Bulan Rajab 1436 H | Pustaka Sekolah

Home > Umum > Bulan Rajab 1436 H

Bulan Rajab 1436 H

January 7th, 2015 35 Comments

Bulan Rajab 1436 H – Sahabat Pustakers, pada kesempatan kali ini Pustaka Sekolah akan berbagi informasi mengena Bulan Rajab 1436 Hijriah bertepatan dengan tahun 2015. Bulan Rajab Dalam penanggalan Islam adalah bulan ke- 7 , dimana pada bulan ini adalah salah satu bulan yang dianggap sebagai bulan yang istimewa atau bulan haram, dikatakan bulan haram karena bulan ini besarnya kehormatan dan keagungan bulan rajab serta besarnya akibat dari dosa yang dilakukan padanya. Dalam artian jika kita berbuat amal pada bulan rajab, maka amalannya pun besar, sebaliknya jika kita berbuat dosa, maka ganjarannya pun akan lebih besar. Bulan Rajab Antara Bulan Jumadil Akhir Dan Sya’ban.

bulan rajab

Kapan 1 Rajab 1436 H

  • 1 Rajab 1436 H bertepatan pada hari Senin 20 April 2015. Ijtima’ Matahari dan Bulan jatuh pada rasi bintang: HAML 27 drajat, 58 menit, 30 detik Ijtima’ Matahari dan Bulan jatuh pada hari: AHAD jam 1:45:40 -MALAM HARI- Bilangan jam dari ijtima’ sampai terbenam matahari: 16 jam, 14 menit, 20 detik. Tinggi hilal setelah terbenam matahari: 8 drajat, 7 menit, 10 detik. Maka: 1 Rajab 1436 Jatuh pada hari: SENIN. 1 Rajab 1436: 20 April 2015. Ayyamul Bidh: 02-03-04 Mei 2015. Isra Mi’raj: 16 Mei 2015

Kejadian Pada Bulan Rajab

Dalam sejarah Islam di bulan Rajab tercatat beberapa sejarah penting yang pernah terjadi di masa perjuangan umat Islam pada waktu itu. Sejarah tersebut antara lain :

  • Perang Tabuk atau Ghazwah Tabuk. Perang Tabuk terjadi pada bulan Rajab tahun 9 Hijriyah atau bertepatan dengan bulan Oktober tahun 631 Masehi. Perang Tabuk langsung di pimpin oleh Nabi Muhammad SAW dan menjadi perang terakhir bagi beliau. Tabuk sendiri merupakan kawasan padang pasir yang sangat gersang yang lokasinya berada di utara semenanjung Arab, jauh dari Makkah dan Madinah.
  • Pembebasan Kota Al-Quds. Peristiwa yang besar juga terjadi dibulan Rajab yakni pembebasan Al-Quds oleh Shalahudin Al-Ayyubi dari tangan kaum salibis. Pembebasan Al-Quds ini terjadi pada bulan Rajab 583 H/1187 M. Al-Quds merupakan sebuah kota yang di dalamnya terdapat kompleks Al-Aqsha, yang memuat beberapa situs sejarah tiga agama yakni Islam, Yahudi maupun Nasrani. Nama lain dari A-Quds adalah Baitul Maqdis dan Yerussalem.
  • Peristiwa isra Mi’raj terjadi pada tanggal 27 Rajab?. Peristiwa isra’ wal mi’raj, yakni diperjalankannya Rasulullah Saw. dari Masjidil Haram di Makkah ke Masjidil Aqsha di Palestina (isra) selanjutnya dari sana Rasulullah diberangkatkan ke Shidratul Muntaha (langit). Namun Peristiwa Isra Mi’raj terjadi pada bulan rajab ini masih dipertentangkan.

Anjuran Pada Bulan Rajab

Berpuasa di bulan Rajab – Minimal 1 Hari terutama pada tanggal 27 Rajab. Mandi keramas menyambut bulan rajab dan berpuasa di dalamnya, maka hatinya tidak akan mati dan dibersihkan hatinya bagaikan bayi dan dapat mengankat 70 org yg berdosa diakhir zaman.

  • Berpuasa 1 hari : Menghapuskan dosa 3 tahun.
  • Berpuasa 2 hari : Penghuni langit memberika kemuliaan
  • Berpuasa 3 hari : Selamat dari bahaya dunia akhirat (termasuk fitnah dajal)
  • Berpuasa 7 hari : Ditutup 7 pintu neraka, dibuka 3 pintu syurga
  • Berpuasa 10 hari : Dikabulkan apa saja kemauannya.
  • Berpuasa 15 hari : Ditutup dosa-dosanya diangkat derajatnya.

