Beberapa Jenis Termometer


Beberapa Jenis Termometer – Sahabat, pada kesempatan kali ini, saya akan share mengenai topik jenis-jenis termometer. Berdasarkan sifat termometrik yang dimiliki, ada beberapa jenis termometer yang dikenal luas.

Termometer Cairan dalam gelas

Termometer ini mungkin yang paling kita kenal dan penggunaannya sangat mudah. Terdapat kolom kecil yang berisi cairan, biasanya raksa atau alkohol. Cairan ini mudah memuai (kemampuan memuainya jauh melebihi kemampuan memuai gelas). Bila gelas mendapatkan panas, maka cairan didalamnya akan memuai (volume bertambah). karena gelas hampir tidak memuai, maka diameter kolom gelas hampir tidak berubah. Akibatnya, pemuaian cairan menyebabkan kolom cairan bertambah panjang. panjang kolom ini yang menjadi indikator suhu. Dengan mencantumkan skala suhu disepanjang batabg gelas, maka suhu yang terukur dapat dibaca dengan mudah. jemis termometer ini yang sangat terkenal adalah termometer klinis 9termometer demam).



Termometer Termokopel

Termometer termokopel memberikan hasil bacaaan yang lebih cepat daripada termometer gas. Termometer ini juga dapat mengukur suhu yang berubah-ubah dengan cepat. Besaran termometrik pada termokopel adalah beda tegangan listrik antara ujung-ujung dua logam yang bersentuhan.

Jika dua logam berbeda disentuhkan, maka elektron bebas akan melewati titik persentuhan atau titik kontak tersebut. Karena daya hantar listrik dua logam berbeda maka elektron dapat mengalir dari satu logam ke logam lain sehingga timbul kelebihan elektron di satu logam dan kekurangan elektron logam lain. Akibatnya, muncul beda potensial antara ujung-ujung logam. Akibatnya, muncul beda potensial antara ujung-ujung logam. Besarnya beda potensial tersebut sangat bergantung pada suhu kedua logam.[ps]



Tags:


gambar termometer, jenis-jenis termometer, jenis termometer dan gambarnya, jenis jenis termometer, jenis-jenis termometer dan gambarnya, jenis termometer, macam macam termometer dan gambarnya, macam-macam termometer dan gambarnya, jenis jenis termometer dan gambarnya, Macam2 termometer

Artikel Terkait Dengan: "Beberapa Jenis Termometer"

Response on "Beberapa Jenis Termometer"