Artikel Sel Tumbuhan


Artikel Sel Tumbuhan – Sahabat , pada kesempatan kali ini Pustaka Sekolah akan berbagi artikel mengenai Sel tunbuhan dan pengertiannya. Sel Tumbuhan merupakan sel yang ada dalam tanaman. Sel tanaman seperti sel-sel hewan, tetapi mereka memiliki dinding sel dan kloroplas. Berikut adalah gambar berlabel sel tanaman. Anda akan melihat semua bagian utama dari sel.

Sel Tumbuhan, bagian terluar dari sel tumbuhan adalah dinding sel. Dinding sel berfungsi sebagai pelindung dan penunjang. Dinding yang terbentuk pada waktu sel membelah disebut dinding primer dan setelah mengalami penebalan, berubah menjadi dinding skunder. Dinding primer sel merupakan selaput tipis yang tersusun atas serat-serat selulosa. Serat ini amat kuat daya regangnya. Dinding sel yang kaku tersusun atas polisakarida: hemiselulosa dan pektin.

Dinding sel skunder dimiliki oleh sel-sel dewasa. Dinding skunder memiliki kandungan selulosa lebih banyak berkisar 41-45%, juga hemiselulosa dan lignin.

Diantara dinding dua sel yang berdekatan terdapat lamela tengah, tersusun atas magnesium dan kalium pekat berupa gel. Diantara dua sel bertetangga (saling menempel) terdapat pori. Melalui pori ini dua sel dihubungkan oleh benang-benang plasma yang dikenal plasmodesmata.

Dinding sel dibentuk oleh diktiosom. Bersama dengan vakuola, dinding sel berperan dala turgiditas sel (kekakuan sel). Ia mengakibatkan bentuk sel tetap.

Sel tumbuhan memiliki vakuola yang lebih besar (dibanding sel hewan). Vakuola sel tumbuhan bersifat menetap. Sel-sel tumbuhan yang memiliki vakuola –paling– besar adalah sel-sel parenkim dan kolenkim.



Selain itu sel tumbuhan memiliki organel yang tidak terdapat di dalam sel hewan, fungi, maupun prokariota seperti bakteri dan ganggang hijau-biru, yaitu plastida. Bentuk plastida bisa bulat, oval maupun cakram. Plastida dibedakan menjadi leukoplas, kromoplas dan kloroplas, dimana ketiganya merupakan perkembangan dari proplastida (plastida muda).

Bagian-bagian Sel Tumbuhan

  • Membran sel : Sebuah lapisan tipis yang mengelilingi sel.
  • Dinding sel : Sebuah lapisan kaku yang mengelilingi membran sel dari sel tanaman.
  • Kloroplas: (Klor-o-Plast) Sebuah struktur sel di mana fotosintesis terjadi, dan mengandung chloropyll tersebut.
  • Klorofil: (Klor-a-fil) Zat hijau dalam sel-sel tumbuhan yang membantu untuk membuat makanan.
  • Sitoplasma:  Cairan seperti selai dalam sel di mana kegiatan berlangsung.
  • Inti : (nukleus) Struktur gelap di dalam sel yang mengendalikan kegiatan sel dan berisi materi seperti DNA.
  • Fotosintesis :  Proses ketika tanaman menggunakan energi cahaya untuk membuat makanan. Sebuah proses yang sangat khusus yang terjadi dalam kloroplas dalam sel tanaman disebut fotosintesis . Foto berarti “cahaya” dan sintesis berarti “menempatkan sesuatu bersama-sama.” Dalam fotosintesis, tumbuhan hijau benar-benar membuat makanan mereka sendiri. Itu sangat keren! Bayangkan jika kita bisa membuat makanan kita sendiri. Aku ingin tahu apa yang kami buat? Secara pribadi, saya akan membuat pizza. Tanaman tampaknya memiliki ide yang tepat karena mereka membuat gula. Proses luar biasa bertanggung jawab untuk segala sesuatu yang kita makan. Itu karena binatang makan tanaman, dan kita makan hewan dan tanaman.

Demikianlah artikel mengenai Sel Tumbuhan, semoga artikel ini tentunya dapat memebrikan manfaat bagi kita semua.[ps]

Tags:


artikel sel tumbuhan, artikel tentang sel, artikel sel hewan, artikel sel, artikel tentang sel tumbuhan, makalah sel tumbuhan, makalah tentang sel hewan, organel sel tumbuhan, artikel struktur sel tumbuhan, makalah tentang sel tumbuhan

Artikel Terkait Dengan: "Artikel Sel Tumbuhan"

Response on "Artikel Sel Tumbuhan"