Amalan Bulan Rajab

Rajab adalah saat dimana kita harus mulai bersiap diri. Ramadhan membutuhkan banyak persiapan. Memperbanyak dzikir dan sitigfar kepada Allah. Amalan dan doa bersifat umum yang diajarkan oleh Rasulullah Saww di bulan Rajab di antaranya: Memperbanyak membaca istighfar: Astaghfirullaha wa atubu ilayh; Dalam suatu riwayat disebutkan: “Barangsiapa yang tidak mampu berpuasa, maka hendaknya membaca tasbih 100 kali setiap hari, agar memperoleh pahala puasa di dalamnya. Tasbihnya sebagai berikut:

سُبْحَانَ الاِْلهِ الْجَليلِ، سُبْحَانَ مَنْ لاَ يَنْبَغِي التَّسْبِيحُ إِلاّ لَهُ، سُبْحَانَ اْلأَعَزِّ اْلاَكْرَمِ، سُبْحَانَ مَنْ لَبِسَ الْعِزَّ وَهُوَ لَهُ اَهْلٌ .

Artinya: Mahasuci Tuhan Yang Maha Agung, Mahasuci yang tak layak ditasbih kecuali Dia, Mahasuci Yang Maha Agung dan Maha Mulia, Mahasuci Yang Memakai pakaian keagungan dan hanya Dia yang layak memilikinya.

Demikianlah artikel Pustaka sekolah mengenai Bulan Rajab 1436 H atau 2015 M, semoga artikel ini dapat memberikan informasi yang bermanfaat bagi kita semua.[ps]

Tags:


puasa rajab 2015, puasa rajab berapa hari, berapa hari puasa rajab, puasa rajab itu berapa hari, bulan rajab 2015, puasa rajab dari tanggal berapa sampai tanggal berapa, puasa bulan rajab berapa hari, jadwal puasa rajab 2015, puasa rajab 2015 jatuh pada tanggal, kapan puasa rajab 2015
Bagikan Tulisan Ini Melalui Tombol di bawah ini:

35 Komentar Pada “Bulan Rajab 1436 H”

  1. Muhamad Iskandar says:

    SALAM KENAL SEMUA,…!!!
    DEMI ALLAH INI CERITA YANG BENAR BENAR TERJADI(ASLI)BUKAN REKAYASA!!!

    Saya Sangat BerTerima kasih Atas Bantuan Angka Ritual AKI…Angka AKI JAYABAYA Tembus 100%…Saya udah kemana-mana mencari angka yang mantap selalu gak ada hasilnya…sampai- sampai hutang malah menumpuk…tanpa sengaja seorang teman lagi cari nomer jitu di internet…Kok ketemu alamat AKI JAYABAYA..Saya coba beli Paket 2D ternyata Tembus…dan akhirnya saya pun membeli Paket 4D.Ternyata Angka Ritual Ghoib AKI JAYABAYA…Tembus 4D 3222,SAYA MENANG 850 JT…Baru kali ini saya mendapat angka ritual yang benar-benar Mantap…Bagi saudara yang ingin merubah Nasib anda seperti saya…Anda Bisa CALL/SMS Di Nomer AKI JAYABAYA 0852-1762-2140.(((Buktikan Aja Sendiri Saudara-Saudari))).

    …TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA AKI JAYABAYA…

    **** BELIAU MELAYANI SEPERTI: ***
    1.PESUGIHAN
    2.UANG GAIB
    3.JUAL TUYUL MEMEK
    4.JUAL KERIS PUSAKA
    5.JUAL PERMATA REJEKI

    …=>AKI JAYABAYA<=…
    NOMOR TLPN : 0852-1762-2140

    Ini Kemenangan Saya Yang Ke 4x Nya..

  2. Hendra Quick says:

    apakah dalm blan rajab kita bisa berpuasa sebanyak ug kita mau.? dan termasuk hari jumat apakah juga bleh berpuasa rajab..?mhon penjelasannya

  3. tp pada saat berpuasa rajab itu harus diurutkan misal 10hari berturut ato bisa dilakukan slama bulan rajab jd misal diambil di hari ke 1,lalu hari ke 5 ? Penjelasanya gmn?

  4. tp pada saat berpuasa rajab itu harus diurutkan misal 10hari berturut ato bisa dilakukan slama bulan rajab jd misal diambil di hari ke 1,lalu hari ke 5 ? Penjelasanya gmn?

  5. tp pada saat berpuasa rajab itu harus diurutkan misal 10hari berturut ato bisa dilakukan slama bulan rajab jd misal diambil di hari ke 1,lalu hari ke 5 ? Penjelasanya gmn?

Trackbacks/Pingbacks

 

Ayo Berkomentar

Rumah Minimalis