Sistem Ekonomi Tradisional


Sahabat , kali ini Blog Pustaka sekolah akan berbagi artikel yang membahas mengenai sistem perekonomian, dan secara khusus artikel ini membahas mengenai sistem ekonomi Tradisional. Dalam sistem ekonomi tradsional kegiatan ekonomi masih menggunakan tradisi turun temurun yang berlaku dalam satu masyarakat dan telah menjadi nilai budaya setempat.

Kegiatan produksi dalam sistem perekonomian tradsional dilakukan secara bergotong royong dan bersifat kekeluargaan dengan tujuan memenuhi kebutuhan hidup yang mendasar. Selain itu proses kegiatan produksi masih menggunakan alat milik bersama dan hanya untuk dinikmati secara bersama-sama, belum terpikirkan untuk dijual dan diperoleh keuntungan. Hasil produksi masih bersifat homoge serta belum mengenal tukar menukar secara kredit.

Gambaran lain mengenai sistem ekonomi tradsional dapat dilihat pada ciri-cirinya sebagai berikut.

Kegiatan produksi umumnya mengolah tanah dan mengumpulkan benda yang disediakan alam:



  • alat produksi masih sederhana;
  • sangat tergantung kepada alam;
  • hasil produksi untuk kebutuhan minimal dan bersifat homogen;
  • hasil industri berupa hasil kerajinan tangan;
  • Belum mengenal tukar menukar secara kredit.

Kelebihan Dan Kekurangan Sistem Ekonomi Tradsional

Kelebihan sistem ekonomi tradsional tereltak pada hubungan kekeluargaan yang sangat kuat, tidak mementingkan keutungan secara pribadi, tetapi mengutamakan kepentingan bersama. Sedangkan kelemahannya belum menguasai teknologi sehingga hasil produksi yang dihasilkan tidak maksimal dan kualitasnya relatif rendah.

Contoh Ekonomi Tradisional

Contoh kegiatan ekonomi tradisional antara lain sebagai berikut:

  • mengolah sawah dengan bajak atau cangkul;
  • gotong rotong membangun rumah dan memanen hasil tanaman;
  • menangkap ikan dengan pancing sederhana;
  • industri kerajinan tangan dari rotan dan pandai besi.

Demikianlah artikel Pustaka Sekolah mengenai Sostem Ekonomi Tradisional, semoga artikel ini tentunya dapat memberikan informasi yang bermanfaat bagi yang membutuhkan.[ps]

Tags:


contoh sistem ekonomi tradisional, contoh kegiatan ekonomi tradisional, contoh ekonomi tradisional, sistem ekonomi tradisional, Kegiatan ekonomi tradisional, kegiatan ekonomi tradisional di malaysia, contoh sistem ekonomi, pengertian kegiatan ekonomi tradisional, ekonomi tradisional, contoh kegiatan sistem ekonomi tradisional

Artikel Terkait Dengan: "Sistem Ekonomi Tradisional"

Response on "Sistem Ekonomi Tradisional"