Tomcat Serangga Beracun : Cara Menghindari Tomcat


Tomcat Serangga Beracun : Cara Menghindari Tomcat - Sahabat , di Surabaya diberitakan saat ini lagi kena serangan serangga kecil namun mempuyai toksi atau racun yang lebih berbahaya dari bisa Ular Cobra. Serangga berbahaya ini dinamakan Tomcat, nama latinnya adalah Paederus fasciatus.  Di Surabaya hewan kecil berbahaya ini lebih dikenal dengan nama Semut Semai, Semut Kayap atau Charlie. serangga atau kumbang memiliki ciri-ciri sebagai berikut: ukuran kurang daripada 1 cm panjang. Badannya berwarna kuning gelap di bagian atas, bawah abdomen dan kepala berwarna gelap. Bagian tengah abdomen yang berwarna hijau tua mempunyai sepasang sayap keras. Berikut penampakan atau gambar hewan berbahaya Tomcat:

Tomcat Serangga Berbahaya

Serangga Tomcat secara otomatis akan mengeluarkan cairan apabila terjadi sentuhan atau benturan dengan kulit manusia secara langsung. Bisa juga dengan sentuhan tidak langsung melalui handuk, baju atau alat lain yang tercemar oleh racun tomcat tersebut. Itu sebabnya, jika sudah terkena dermatitis otomatis seperti seprei dan uba rampe-nya, handuk maupun alat-alat yang disinyalir terkena racun tomcat harus dibersihkan. Bersentuhan dengan kumbang ini saat merayap atau tidur, menghancurkannya pada badan atau mengosok dengan jari yang kotor akan menyebabkan konjunktivitis dan penyakit kulit yang teruk yang dikenali sebagai ‘:dermatitis linearis’:, ‘aederus (kumbang rove/ staphylinidae) dermatitis, waspadalah …. !!!!!



Cara Mengatasi Tomcat

Serangan Hewan mini berbahaya Tomcat ini memang sangat berbahaya, tapi jangan panik jika menemukan atau badan atau tubuh anda dihinggapi Tomcat, berikut cara mengatasi agar terhindar dari Tomcat:

  • Bila ada tomcat yang hinggap di tubuh, jangan sesekali mencoba mengusir dengan menepuknya. Pasalnya, jika itu dilakukan, tomcat akan mengeluarkan racun.
  • Untuk menjatuhkan tomcat, cukup menggoyangkan bagian badan hingga serangga itu terjatuh. Kemudian barulah menginjaknya hingga mati menggunakan alas kaki. Dengan begitu tomcat tidak akan mengeluarkan toksin-nya.
  • Setelah berhasil dimatikan dengan diinjak, seseorang harus langsung membersihkan noda yang ada di lantai, agar toksin yang ada tidak tersentuh.
  • Jika seseorang sudah terlanjur terkena infeksi sehingga menyebabkan luka, jangan sampai luka yang masih basah terkena sinar matahari. Hal ini dapat menyebabkan bekas hitam dari luka sulit dihilangkan.
  • Bila telanjur kena toksin, segera membilasnya dengan air serta sabun. Baru kemudian gunakan salep anti gatal.
  • Untuk Salep yang direkomendasikan adalah salep Acyclovir 5 persen yang bisa didapatkan di toko obat atau apotek terdekat.

Demikianlah artikel sederhana yang membahas tentang Tomcat Serangga Beracun : Cara Menghindari Tomcat, semoga artikel ini tetunya dapat memberikan informasi bagi kita semua.[ps]



Tags:


serangga beracun, gambar binatang tomcat, tomcat serangga, binatang tomcat, hewan beracun, binatang berbahaya tomcat, obat pengusir tomcat, Serangga yang beracun, hewan tomcat berbahaya, binatang charlie

Artikel Terkait Dengan: "Tomcat Serangga Beracun : Cara Menghindari Tomcat"

Response on "Tomcat Serangga Beracun : Cara Menghindari Tomcat"