Cara Mengurus Visa Ke Amerika

Cara Mengurus Visa Ke Amerika – Sahabat , pada kesempatan kali ini Pustaka Sekolah akan berbagi informasi mengenai cara mengurus visa ke amerika. Setiap negara mungkin punya aturan tersendiri dalam mengurus visa, namun pada kesempatan kali ini, yang dibahas adalah cara mengurus visa ke USA atau ke negeri paman sam Amerik serikat.

Pengertian Visa

Visa adalah sebuah rekomendasi yang diberikan kepada warga negara asing untuk dapat masuk ke negara  negara tertentu dan bukan berarti izin mutlak atau jaminan untuk dapat masuk ke suatu negara. Keputusan terakhir untuk dapat masuk atau tidak ke  suatu negara akan diberikan oleh pihak Imigrasi negara tujuan pada saat mendarat di sana.

Sumber Gambar Disini

Jenis-Jenis Visa

Untuk lebih mengetahui tentang visa atau pas jaan keegara pain ini, maka alangkah baiknya kalau kita ketahui jenis-jenis visah itu sebagai berikut: Visa Kunjungan Sementara untuk Tujuan Kunjungan Keluarga; Visa Kunjungan Sementara untuk Tujuan Kunjungan Keluarga (apabila Pengundang adalah Warga negara tujuan yang berdomisili di Indonesia; Visa Kunjungan Sementara untuk Kunjungan Teman; Visa Kunjungan Sementara untuk Kunjungan Wisata dengan Biaya Sendiri; Visa Kunjungan Sementara untuk Tujuan Bisnis; Visa Kunjungan Sementara Berkali-kali; Visa Khusus (Visa Pelajar/ Bekerja/ Pelatihan/ Menetap dalam jangka waktu tertentu); Visa Transit.

Cara Mengurus Visa Ke Amerika serikat

Mungkin ada diantara kita yang dalam eaktu dekat ini akan mengunjungi negara Amerika Serikat, baik kaangan bisniman atau mungkin kaum pelajar yang kebetuan mendapatkan beasiswa atau ingin studi atau belajar pada sekolah-sekolah di USA, atau mungkin hanya sekedar ingin jaan-jalan ke amerika serikat, berikut ini adalah langkah-langkah dalam mengurus visa tersebut:



  • Beberapa kedubes (termasuk Amerika serikat) sudah menggunakan cara pendaftaran pengajuan visa secara on line. Saat mendaftar kita akan diminta memilih hari dan jam perjanjian untuk datang ke kedubes. Pastikan untuk mendaftar online dan datang tepat seperti waktu yang telah dijanjikan.
  • Ketika mendaftar online, tersedia beberapa formulir yang perlu diisi. Formulir harus diisi dengan lengkap. Periksa kembali isian, jangan sampai ada kesalahan penulisan nama atau hal tak sinkron lainnya. Formulir ini kemudian mesti dibawa saat datang ke kedubes.
  • Selain formulir ada beberapa persyaratan lain yang mesti dibawa seperti foto, identitas diri, biaya pengajuan visa, dan kelengkapan lain. Khusus mengenai foto, mereka meminta spesifikasi yang agak tidak umum, mulai dari ukuran sampai lay out foto. Pastikan untuk memenuhi format foto yang diminta. Karena pernah ada kasus, seorang pelamar tidak bisa meneruskan proses pengajuan sampai dia membawa foto yang sesuai.
  • Begitu juga soal biaya pengajuan. Di website meski besaran yang dicantumkan dalam dollar, tapi kita diminta membawa uang dalam rupiah. Jadi perlu disiapkan jumlah rupiah sesuai dengan jumlah dollar yang diminta. Siapkan pula dokumen-dokumen lain yang dibutuhkan. Lebih baik membawa dokumen lebih daripada kurang. Saat wawancara, satu yang ingin mereka pastikan adalah bahwa setelah selesai sekolah kita bakal balik ke Indonesia. Hal lain yang juga akan dipastikan berkaitan dengan apa yang akan kita lakukan disana. Mereka tidak ingin setelah sampai di Amerika ternyata pendatang ini kemudian jadi gelandangan atau pengemis. Asal sudah mendapat surat keterangan dari universitas, semestinya ini bukan lagi masalah besar.
  • Wawancara adalah tahap paling penting. Usahakan untuk menjawab semua pertanyaan dengan tenang, jelas, dan jujur. Jika belum yakin dengan kemampuan bahasa Inggris, kalau diperlukan bisa juga menggunakan bahasa Indonesia. Pewawancaranya memang bule, tapi mereka juga mampu berbahasa Indonesia. Tunjukkan semua dokumen yang diminta dan beargumentasi jika situasi mengharuskan karena ada tipe pewawancara yang suka tanya sampai detail.
  • Untuk beberapa kasus, pelamar diminta balik lagi karena ada dokumen yang belum lengkap atau sebab lain. Tidak mengapa, datang saja kembali dihari yang telah dijanjikan dengan dokumen yang diperlukan. Kalau tidak ada masalah visa tentu akan keluar.
  • Setelah visa disetujui, hati pasti jadi lega. Impian untuk sekolah ke luar negeri semakin dekat jadi nyata. Sehabis wawancara petugas akan memberi kita kartu pengambilan visa beserta paspor. Untuk pengambilan, pemohon tidak perlu datang sendiri. Kita bisa mewakilkan pengambilan asal orang yang mewakili dapat menunjukkan kartu pengambilan.

Itulah sedikit informasi mengenai cara mengurus visa ke luar negeri atau ke amerika serikat khususnya, semoga artikel ini tentunya dapat memberikan informasi yang bermanfaat bagi kita semua.[ps]

Tags:


visa, PENGERTIAN VISA, cara mengurus visa ke amerika, cara mengurus visa amerika, cara mengurus visa ke amerika serikat, cara mengurus visa, gambarrumah, cara urus visa amerika, cara urus visa ke amerika, cara urus visa

Artikel Terkait Dengan: "Cara Mengurus Visa Ke Amerika"

Response on "Cara Mengurus Visa Ke Amerika"