Penyakit Pada Sistem Saraf


Penyakit Pada Sistem Saraf – Sahabat , pada kesmpatan kali ini, Pustaka Sekolah akan share mengenaiPenyakit Pada Sistem Saraf. Sistem saraf pada manusia dapa mengalami kelainan atau penyakit. Penyakit pada sistem saraf.

Penyebabnya dapat berasal dari lingkungan luar atau dari dalam tubuh. Penyebab penyakit pada sistem saraf dapat disebabkan oleh mikroorganisme, seperti bakteri, jamur, tolsoplasma dan virus.

Penyakit Pada Sistem Saraf

Transeksi

Transeksi adalah kerusakan sebagian atau seluruh segmen tertentu dari sumsum tulang belakang. Kerusakan tersebut dapat diakibatkan, misalnya terjatuh atau benturan keras. Apabila sumsum tulang belakang mengalami transeksi pada bagian di dekat kepala, dapat menimbulkan kematian. gangguan pada sumsum tulang belakang dibagian dekat kepala dapat mengganggu saraf-saraf pernapasan. Adapun transeksi pada sumsum tulang belakang bagian bawah, dapat menimbulkan kelumpuhan.

Penyakit Pada Sistem Saraf

Neuritis

Neuritis merupakan peradangan pada saraf. Peradangan ini bisa diakibatkan oleh tekanan, benturan, pukulan, patah tulang, maupun kekurangan vitamin B.

Parkinson

Parkinson merupakan penyakit akibat berkurangnya neurotransmiter dopamin pada basal ganglia (nukleus otak besar). gejala penyakit parkinson adalah tangan gemetar, sulit bergerak, dan kekakuan otot. Parkinson biasanya diderita pada orang yang berusia 40 tahun keatas.



Stroke

Penyakit stroke diakibatkan matinya sel-sel otak akibat terganggunya aliran darah di otak. gangguan aliran darah otak biasanya disebabkan tekanan darah tinggi (hipertensi). Penyakit stroke memiliki gejala yang beragam tergantung beratnya penyakit, misalnya hanya pusing saja, sulit berbicara, pingsang, bahkan sampai kelumpuhan atau kematian.

Epilepsi

Epilepsi adalah suatu penyakit akibat dilepaskannya letusan-letusan listrik (impuls) pada neuron-neuron di otak. Epilipsi dibagi menjadi 3 jenis, yakni grand mal, psikomotor, dan petit mal. Grand mal adalah gangguan pada daerah motoris dan kesadaran sehingga kejang-kejang dan hilang kesadaran. Psikomotor merupakan gangguan pada lobus temporalis sehingga menimbulkan gangguan mental. Adapun Petit Mal adalah gangguan pada hipotalamus sehingga menyebabkan kehilangan kesadaran selama beberapa detik.

Sakit Kepala

Sakit kepala merupakan penyakit yang sering diderita oleh orang banyak. Sakit kepala dapat disebabkan oleh beberapa hal diantaranya:

  • Kelainan pada tempurung, seperti tulor otak;
  • gangguan-gangguan pada pembuluh darah, komposisi darah dan saraf;
  • kelainan pada organ diluar tempurung kepala, seperti sinusitis, gangguan mata, rasang telinga, sakit gigi, dan hidung.
  • pada saat setelah gegar otak;
  • faktor psikologis.

Rabies

Rabies adalah penyakit yang disebabkan oleh virus. Virus tersebut ditularkan oleh air liur hewan melalui gigitan terhadap manusia. Hewan yang biasa menularkan rabies adalah anjing. Anjing yang terkena rabies memiliki gejala gelisah, ganas, sering menggigit, panas, cemas, keluar air ludah, dan kejang-kejang apabila diberi minum. Rabies dapat dicegah dan diobati dengan vaksinasi.

Demikianlah artikel Pustaka Sekolah mengenai Penyakit pada sistem saraf, semoga artikel ini dapat memberikan manfaat bagi kita semua. [ps]



Tags:


penyakit neuritis, neuritis adalah, penyakit pada sistem saraf, pengertian neuritis, penyakit sistem saraf, transeksi, kelainan pada sistem saraf, macam macam penyakit saraf, penyakit pada sistem saraf manusia, penyakit transeksi

Artikel Terkait Dengan: "Penyakit Pada Sistem Saraf"

Response on "Penyakit Pada Sistem Saraf"