Pengertian Sejarah

Pengertian Sejarah – Sahabat Pustakers, Sejarah adalah sebuah alat ampuh dalam melanggengkan kekuasaan, lihatlah Soeharto mampu bertahan selama 32 tahun berkuasa di Indonesia kerena mampu menguasai dan mengendalikan sejarah. Jadi sejarah itu amat penting untuk dipelajari dan dipahami. Lalu apakah sebenarnya pengertian Sejarah?, para ahli telah mngkaji dan mengeluarkan pendapatnya masing-masing tentang definisi sejarah tentu dengan data dan fakta hasil penemuan para ahli ini.

Sejarah jika ditinjau dari sudut etimilogisnya, maka akan dapat didapat sebuah data, bahwa kata SEJARAH itu berasal dari kata Asyajaratun bahasa Arab, yang berarti Pohon Silsilah. Sejarah dalam bahasa Inggris adalah History yang berasal dari bahasa Yunani Istoria atau Historia, Terdapat istilah klasik asal mula kata History atau istoria ini, Dalam terminologi Yunani saat itu muncul istilah Historia Magistra Vitae atau Sejarah adalah Guru yang terbaik, maksudnya sejarah itu merupakan sebuah pengalaman yang akan menjadikan kita bijaksana dan “pintar’ artinya sejarah itu membuat suatu bangsa menjadi arif bijaksana dan tidak akan mengulang kesalahan-kesalahan yang pernah dilakukan oleh para pendahulunya atau kesalahan pada masa lalu.

Sejarah secara sempit adalah sebuah peristiwa manusia yang bersumber dari realisasi diri, kebebasan dan keputusan daya rohani. Sedangkan secara luas, sejarah adalah setiap peristiwa (kejadian). Sejarah adalah catatan peristiwa masa lampau, studi tentang sebab dan akibat. Sejarah kita adalah cerita hidup kita.

Sejarah sangat penting dalam kehidupan suatu bangsa karena:

  • Sejarah merupakan gambaran kehidupan masyarakat di masa lampau
  • Dengan sejarah kita dapat lebih mengetahui peristiwa/kejadian yang terjadi di masa lampau
  • Peristiwa yang terjadi di masa lampau tersebut dapat dijadikan pedoman dan acuan dalam kehidupan bermasyarakat dan berbangsa di masa kini dan yang akan datang
  • Dengan sejarah kita tidak sekedar mengingat data-data dan fakta-fakta yang ada tetapi lebih memaknainya dengan mengetahui mengapa peristiwa tersebut terjadi.

Sejarah Menurut Para Ahli



  • Herodotus : Sejarah tidak berkembang ke arah depan dengan tujuan pasti melainkan bergerak seperti garis lingkaran yang tinggi rendahnya diakibatkan oleh keadaan manusia.
  • Ibnu Khaldun : Dalam bukunya yang berjudul “Mukadimah”, Ibnu Khldun mendefisikan sejarah sebagai catatan tentang masyarakat umat manusia atau peradaban dunia dan tentang perubahan-perubahan yang terjadi pada watak masyarakat.
  •  W.J.S. Poerwadarminta : Dalam bukunya berjudul ” Kamus Umum Bahasa Indonesia”. Poerwadarminta mengutarakan 3 pengertian. Yaitu: Sejarah adalah kesustraan lama, silsilah, dan asal-usul; Sejarah adalah kejadian dan perisiwa yang benar-benar terjadi pada masa lampau; Sejarah adalah ilmu pengetahuan tentang masa lampau.
  • Moh. Ali : Dalam bukunya ‘ Pengantar Ilmu Sejarah Indonesia”, Moh. ali menegaskan bahwa kata sejarah mengandung arti sebagai berikut: Sejumlah perubahan-perubahan, kejadian-kejadian, dan peristiwa dalam kenyataan disekitar kita.; Cerita tentang perubahan, kejadian dan peristiwa yang merupakan realitas. Ilmu yang bertugas menyelidiki perubahan, kejadian, peristiwa yang merupakan realitas.
  • Taufik Abdullah : Menurutnya sejarah adalah kejadian masa lampau dan cerita tentang kejadian itu.
  •  Sartono Kartodirdjo : Gambaran perkembangan dan kehidupan kebudayaan manusia.
  • Kuntowijoyo : Sejarah menyuguhkan fakta secara diakronis, ideografis, unik, dan empiris. Bersift diakronis karena berhubungan dengan waktu. Sejarah bersifat ideografis karena sejarah menggambarkan, menceritakan sesuatu. Bersifat unik karena berisi hasil penelitian tentang hal unik. Selain itu juga bersifat empiris artinya sejarah bersandar pada pengalaman manusia yang sungguh-sungguh.

Kesimpulan Pengertian Sejarah

Seperti yang disinggung sebelumnya,  sejarah itu sangat urgent untuk di kaji, dipelihara dan diluruskan, karena jika sejarah itu jatuh ketangan “penguasa Jahat” maka akibatnya fatal, sang penguasa dapat memegang kekuasaan secara sewenang-wewang tentu saja dengan cara mengendlikan dan mengarahkan sejarah sesuai dengan selera penguasa.

Tapi jika telah mengerti hakikat dari pengertian sejarah, maka niscaya sejarah itu akan berjalan sesuai dengan hakikat dari sejarah itu sendiri.

Kesimpulan pengertian sejarah kita dapat definiskan sebagai berikut, Sejarah adalah ilmu yang khusus mempelajari kejadian masa yang telah terjadi yang dilakukan oleh aktifitas manusia sesuai dengan keadaan yang sebenarnya atau kejadian yang sebenarnya.

Okk Demikan sedikit artikel mengenai pengertin sejarah, semoga artikel ini memberikan informasi yang bermanfaat bagi kita semua.[ps]

Click Me!

Tags:


pengertian sejarah, Pengertian sejarah menurut Kuntowijoyo, pengertian diakronis, sejarah bersifat empiris, pengertian sejarah berdasarkan bahasa inggris, kesimpulan pengertian sejarah, arti historia vitae magistra, sejarah bersifat empiris artinya, gambar sejarah, ilmu sejarah bersifat empiris

Artikel Terkait Dengan: "Pengertian Sejarah"

Response on "Pengertian Sejarah"