Provinsi Kalimantan Utara | Pustaka Sekolah

Home > Umum > Provinsi Kalimantan Utara

Provinsi Kalimantan Utara

October 26th, 2012 8 Comments

Provinsi Kalimantan Utara Terbentuk – Sahabat Pustakers, pada kesempatan kali ini Pustaka Sekolah akan berbagi artikel memgenai provinsi Termuda Indonesia 2012, yup DPR akhirnya mengesahkan Provinsi ke-34 Indonesia yakni provinsi Kalimantan Utara KALTARA. Pengesahan Provinsi Kalimantan Utara sebagai provinsi baru di Indonesia ini disepakati setelah sebelumnya Komisi II DPR bersama pemerintah (Kemendagri), menggodok Rancangan Undang-Undang Pembentukan Daerah Otonom Baru dalam pembicaraan tingkat I di DPR. Ketua Komisi II DPR, Agun Gunanjar berharap dengan disahkannnya Provinsi Kalimantan Utara, tidak ada lagi pencaplokan pulau oleh negara tetangga, Malaysia.

Setelah sebelumnya Provinsi termuda Indonesia adalah Provinsi Sulawesi Barat (sulbar) maka pada tahun 2012 ini, Provinsi Sulawesi Barat digantikan kedudukannya oleh Provinsi kalimantan Utara. Propinsi Kaltara sendiri mencakup malinau, nunukan, tanah tidung, tarakan dan bulungan.

Detail Provinsi Kalimantan Utara

Kalimantan Utara (Kaltara) dahulu merupakan kawasan Kerajaan Tidung dan Kesultanan Bulungan di Kalimantan Timur yang wilayahnya meliputi 1 kota dan 4 kabupaten, yaitu: Kota Tarakan; Kabupaten Bulungan; Kabupaten Malinau; Kabupaten Nunukan dan Kabupaten Tana Tidung. Sebelumnya Kabupaten Berau merupakan salah satu kabupaten yang ingin bergabung dengan Kalimantan Utara, namun setelah terbentuknya Kabupaten Tana Tidung maka Berau tidak bergabung dengan Kaltara. Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) yang terletak di Kalimantan Timur bagian Utara atau lebih tepatnya di Kalimantan Timur Laut adalah wilayah provinsi termuda ( provinsi ke-34 di Indonesia), hasil pemekaran dari provinsi Kalimantan Timur. Ibukota Provinsi Kaltara akan berkedudukan di Tanjung Selor (Kabupaten Bulungan), dengan luas wilayah sekitar 77.382,78 km2, dan jumlah penduduk sebanyak 610.000 jiwa.(Sensus Penduduk 2011). Berikut ini Detail wiliyah yang bergabung kedalam Provinsi Kaltara:

  • Kabupaten Malinau. Kabupaten Malinau merupakan kabupaten terluas di Kalimantan utara dengan luas 39.799,90 km² serta berpenduduk terkecil kedua setelah Kabupaten Tana Tidung yaitu 62.423 jiwa. Malinau berpusat di Kecamatan Malinau Kota yang berpenduduk sekitas 50% dari jumlah dari jumlah penduduk total. Kabupaten Malinau berada di wilayah pedalaman yang pada umumnya merupakan pemukiman bagi Suku Tidung dan Suku Dayak.
  • Kabupaten Nunukan. Kabupaten Nunukan adalah kabupaten terbesar kedua setelah Kota Tarakan dengan penduduk 140.842 jiwa pada tahun 2010 dengan luas wilayah 14.493 km² yang berpusat di Pulau Nunukan Timur tepatnya di Kecamatan Nunukan. Kabupaten Nunukan merupakan kabupaten yang berbatasan darat maupun laut dengan negara bagian Malaysia yaitu Sabah dan Sarawak.
  • Kabupaten Tana Tidung. Kabupaten Tana Tidung merupakan kabupaten termuda, terkecil serta berpenduduk tersedikit di Kalimantan Utara, yang berada di arus Sungai Sesayap dan berpenduduk 22.503 jiwa pada tahun 2011 dengan luas wilayah 4.828,58 km².
  • Kota Tarakan. Kota Tarakan merupakan pusat perekonomian dan jasa terbesar di wilayah utara Kalimantan Timur dengan jumlah penduduk terbesar 239.787 jiwa pada tahun 2011 di pulau kecil dengan luas 250,80 km² dan kepadatan hampir mencapai 1.000 jiwa per/km². Tarakan juga merupakan pusat transportasi udara maupun laut di Kalimantan Utara, Bandar Udara Juwata merupakan bandar udara berstatus internasional terbesar di wilayah Kalimantan Utara dengan rata-rata penumpang per/tahun mencapai 1 juta penumpang, dan Pelabuhan Malundung juga merupakan pelabuhan terbesar di Kalimantan Utara yang dikelola oleh PT. Pelindo IV. Kota Tarakan juga memiliki beberapa pelabuahan kecil lainnya seperti Pelabuhan Tengkayu I dan II serta Pelabuhan Ferry Juata Laut.
  • Kabupaten Bulungan. Kabupaten Bulungan adalah kebupaten induk bagi semua wilayah di Kalimantan Utara sebelum tahun 1997 yang memekarkan Kota Tarakan dan tahun 1999 memekarkan Kabupaten Malinau dan Kabupaten Nunukan serta tahun 2007 pemekaran terakhir yaitu Kabupaten Tana Tidung. Kabupaten kecil dengan luas 18.010,50 km² dan penduduk 135.915 jiwa pada tahun 2011 serta berpusat di Kecamatan Tanjung Selor. Bulungan juga merupakan daerah yang dicanangkan sebagai ibukota calon provinsi Kalimantan Utara.

Demikianlah artikel mengenai provinsi Kalimantan Utara yang baru terbentuk, semoga artikel ini dapat memberikan informasi yang bermanfaat bagi kita semua.[ps]

Tags:


ibukota kalimantan utara, lagu daerah kalimantan utara, provinsi kaltara, propinsi kalimantan utara, kaltara, ibukota provinsi kalimantan utara, ibu kota kalimantan utara, artikel kalimantan utara, kalimantan utara ibukota, lagu daerah provinsi kalimantan utara
Bagikan Tulisan Ini Melalui Tombol di bawah ini:

8 Komentar Pada “Provinsi Kalimantan Utara”

  1. Semoga menjadi provinsi yang makmur !

  2. Riky Gunawan says:

    wow provinsi baru di indonesia
    keren

  3. kaltara yes hidup sejahtera makin lebih baik lagi bagi masyarakat kalimantan bagian utara terkhusus masyarakat tanjung selor…

Trackbacks/Pingbacks

 

Ayo Berkomentar

Rumah Minimalis