Tahun 2012 Seluruh SMA di Sulsel Gratis | Pustaka Sekolah

Home > Pendidikan > Tahun 2012 Seluruh SMA di Sulsel Gratis

Tahun 2012 Seluruh SMA di Sulsel Gratis

May 1st, 2012 1 Comment
Tahun 2012 seluruh SMA di Sulsel Gratis – Sahabat Pustakers, pada kesempatan kali ini, Pustaka sekolah akan mengabarkan mengenai berita gembira terhadap dunia pendidikan di wilayah Provinsi Sulawesi Selatan, betapa tidak, para pengambil kebijakan di daerah ini telah mengambil suatu keputusan yang pro terhadap peningkatan baik kuatitas maupun kwalitas pendidikan di Sulawesi Selatan.
Provinsi yang dipimpin oleh Syahrul Yasin Limpo ini telah mengambil suatu keputusan, yakni akan menggratiskan seluruh tingkat Menengah Atas (SMA/MA/SMK) yang ada diwilayah Sulawesi selatan mulai tahun 2012. Dalam rilis pada situs resmi pemprov Sulsel (www.sulsel.go.id), Pemkab/pemkot Se- Sulawesi Selatan telah menciftakan sebuah kesepakan, kesepakatan itu adalah pada tahun 2012 pendidikan gratis untuk tingkat SMA/MA/SMK sederajat untuk seluruh wilayah kabupaten/Kota di seluruh wilayah administratif Provinsi Sulsel. Adapun sumber pembiayaan bagi Sekolah adalah 50 % dari Pemkab/pemkot dan 50% dari Pemprov.
Tahun 2012 seluruh SMA di Sulsel Gratis
Keputusan untuk menggratiskan pendidIkan tingkat SMA/MA/SMK sederajat di provinsi sulawesi selatan, merupakan keputusan yang strategis. Strategis dalam artian bahwa memang pendidikan mesti diperhatikan oleh pihak yang berwenang, jika menginginkan suatu wilayah atau daerah maju.
Program pendidikan gratis untuk tingkat SMA ini telah tertuang dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2012. Program ini telah disepekati atau disetujui oleh legislator (DPRD) Sulsel dengan payung hukum berupa Peraturan Daerah (Perda) tentang pendidikna gratis no. 4 thn 2009 dan di-break down dalam Pergub Pendidikan Gratis Tingkat SMA No. 1 tahun 2012.
Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan menyiapkan anggaran Rp 80 miliar dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) tahun 2012 untuk menggratiskan pendidikan pada tingkat SMA, SMK dan Madrasah. Meski sudah menyiapkan anggaran.
Meski Pemprov. Sulsel sudah melakukan upaya untuk menggratiskan pendidikan, namun masih ada beberapa kabupaten yang belum sepenuhnya berkomitmen pada Memorandum of Understanding (MoU) yang sudah disepakati terkait dana sharing program pendidikan gratis. Ada tiga kabupaten yang belum maksimal dengan komitmen 60 persen dana sharing pendidikan gratis yaitu
  • Kabupaten Bone,
  • Kabupaten Jeneponto
  • Kabupaten Maros

Pendidkan Gratis Program Sayang

Pendidkan gratis memang adalah salah program Gubernur Sulawesi selatan Syahrul Yasin Limpo dan Wakil Gubernur Agus Arifin Nu’mang. Dan kini pasangang ini kembali akan bertarung pada pemilukada (pilgub) Sulsel 2013. Jadi sudah selayaknya kita yang ingin melihat sulsel maju meilih pasangan Sayang ini. Semoga SYL dan AAN kembali terpilih menjadi gubernur Sulsel periode kedua. Don’t Stop Komandan.

Demikianlah artikel Pustaka Sekolah yang membahas tentang Tahun 2012 seluruh SMA di Sulsel Gratis, semoga artikel ini tentunya dapat memberikan informasi yang bermanfaat bagi kita semua.[ps]

Tags:


APBD DATI 1 SUL-SEL TAHUN 2012, pendidikan gratis untuk tingkat SMK, peraturan gubernur sulsel tentang pendidikan gratis
Bagikan Tulisan Ini Melalui Tombol di bawah ini:

1 Komentar Pada “Tahun 2012 Seluruh SMA di Sulsel Gratis”

  1. Fadhilah Nurinsan Syahrir says:

    berapa besar pendidikan gratis/siswa

 

Ayo Berkomentar

Rumah Minimalis