Pengertian Presentasi


Pengertian Presentasi – Sahabat , pada kesempatan kali ini Pustaka Sekolah akan berbagi artikel komunikasi yang berjudul pengertian Presentasi. Presentasi merupakan salah satu bentuk komunikasi. Presentasi dapat diartikan sebagai kegiatan pengajuan suatu topik, pendapat ataupun informasi kepada orang lain. Dalam sebuah presentasi terdapat beberapa unsur pokok, diantaranya adalah:

  • pihak yang melakukan presentasi disebut presenter;
  • peserta presentasi atau audiens juga disebut audience;
  • media atau perangkat presentasi.

pengertian presentasi

Presenter dapat berarti seorang pembaca siaran berita TV (mengajukan informasi), seorang guru kelas (mengajukan materi pelajaran), ataupun seorang sales pemasaran (mengajukan suatu produk). Jika yang bertindak sebagai presenter adalah pembaca berita TV, peserta presentasi tersebut adalah para pemirsa televisi yang menonton saluran televisi tersebut, sedangkan media prentasinya adalah siaran TV. Jika yang bertindak sebagai presenter adalah seorang guru kelas, peserta presentasinya adalah para siswa, sedangkan media presentasinya adalah berupa papan tulis (whiteboard dengan spidol), buku pelajaran, handouts ataupun slide OHP (overhead projektor). Jika yang bertindak sebagai presenter adalah seorang sales pemasaran, peserta presentasinya adalah calon konsumen atau pembeli, sedangkan media presentasinya dapat berupa media tertulis (brosur, leaflet, dll) ataupun media visual lainnya (OHP, LCD).

Seorng pembaca berita dan seorang guru dalam presentasinya berusaha menyampaikan informasi sejelas mugkin agar mudah dipahami oleh peserta. Tujuan dari presentasi yang dilakukan seorang pembaca berita TV dan seorang guru adalah dipahaminya informasi yang disampaikan dengan menghindari salah persepsi. Dalam hal ini mungkin presenter tidak terlalu jauh mempengaruhi emosi peserta presentasi. Dipahaminya informasi dengan baik dan benar oleh peserta sudah menandakan suksesnya presentasi yang dilakukan.



Presentasi yang dilakukan seorang oleh seorang sales pemasaran sedikit berbeda tujuannya. Memang, dipahaminya informasi secara baik dan benar oleh peserta merupakan tanda akan suksesnya sebuah presentasi. Namun presentasi yang dilakukan seorang sales produk memiliki tujuan lebih dalam lagi. Presentasi yang dilakukannya harus mampu mempengaruhi peserta secara emosional sehingga berkeinginan membeli atau memakai produk yang ditawarkan dalam presentasi itu, ada beberapa hal yang dapat dianalogikan dengan presentasi seorang sales produk, seperti presentasi proposal siswa dihadapan dewan sekolah untuk memndapatkan dana kegiatan atau presentasi seorang pengusaha dihadapan para investor atau penanam modal.

Sebuah presentasi akan berhasil jika presenter menguasai materi dan topik yang disajikannya. Selain keterampilan berkomunikasi, adanya media dan peralatan yang baik dapat memdukung keberhasilan presentasi yang dilakukan. Tulisan yang menarik, gambar yang bagus, serta penyajian yang jelas dan tidak membosankan merupakan unsur-unsur yang menentukan keberhasilan presentasi.

Jenis-jenis presentasi

Berdasarkan sifat interaksi antara pihak yang melakukan presentasi dan pesertanya, presentasi dapat kita kelompokkan menjadi dua macam, yaitu:

  • Presentasi langsung: presentasi langsung jika presenter dan peserta dapat berkomukasi secara langsung contoh presentasi langsung adalah proses KBM di sekolah, guru dan siswa bertatap muka secara langsung, sehingga peserta dimungkinkan untuk bertanya pada presenter / guru dn presenter dapat segera langsung mmeberi jawaban.
  • Presentasi Tidak langsung: Sebuah presentasi dikatakan tidak langsung jika peserta tidak langsung bertemu dengan presenter dalam sudah kelas atau forum. Media cetak seperti koran, tabloid dan majalah adalah contoh presentasi tidak langsung.

Disamping penklasifikasian presentasi diatas kita juga dapat mengelopmpkkan atau mengklasifikasikan presentasi berdasarkan sifat medianya menjadi presentasi audio, presntasi visual dan presentasi audio-visual.

Demikianlah artikel yang berjudul Pengertian Presentasi, semoga artikel ini tentunya dapat memberikan manfaat  bagi kita semua.[ps]



Tags:


pengertian presentasi, unsur pokok presentasi, Unsur pokok dalam presentasi, definisi presentasi, arti presentasi, pengertian presenter, presentasi langsung dan tidak langsung, presentasi langsung, perbedaan presentasi langsung dan tidak langsung, contoh presentasi langsung

Artikel Terkait Dengan: "Pengertian Presentasi"

Response on "Pengertian Presentasi"