Proses Terjadinya Pelangi | Pustaka Sekolah

Home > Eksakta > Proses Terjadinya Pelangi

Proses Terjadinya Pelangi

April 3rd, 2012 3 Comments

Proses Terjadinya Pelangi – Sahabat Pustakers pada kesempatan kali ini, Pustaka Sekolah akan share mengenai topik proses terjadinya pelangi. pelangi adaah fenomena aam yang begitu fantastis, saking fantastisnya, sampai-sampai banyak lagi yang bertema fenomena alam ini Disamping itu sejak zaman purba manusia sudah mulai penasaran akan pelangi, terbukti dengan banyaknya dongeng mengenai pelangi ini, misalkan pelagi itu adalah tangganya para bidadari dari kayangan yang akan turun ke bumi.

Proses Terjadinya Pelangi

Nah so pasti banyak diantara kita yang belum tau bagaimana proses terjadinya pelangi ini, atas dasar itu Pustaka Sekolah akan share sedikit mengenai proses terjadinya pelangi. Pelangi merupakan salah satu pemandangan indah yang jarang kita lihat. Jika dilihat, bentuk pelangi seperti busur di langit biru yang muncul karena pembiasan dari sinar matahari ketika hujan Kira-kira di mana ya pelangi bisa terlihat.

Biasanya pelangi bisa dilihat di daerah pegunungan atau ketika mendung atau ketika hujan baru berhenti turun. Pelangi merupakan satu-satunya gelombang elektromagnetik yang dapat kita lihat. Ia terdiri dari beberapa spektrum warna. Teman-teman bisa menyebutkan warna apa sajakah yang bisa kita lihat pada pelangi tersebut? Ya, benar, di antara warna tersebut adalah merah, kuning, hijau, biru, jingga, ungu dan sebenarnya ada warna-warna lain yang tidak dapat kita lihat langsung dengan mata.

Warna merah memiliki panjang gelombang paling besar, sedangkan violet memiliki panjang gelombang terkecil. Bagaimana pelangi terbentuk ? Coba kita amati ketika sinar matahari mengenai cermin siku-siku atau tepi prisma gelas, atau permukaan buih sabun, kita melihat berbagai warna dalam cahaya. Apa yang terjadi adalah cahaya putih dibiaskan menjadi berbagai panjang gelombang cahaya yang terlihat oleh mata kita sebagai merah, jingga, kuning, hijau, biru, dan ungu. Panjang gelombang cahaya ini membentuk pita garis-garis paralel, tiap warna bernuansa dengan warna di sebelahnya. Pita ini disebut “spektrum”.

Di dalam spektrum, garis merah selalu berada pada salah satu ujung dan biri serta ungu disisi lain, dan ini ditentukan oleh perbedaan panjang gelombang. Ketika kita melihat pelangi, sama saja dengan ketika kita melihat spektrum. Bahkan, pelangi adalah spketrum melengkung besar yang disebabkan oleh pembiasan cahaya matahari. Ketika cahaya matahari melewati tetesan air, ia membias seperti ketika melalui prisma kaca. Jadi didalam tetesan air, kita sudah mendapatkan warna yang berbeda memanjang dari satu sisi ke sisi tetesan air lainnya. Beberapa dari cahaya berwarna ini kemudian dipantulkan dari sisi yang jauh pada tetesan air, kembali dan keluar lagi dari tetesan air. Cahaya keluar kembali dari tetesan air kearah yang berbeda, tergantung pada warnanya. Dan ketika kita melihat warna-warna ini pada pelangi, kita akan melihatnya tersusun dengan merah di paling atas dan ungu di paling bawah pelangi.

Pelangi hanya dapat dilihat saat hujan bersamaan dengan matahari bersinar, tapi dari sisi yang berlawanan dengan si pengamat. Posisi kita harus berada diantara matahari dan tetesan air dengan matahari dibekalang kita. Matahari, mata kita dan pusat busur pelangi harus berada dalam satu garis lurus.

Demikianlah artikel yang membahas mengenai proses terjadinya pelangi, semoga artikel ini tentunya dapat memberikan informasi yang bermanfaat bagi kita semua.[ps]

Tags:


proses terjadinya pelangi, proses terjadinya pelangi dalam bahasa inggris, siklus pelangi, makalah tentang pelangi, artikel proses terjadinya pelangi, bagaimana proses terjadinya pelangi, makalah proses terjadinya pelangi, terjadinya pelangi dalam bahasa inggris, siklus terjadinya pelangi, terjadinya pelangi
Bagikan Tulisan Ini Melalui Tombol di bawah ini:

3 Komentar Pada “Proses Terjadinya Pelangi”

  1. Rika Ciema TianSandika says:

    kenapa pelangi arah nya slalu keselatan_utra,, knpa nggak timur_barat,,?? tolong d jwab ya… aku pngen tau,,,

  2. nindy says:

    gambarnya tidak ada

 

Ayo Berkomentar

Rumah Minimalis