mual, muntah, rasa terbakar, sakit perut dan pusing. Kronik : efek pada kesehatan manusia terlihat setelah terkena dalam jangka waktu yang lama dan berulang : iritasi kemungkin parah, mata berair, gangguan pada pencernaan, hati, ginjal, pankreas, system saraf pusat, menstruasi dan pada hewan percobaan dapat menyebabkan kanker sedangkan pada manusia diduga bersifat karsinogen (menyebabkan kanker). Mengkonsumsi bahan makanan yang mengandung formalin, efek sampingnya terlihat setelah jangka panjang, karena terjadi akumulasi formalin dalam tubuh.

Apabila terhirup dalam jangka waktu lama maka akan menimbulkan sakit kepala, ganggua pernafasan, batuk-batuk, radang selaput lendir hidung, mual, mengantuk, luka pada ginjal dan sensitasi pada paru Efek neuropsikologis meliputi gangguan tidur, cepat marah, keseimbangan terganggu, kehilangan konsentrasi dan daya ingat berkurang. Gangguan head dan kemandulan pada perempuan Kanker pada hidung, rongga hidung, mulut, tenggorokan, paru dan otak. Apabila terkena mata dapat menimbulkan iritasi mata sehingga mata memerah, rasanya sakit, gatal-gatal, penglihatan kabur, dan mengeluarkan air mata. Bila merupakan bahan beronsentrasi tinggi maka formalin dapat menyebabkan pengeluaran air mata yang hebat dan terjadi kerusakan pada lensa mata. Apabila tertelan maka mulut,tenggorokan dan perut terasa terbakar, sakit menelan, mual, muntah, dan diare, kemungkinan terjadi pendarahan, sakit perut yang hebat, sakit kepala, hipotensi ( tekanan darah rendah ), kejang, tidak sadar hingga koma. Selain itu juga dapat terjadi kerusakan hati, jantung, otak, limpa, pancreas, system susunan saraf pusat dan ginjal.

Cara Mengetahui Bahan Makanan mengandung F ormalin

Makanan yang mengandung formalin umumnya awet dan dapat bertahan lebih lama. Formalin dapatdikenali dari bau yang agak menyengat dan kadang-kadang menimbulkan pedih pada mata. Bahanmakanan yang mengandung formalin ketika sedang dimasak kadang-kadang masih mengeluarkan baukhas formalin yang menusuk. Ikan asin yang mengandung formalin akan lebih putih dan bersih danlebih tahan lama dibandingkan ikan asin tanpa pengawet yang agak berwarna lebih coklat. Mi basahyang mengandung formalin akan lebih awet, kenyal, keras dan tidak mudah putus. Tahu yangmengandung formalin akan lebih kenyal, tidak mudah pecah dan keras. Bakso yang diberikan formalinakan lebih terasa kenyal dan keras. Ikan dan ayam yang mengandung formalin akan lebih putih dagingnya dan awet.

Makanan yang diberi formalina akan awet, keras dan tidak membusuk. Ikan,bakso, mie basah atau ayam yang diberi formalin tidak akan dimakan oleh kucing sebab kucingmemiliki penciuman yang tajam terhadap bau formalin. Walaupun manusia tidak bisa mencium bauformalin pada bahan makanan namun kucing atau anjing memiliki penciuman yang tajam sehinggahewan ini tidak akan makan makanan yang mengandung formalin. Kesimpulannya jika ayam atauikan yang kita berikan kepada kucing namun kucing tidak mau makan maka ayam dan ikan tersebutsudah diberi formalin

Makanan (ikan, mie basah, bakso atau ayam) yang diberi formalin tidak akandidatangi dan dikerubungi oleh lalat. Lalat memiliki penciuman yang tajam jika ada hewan yang matimaka akan langsung datang menghampiri hewan yang mati tersebut. Jika ayam dan ikan diberiformalin maka lalat tidak akan datang menghampirinya. Tips ini dapat kita pakai saat hendak membeliikan atau ayam di pasar.

Kegunaan atau manfaat Formalin

Sebenarnya formalin sudah lama digunakan dalam bidang industri dan masyarakat untuk berbagaikeperluan. Di antaranya adalah untuk bahan pembuatan pupuk dalam bentuk urea, bahan pembuatanproduk parfum, pengawet produk kosmetika, pengeras kuku dan bahan untuk insulasi busa. Formalin juga dipakai sebagai pencegah korosi untuk sumur minyak.. Di bidang industri kayu sebagai bahanperekat untuk produk kayu lapis (plywood). Dalam konsentrasi yang sangat kecil (<1 persen)digunakan sebagai pengawet untuk berbagai barang konsumen seperti pembersih rumah tangga,cairan pencuci piring, pelembut, perawat sepatu, shampoo mobil, lilin dan karpet. Di industry perikanan, formalin digunakan untuk menghilangkan bakteri yang biasa hidup di sisik ikan. Formalindiketahui sering digunakan dan efektif dalam pengobatan penyakit ikan akibat ektoparasit sepertifluke dan kulit berlendir.[ps]

Tags:


manfaat formalin, kegunaan formalin, pengertian formalin, fungsi formalin, artikel tentang formalin, makalah formalin, kegunaan dan bahaya formalin, artikel formalin, formalin, artikel pengertian formalin
Bagikan Tulisan Ini Melalui Tombol di bawah ini:

5 Komentar Pada “Formalin Bahaya Dan Manfaatnya”

  1. Naufal Najib says:

    Gi mana nih masak ane suruh makan formalin -_-

  2. ngeri amat y formalin yg bnyk terdpt dimkanan,,,, hemmmm skrng susah y nyari mkanan luar yg aman…

  3. hariantoslmt@yahoo.co.id says:

    dfg

  4. minoen says:

    Kalau daging di pasar dan sdh terlanjur dibeli bau menyengat spt formalin , apa yg hrs kita perbuat? Dagingnya dibuang saja atw diapakan?

 

Ayo Berkomentar

Rumah Minimalis