Trik SNMPTN: Tips Lulus dan Soal Ujian SNMPTN 2012 | Pustaka Sekolah

Home > Pendidikan > Trik SNMPTN: Tips Lulus dan Soal Ujian SNMPTN 2012

Trik SNMPTN: Tips Lulus dan Soal Ujian SNMPTN 2012

June 8th, 2012 2 Comments

Trik SNMPTN: Tips Lulus dan Soal Ujian SNMPTN 2012 – Sahabat Pustakers, pada kesempatan kali ini Pustaka Sekolah akan share mengenai trik atau tips menjawab soal-soal Ujian serta rincian soal Seleksi masuk perguruan Tinggi Negeri tahun 2012 atau SNMPTN 2012. Yup Ujian seleksi tertulis ini akan diadakan pada hari selasa – rabu, 12 – 13 Juni 2012 serentak di seluruh Indonesia. So pasti adok-adik peserta seleksi SNMPTN tahun ini sudah mempersiapkan dari jauh hari untuk menghadapi ujian masuk perguruan tinggi negeri ini. Baik itu atas bimbingan terstruktur oleh tentor-tentor  tempat bimbel adik-adik (bagi yang mengikuti Bimbel) dan juga kepada seluruh peserta SNMPTN sudah pasti punya trik dan tips khusus dalam menjawab Soal ujian SNMPTN ini.

Perlu diketahui bahwa dalam ujian SNMPTN ini beda dengan ujian-ujian yang adik pernah ikuti, misalnya Ujian UN Ujian nasional. kalau test tertulis ini menggunakan sistem pengurangan nilai atau sisrwm denda jika adik-adik salah dalam menjawab.

Rinciannya gini:

  • Benar: Poin +4
  • salah: Poin -1
  • tidak menjawab: poin 0

Jadi Kuncinya jika ingin poinnya tiggi jangan asal menjawab, kalau memang benar-benar tidak diketahui, mendingan dikosongkan saja, yang artinya jika anda mengosongkan, tidak akan mengurangi nilai adik-adik, dan jika adik-adik nekat menjawab dan salah, maka nilai adik-adik akan dikurangi -1 dari jawaban yang benar.

Sebenarnya dalam ujian SNMPTN tidak ada nilai patokan tetap agar lulus SNMPTN. Misalnya pada jurusan Sejarah UNM Makassar, kuota yang diambil dari SNMPTN tertulis 2012 adalah 40 kursi, pendaftar Jurusan sejarah UNM sebanyak 1.000 peserta, maka yang lulus tentunya hanya 40 yang disaring dari 1.000 peserta tadi, dan kriteria yang lulus adalah dicari yang masuk 40 besar nilai tertinggi, diurut dari rangking 1 sampai ke urutan rangking ke-40. nilai tertinggi dari ke 1.000 peserta tadi.

Rincian Soal Ujian SNMPTN 2012

TPA (Tes Potensi Dasar)

  • Tes Potensi Akademik adalah tes yang akan diujikan adalah materi-materi Akademik atau Ilmu pengetahuan yang dipelajari di sekolah.

TBS (Tes Bidang Studi)Prediktif

Tes bidang studi prediktif terdiri dari:

Tes potensi Bidang studi dasar

  • Tes Potensi Bidang Studi dasar terdiri dari matematika dasar, bahasa Indonesia dan bahasa inggris.
  • Tes Bidang Studi IPA (bagi yang memilih Program Studi IPA dan IPC). Tes Bidang Studi IPA terdiri atas mata ujian Matematika, Biologi, Kimia, dan Fisika.
  • Tes Bidang Studi IPS (bagi yang memilih Program Studi IPS dan IPC). Tes Bidang Studi IPS terdiri atas mata ujian Sosiologi, Sejarah, Geografi, dan Ekonomi.

Jadwal Lengkap Ujian SNMPTN 2012

Ujian Tertulis

  • Selasa, 12 Juni 2012: Tes Potensi Akademik dan Tes Bidang Studi Dasar
  • Rabu, 13 Juni 2012: Tes Bidang Studi IPA dan Tes Bidang Studi IPS

Ujian Keterampilan (khusus yang memilih program studi ilmu seni dan ilmu keolahragaan)

  • Ujian Keterampilan dilaksanakan pada tanggal 14 dan/atau 15 Juni 2012.

Demikianlah artikel tentang Trik SNMPTN: Tips Lulus dan Soal Ujian SNMPTN 2012, semoga artikel ini tentunya dapat memberikan manfaat bagi yang membutuhkan.[ps]

Tags:


nilai tertinggi snmptn 2012, tips lulus tes ujian perguruan tinggi negri
Bagikan Tulisan Ini Melalui Tombol di bawah ini:

2 Komentar Pada “Trik SNMPTN: Tips Lulus dan Soal Ujian SNMPTN 2012”

  1. Yan Wisnu says:

    thank's so much

 

Ayo Berkomentar

Rumah Minimalis