Persendian Pada Manusia


Persendian Pada Manusia – Sahabat , pada kesempatan kali ini Pustaka Sekolah akan berbagi artikel pendidikan yang berjudul Persendian pada manusia. Tulang yang satu berhubungan dengan tulang  yang lain untuk membentuk rangka tubuh dengan struktur jaringan penyambung yang dinamakan Persedian atau artikulasi. Pada artikulasi ada cairan pelumas yang dinamakan cairan sinoval. Otot dapat dilekatkan pada tulang oleh jaringan ikat yang dinamakan tendon.

Adapun jaringan penghubung antartulang dinamakan ligamen. Berdasarkan pergerakannya, persendian dikelompokkan menjadi sinartrosis, amfiartosis dan diartrosis.

persendian pada manusia

Sinartosis

Sinartrosis adalah persendian yang tidak memungkinkan terjadinya gerakan. Pada persendian ini, tulang-tulangnya dipersatukan oleh serabut jaringan ikat (sinartrosis sinfibrosis) atau oleh tulang rawan hialin (sinartrosis sinkondrosis). Contoh sinartrosis sinfibrosis adalah hubungan antartulang tengkorak, sedangkan contoh sinartrosis sinkondrosis adalah hubungan antatulang vertebrata.

Amfiartrosis

Amfiartrosis adalah persendian tulang dengan gerakan yang sangat terbatas. Contoh amfiartrosis adalah hubungan antartulang rusuk dan tulang dada.



Diartrosis

Diartrosis adalah persendian yang menyebabkan gerakan bebas dan biasanya terjadi pada tulang-tulang panjang dam mriliki mobilitas cukup besar. Ujung-ujung tulang biasanya tertutupi oleh tulang rawan. Selain itu pada ujung tulang terdapat rongga sinovial yang berisi cairan sinovial untuk memudahkan gerakan. Hubungan antartulang tersebut  dibungkus oleh pembungkus jaringan fibrosa. Hubungan diartosis terbagi atas sendi peluru, sendi engsel, sendi putar, sendi pelana dan sendi geser.

Untuk mengetahui secara mendalam mengenai bentuk-bentuk sendi tersebut, silahkan simak detailnya dibawah ini:

  • Sendi Peluru: yaitu persendian yang dapat digerakan ke segala arah. Contohnya: persendian antara gelang bahu dengan tulang lengan atas; persendian antara gelang dan panggul dengan tulang paha.
  • Sendi Engsel:  yaitu persendian yang dapat digerakan kesatu arah. Contohnya: persendian antara tulang paha dengan tulang betis; persendian antara tulang lengan dengan tulang hasta.
  • Sendi Putar: yaitu persendian yang dapat digerakan secara berputar. Contohnya: persendian antara tulang leher dengan tulang atlas; persendian antara hasta dengan tulang pengumpil.
  • Sendi Pelana: yaitu persendian yang dapat digerakan kedua arah. Contohnya: persendian pada ibu jari tangan; persendian antara tulang pergelangan tangan dengan Tulang tapak tangan.
  • Sendi Geser: merupakan persendian yang melibatkan gerakan menggeser, satu tulang meluncur diatas tulang yang lain. Contohnya terdapat pada ruas-ruas tulang belakang.

Demikianlah artikel pustaka sekolah yang membahas mengenai persendian pada manusia, semoga artikel ini tentunya dapat memberikan informasi yang bermanfaat bagi kita semua.[ps]



Tags:


nama otot pada manusia, sinartrosis, sinartrosis adalah, makalah persendian, makalah sendi, amfiartrosis, makalah tentang sendi, pengertian sinartrosis, sendi sinartrosis, perbedaan sinfibrosis dan diartrosis

Artikel Terkait Dengan: "Persendian Pada Manusia"

Response on "Persendian Pada Manusia"