Rasyid Ridha Biografi Tokoh Dunia


Rasyid Ridha Biografi Tokoh dunia – Sahabat , pada kesempatan kal ini Pustaka sekolah akan share artikel biografi tokoh dunia, yang pada kesempatan kali ini akan membahs tokoh islam Dunia Rasyid Ridha.

Syeikh Muhammad Rasyid Ridha, sebagai seorang yang berkecenderungan tradisional begitu percaya dengan lembaga kesultanan Usmani yang menurutnya adalah juga kekhalifahan, walaupun mereka bukan dari keturunan Quraisy dan Arab. Ia tampaknya menutup mata terhadap despotisme kesultanan Usmani. Kekhalifahan Usmani baginya merupakan pranata politik supra nasional yang mewakili nabi pasca Abbasiyah yang mempersatukan umat Islam di berbagai belahan dunia yang perlu dihidupkan dengan tugas untuk mengatur urusan dunia dan agama, suatu pemikiran yang sama persis dengan pemikiran al-Mawardi. Alasannya karena Al-Qur’an, hadis dan ijma’ pun menghendakinya.

Rasyid Ridha Biografi Tokoh Dunia

Tentu saja ahl al-hall wa al-‘aqd, sebagai lembaga pemilih khalifah juga perlu dibentuk. Hanya saja ia lebih maju dibanding pemikir politik Islam klasik yang realis pada masa klasik dan pertengahan, walaupun untuk khalifah menurutnya mesti seorang ahli fiqh yang karenanya untuk mempersiapkannya perlu didirikan lembaga pendidikan tinggi keagamaan, tetapi untuk ahl al-hall wa al-‘aqd anggotanya bukan saja ahli agama yang sudah mencapai tingkat mujtahid melainkan juga pemuka masyarakat dari berbagai bidang.



Selain itu, berbeda dengan pemikir politik sebelumnya, lembaga representatif itu dalam pandangannya juga bertugas mengangkat khalifah, mengawasi jalannya pemerintahan, mencegah penyelewengan khalifah dan perlu menurunkannya jika perlu, sekalipun harus dengan perang atau kekerasan demi kepentingan umum. Meskipun pandangan-pandangan Rasyid Ridha sulit diterima untuk konteks kekinian, di mana Rosenthal menganggapnya berada dalam posisi utopis dan romantis, bagaimanapun Rasyid Ridha telah berhasil memformulasikan tradisi dan merancangkan gagasan dasar bagi para penganjur negara Islam berikutnya.

Ia merupakan penghubung yang penting antara teori klasik tentang kekhalifahan dengan gagasan mengenai negara Islam pada abad ke-20 yang dikembangkan oleh Sayyid Quthb dan al-Maududi. Keduanya telah mengembangkan yang dalam istilah Profesor Majid Khadduri, devine nomocracy (negara hukum Ilahi) atau menurut Istilah Profeser Tahir Azhari Nomokrasi Islam.

Biografi Lengkap Rasyid Ridha

  • Nama Lengkap: Muhammad Rasyid bin Ali Ridha bin Syamsuddin bin Baha’uddin al-Qalmuni, al-Husaini,
  • Nama Syeikh Muhammad Rasyid Ridha,
  • Kelahiran: Qalmun, sebelah selatan kota Tharablas (Tripoli), Syam, 23 September 1865,
  • Wafat: 22 Agustus 1935
  • Kata Mutiara terkenal: Dan derai air mata telah mendahuluiku Akibat rasa takut terhadap-Mu.
  • Kewarganegaraan: Syria
Demikianlah artikel Pustaka Sekolah yang membahas mengenai Rasyid Ridha Biografi Tokoh Dunia, semoga artikel ini dapat memberikan informasi yang bermanfaat bagi yang sedang mencari info diatas.[ps]



Tags:


biografi rasyid ridha, rasyid ridha, biografi muhammad rasyid ridha, rasyid ridha biografi, biografi rasyid ridho, muhammad rasyid ridha biografi, biografi tokoh islam dunia, riwayat hidup rasyid ridha, muhammad rasyid ridho, rasyid ridla biografi

Artikel Terkait Dengan: "Rasyid Ridha Biografi Tokoh Dunia"

Response on "Rasyid Ridha Biografi Tokoh Dunia"