Rumus Konduksi Dan Contoh Soalnya

Rumus Konduksi Dan Contoh Soalnya – Sahabat , pada kesempatan kali ini Pustaka Sekola akan berbagi artikel mengenai Rumus Konduksi dan contoh soalnya. Konduksi diakibatkan oleh tumbukan antar-molekul  penyusun. Ujung Benda panas mengandung molekul yang bergetar lebih cepat. Ketika molekul yang bergetar tadi menumbuk olekul di sekitarnya yang lebih lambat, maka terjadi transfer energi ke molekul di sebelahnya sehingga getaran molekul yang semula lambat menjadi lebih cepat.

Molekul ini kemudian menumbuk molekul lambat di sebelahnya dengan disertai transfer energi. Demikian seterusnya sehingga pada akhirnya energi sampai pada ujung benda yang lainnya. Dalam logam yang mengandung elektron bebas, selain tumbukan antar-ato, maka tumbukan antar-elektron bebas berperan dalam perpindahan panas.

Laju Perpindahan kalor secara konduksi pada sebuah benda yang ujung-ujungnya memiliki T1 dan T2 dapat dinyatakan dengan rumus atau persamaan:



Keterangan:

  • T1= suhu lebih tinggi (Derajat Celcius).
  • T2= suhu lebih rendah (derajat celcius).
  • d= panjang atau tebal benda (m).
  • A= luas penampang benda (m2).
  • k= konduktifitas kalor (J/s m Derajat celcius).

Contoh soal Konduksi

Sumber utama kehilangan  panas dalam ruangan adalah melalui jendela. Misalkan terdapat sebuah jendela yang terbuat dari kaca dengan ukuran 2 m X 1,5 Derajat Celcius, sedangkan suhu di luar ruangan 14 derajat celcius. Hitunglah laju kehilangan panas melalui jendela.

Jawab:

Demikianlah artikel tentang Rumus konduksi dan contoh soalnya, semoga artikel ini dapat memberikan informasi yang bermanfaat bagi kita semua.[ps]

Tags:


rumus konduksi, contoh soal konduksi, rumus perpindahan kalor secara konduksi, contoh soal perpindahan kalor secara konduksi, contoh konduksi, rumus perpindahan kalor, rumus perpindahan panas, rumus perpindahan panas konduksi, rumus perpindahan kalor konduksi, contoh soal perpindahan panas konduksi

Artikel Terkait Dengan: "Rumus Konduksi Dan Contoh Soalnya"

Response on "Rumus Konduksi Dan Contoh Soalnya"