Perangkat Lunak Presentasi


Perangkat Lunak Presentasi – Sahabat , pada kesempatan kali ini Pustaka Sekolah akan share artikel yang berjudul Perangkat Lunak Presentasi. Perkembangan teknologi khususnya teknologi komputer dewasa ini semakin marak. Perusahaan hardware dan software berjalan seiring dengan menerbitkan teknologi baru dan saling berlomba-lomba menghasilkan teknologi terbaru untuk meningkatkan efisiensi dan efektifitas kerja manusia. Pemakaian software yang sebagian merupakan perusahaan komersil menuntut adanya inovasi perkembangan software yang mampu menyederhanakan pekerjaan mereka.

perangkat lunak presentasi

Pertimbangan adanya kebutuhan untuk aktifitas tulis menulis dan surat menyurat mendorong perusahaan software mengeluarkan paket aplikasi pengolah kata atau word processor. Pertimbangan adanya kebutuhan untuk pengolahan data pekerja, produk dan stok barang (inventory) mendorong perusahaan software merilis paket aplikasi software. Pertimbangan adanya kebutuhan untuk pengolahan angka dan pembuatan grafik mendorong perusahaan software merilis paket aplikasi pengolahan angka (spreadsheet). Pertimbangan adanya kebutuhan tim promosi untuk melakukan presentasi profesional mendorong perusahaan software merilis paket aplikasi presentasi.

Microsoft corporatin, sebagaimana telah kita ketahui, telah merilis paket aplikasi MS Office yang berisi pengolah kata (MS Word), pengolah angka (MS Excel) pengolah database (MS Access), dan pengolah dokumen presentasi (MS power point). Sun Microsystem sebagai salah satu pesaing microsoft corporation juga mengeluarkan paket aplikasi perkantoran yang disebut OpenOffice.org yang diantaranya memuat pengolah kata dengan nama writer, pengolah angka dengan nama Calc, serta paket program presentasi yang diberi nama Impress.

Sebuah program aplikasi presentasi merupakan perangkat lunak yang digunakan menampilkan informasi, biasanya dalam bentuk tampilan slide. Ada beberapa tipe presentasi berdasarkan bidang penggunaan, yaitu presentasi profesional (berhubungan dengan dunia kerja), edukasi (berhubungan dengan dunia pendidikan) dan presentasi untuk komunikasi secara umum.



Program presentasi dapat melengkapi atau bahkan menggantikan fungsi berbagai alat bantu seperti pamplet, handout, papan tulis, poster, slide dan transparansi pada OHP. Sebuah slide (halaman) dalam program presentasi dapat berisi objek-objek berupa teks, gambar atau grafis, audio ataupun video. Objek-objek tersebut dapat diatur dalam bentuk slide yang akan menanpilkan secara berurutan atau sesuai keinginan presenter. pergantian anta slide (slide translation) dapat diberi animasi yang menarik.

Keberhasilan microsoft corporation mendominasi transaksi software perkantoran otomatis menjadikan MS Power Point sebagai pilihan utama para konsumennya untuk membuat presentasi. Kemudahan yang ditawarkan MS Power point  cukup membuat nyaman penggunanya sehingga enggan beralih ke software presentasi lain yang mungkin sebenarnya kualitasnya tak lebih rendah.

Selain MS power point dan Impress, dikenal pula beberapa program presentasi lain, seperti PresenterSoft MediaEasy, Superlab, Sell Folio, Visual Communicator, dan Flash Spring. Hampir semua program presentasi memiliki fasilitas standar yang sama. Kemampuan menangani unsur grafis, teks, dan audio video biasanya memiliki setiap program presentasi tersebut. Para pembuat dokumen presentasi komputer biasanya menyesuaikan antara pemilihan program presentasi yang digunakan dan tingkat kerumitan presentasi akan dibuat, terutama terkait dengan pertimbangan harga software.

Sebuah Presentasi komputer juga bisa dibuat menggunakan perangkat lunak multimedia authoring seperti multimedia builder, macromedia flash, macromedia director, atau macromedia authorware. Namun, untuk mmebuat presentasi menggunakan multimedia authoring ini, seorang pengguna haru s menguasai bahasa pemograman tertentu sesuai software tersebut. Untuk membuat presentasi menggunakan macromedia flash, Kita harus menguasai bahasa pemograman pada flash yang dikenal sebagai action script, sedangkan pada macromedia director, kita harus mempelajari dulu bahasa pemograman yang dikenal sebagai lingo script. Begitupula untuk mmebuat presentasi meggunakan multimedia builder atau macromedia authorware kita harus memepelajari duu script-nya.

Menggunakan perangkat lunak multimedia authoring memang tak semudah menggunakan program presentasi secara umum. Namun interaksifitas presentasi dihasilkan oleh software authoring itu bisa jauh lebih luas. Berbagai bentuk media pembelajaran berbasis komputer dalam sebuah CD dapat menggunakan perangkat lunak authoring tersebut.

Demikialah artikel Pustaka Sekolah yang membahas mengenai Perangkat Lunak presentasi, semoga artikel ini tentunya dapat memberikan informasi yang bermanfaat bagi kita semua.[ps]

Tags:


perangkat lunak presentasi, perangkat lunak pengolah presentasi, software presentasi selain powerpoint, software presentasi terbaik, aplikasi presentasi selain powerpoint, program presentasi selain powerpoint, aplikasi presentasi terbaik, program aplikasi presentasi, perangkat lunak untuk presentasi, pengolah presentasi

Artikel Terkait Dengan: "Perangkat Lunak Presentasi"

Response on "Perangkat Lunak Presentasi"