Cara Mengobati Keputihan | Pustaka Sekolah

Home > Tips > Cara Mengobati Keputihan

Cara Mengobati Keputihan

March 4th, 2012 1 Comment

Cara Mengobati Keputihan – Sahabat Pustakers, Pada ksempatan kali ini, Pustaka Sekolah akan share sedikit mengenai cara mengobati keputihan, Yup Penyakit keputihan tidak asing lagi, dan sering kali mengganggu wanita. Secara ilmiah penyakit keputihan atau Fluor Albus merupakan sekresi vaginal abnormal pada wanita. Keputihan yang disebabkan oleh infeksi biasanya disertai dengan rasa gatal di dalam vagina dan di sekitar bibir vagina bagian luar. Yang sering menimbulkan keputihan ini antara lain bakteri, virus, jamur atau juga parasit. Infeksi ini dapat menjalar dan menimbulkan peradangan ke saluran kencing, sehingga menimbulkan rasa pedih saat si penderita buang air kecil.

Gejala Keputihan

Gejala keputihan dibagi tiga kelompok, yakni:

  • gejala Keputihan yang bukan penyakit (not for patologis)
  • gejala keputihan Obat Keputihan yang disebabkan penyakit (patologis) Gejala keputihan bukan karena penyakit: Cairan dari vagina berwarna bening; Tidak berwarna, Tidak berbau, Tidak gatal; Jumlah cairan bisa sedikit, bisa cukup banyak.
  • Gejala keputihan karena penyakit:Cairan dari vagina keruh serta kental; Warna kekuningan, keabu-abuan, atau kehijauan; Berbau busuk, anyir, amis, terasa gatal dan Jumlah cairan banyak

Keputihan yang disebabkan penyakit serta dibiarkan tidak diobati sampai lama, adakalanya menyebabkan kemandulan karena penyebaran infeksi. Sedangkan keputihan yang bukan karena penyakit Obat keputihan karena jamur, tidak menyebabkan kemandulan

Apapun gejalanya, bila kita mengalaminya, kewaspadaan dini dengan cara bertanya kepada dokter, adalah tindakan yang bijaksana.

Penyebab Keputihan  Seperti halnya gejala keputihan, penyebab terjadinya Keputihan dapat disebabkan kondisi not for patologis (bukan penyakit), serta kondisi patologis (karena penyakit) Penyebab Not for Patologis (bukan penyakit):

  • Saat menjelang Menstruasi, atau setelah Menstruasi
  • Rangsangan Seksual, saat wanita hamil
  • Stress, baik fisik maupun psikologis
  • Penyebab Patologis (karena penyakit): Infeksi Jamur (kebanyakan jamur Candida albicans); Infeksi bakteri (kuman Age. coli, Sthaphilococcos); Infeksi Parasit jenis Protozoa (umumnya Trichomonas -vaginalis); Penyebab lain bisa karena infeksi Gonorhoe (HEAD OUT or Kencing nanah), serta lain-lain, banyak deh. Bisa pula karena sakit yang lama, kurang gizi, anemia, serta faktor hyegiene (kebersihan).

Cara Mencegah Keputihan

Bagaimana mencegah Keputihan? Di atas sudah disinggung, silahkan simak lagi yang berikut ini:

  • Jaga Kebersihan Vagina (bersihkan dengan fresh air bersih, sedangkan pemakaian cairan antiseptik hanya atas saran dokter)
  • Hindari celana dalam ketat apalagi yang berbahan nylon, sebaiknya pakai bahan katun serta jangan lupa ganti setiap hari.
  • Membasuh atau membilas vagina dari depan ke belakang -Menghindari duduk di commode umum.
  • Ganti pembalut (di kala menstruasi) tepat waktu, dll.

Obat Keputihan

  1. Kunjungi dokter specialist kandungan dan konsultasikan keluhan keputihan yang anda alami. Pastikan dokter tersebut mempunyai alat khusus yang dapat memeriksa kondisi anda secara keseluruhan. Dengan mengetahui penyebab pasti keputihan tersebut, tentunya sang dokter akan mempunyai cara mengatasi keputihan yang paling efektif.
  2. Cara mengatasi keputihan juga dapat dilakukan dengan pembedahan. Pembedahan ini ditujukan untuk mengangkat sebagian kecil jaringan leher rahim yang terinfeksi bakteri, virus atau jamur penyebab keputihan.
  3. Gunakan pengaman ketika anda berhubungan intim. Atau apabila anda sedang merencanakan kehamilan, bersihkan vagina dengan benar setelah bersenggama atau sebaiknya, anda mengkonsultasikan kepada dokter kandungan tentang pembersih vagina apa yang dapat anda gunakan sebagai cara mengatasi keputihan agar anda tidak salah dalam memilih sehingga dapat merusak perencanaan kehamilan tersebut.
  4. Mengkonsumsi ramuan tradisional juga merupakan cara mengatasi keputihan yang cukup efektif seperti air rebusan daun sirih sebanyak satu gelas, dua sampai tiga kali seminggu.
  5. Jagalah kebersihan organ intim anda dengan baik dengan mengganti pakaian dalam secara teratur minimal dua kali sehari. Apabila anda merasa pakaian dalam yang anda kenakan sudah lembab atau kotor, anda harus menggantinya dengan yang bersih sehingga bakteri, jamur atau virus di dalam pakaian dalam tersebut tidak menginfeksi vagina.
  6. Membasuh vagina dengan pembersih khusus kewanitaan merupakan cara mengatasi keputihan yang juga cukup efektif, terutama untuk jenis keputihan yang belum begitu parah. Dengan membasuh vagina dengan anti septic akan menghalangi masuknya bakteri dan kuman ke dalam vagina yang merupakan penyebab utama keputihan.
  7. Ketika sedang datang bulan, anda harus rajin mengganti pembalut. Jangan gunakan pembalut hingga terlalu penuh karena hal itu akan memicu pertumbuhan bakteri yang dapat menginfeksi vagina. Rajin mengganti pembalut dapat menjadi cara mengatasi keputihan atau paling tidak menguranginya dengan efektif.
  8. Ketika ditemukan penyakit keputihan dengan kondisi yang cukup parah, cara mengatasi keputihan tersebut tentunya akan semakin serius, seperti suntik sitostatika, penisilin, vaksinasi, tetrasiklin dan sebagainya.

Demikianlah artikel sederhana mengenai cara mengobati keputihan, semoga artikel ini tentunya dapat memberikan informasi yang bermanfaat bagi kita semua.[ps]

Tags:


keputihan, obat keputihan dari dokter kandungan, obat dokter untuk keputihan patologis, penyebab penyakit infeksi oleh protozoa dan cara mengatasinya, obat untuk keputihan akibat parasit trichomonas vaginalis, obat keputihan yg di sebabkan oleh protozoa, obat keputihan karena trichomonas, obat jamur trichomonas vaginalis, bertanya ke dokter tentang keputihan pada wanita, keputihan protozoa trichomonas vaginalis
Bagikan Tulisan Ini Melalui Tombol di bawah ini:

1 Komentar Pada “Cara Mengobati Keputihan”

  1. Iis Moets says:

    terimakasih informasinya…..

 

Ayo Berkomentar

Rumah Minimalis