Pengertian Negara

Pengertian Negara – Sahabat Pustakers, pada kesempatan kali ini, Pustaka Sekolah akan mengupas sedikit mengenai Definisi atau pengertian negara. Negara secara etimologi berarti Staat bahasa Belanda dab Jerman dan state bahasa Inggris. Kata Staat atau state berasal dari bahasa latin, yaitu status atau statuni, yang berarti menenpatkan dalam keadaan berdiri, membuat berdiri, dan menempatkan. kata status juga dapat diartikan sebagai suatu keadaan yang menunjukkan sifat atau keadaan tegak atau tetap.

Dalam hubungan debgab uraian diatas, Kansil [1978] menyatakan bahwa “negara adalah suatu organisasi kekuasaan dari pada manusia-manusia [masyarakat] dan merupakan alat yang akan digunakan untuk mencapai tuuan bersama.

Konsep dan pengertian negara sebagai organisasi kekuasaan di pelopori oleh J.H.A Logemaan dalam buku Over De Theorie Van Een Stelling Staadrecht, yaitu keberadaan negara bertujuan untuk mengatur dan menyelenggarakan masyarakat yang dilengkapi dengan kekuasaan tertinggi. Pengertian tersebut menempatkan negara sebagai organisasi kekuasaan. pandangan seperti ini kemudian diikuti oleh harold J. Laski, Max Weber dan Leon Duguit. Dalam pengertian luas, negara merupakan kesatuan sosial atau masyarakat yang diatur secara konstitudional untuk mewujudkan kepentingan bersama.

Pengertian Negara menurut Para Ahli

Berikut dikemukakan mengenai pengertian negara dari pendapat beberapa pakar atau ahli, antara lain:

George Jellinek

Negara adalah organisasi yang dilengkapi dengan suatu kekuatan yang asli yang didapat bukan dari suatu kekuatan yang ebih tinggi derajatnya.

Harold J laski

Negara adalah suatu masyarakat yang diintegrasikan karena mempunyai wewenang yang bersifat memaksa dan secara sah lebih agung daripada individu atau kelompok yang merupakan bagian dari masyarakat



Mac Iver

Negara adalah asosiasi yang menyelenggarakan penertiban di dalam suatu masyarakat dalam suatu wilayah dengan berdasarkan sistem hukum yang diselenggarakan oleh suatu pemerintahan yang untuk maksud tersebut diberi kekuasaan memaksa.

John Locke & Rousseau

Negara adalah suatu badan atau organisasi hasil dari pada perjanjian masyarakat

Max Weber

Negara adalah suatu masyarakat yang mempunyai monopoli dalam penggunaan kekerasan fisik secara sah dalam suatu wilayah

Roger F Soltau

Negara adalah alat (agency) atau wewenang (autghority) yang mengatur atau mengendalikan persoalan-persoalan bersama atas nama masyarakat

Miriam Budiarjo

Negara adalah suatu daerah teritorial yang rakyatnya diperintah oleh sejumlah pejabat dan yang berhasil menuntut dari warga negaranya ketaatan pada peraturan perundang-undangannya melalui penguasaan (kontrol) monopolist dari kekuasaan yang sah.

R. Jokosoetomo

Negara ialah suatu organisasi manusia atau kumpulan manusia yang berada di bawah suatu pemerintahan yang sama.

Soenarko

Negara ialah organisasi masyarakat yang mempunyai daerah tertentu dimana kekuasaan negara berlaku sepenuhnya sebagai suovereign atau kedaulatan.

Dari beberapa uraian pendapat para ahli mengenai negara tersebut, dapat ditarik suatu kesimpulan tentang pengertian negara, Negara adalah organisasi yang didalamnya harus ada rakyat, wilayah yang definitif atau permanent dan pemerintahan yang berdaulat, baik berdaulat kedalam maupun berdaulat ke luar. Dalam konteks organisasi kekuasan, di dalam negara terdapat suatu mekanisme atau tata hubungan kerja yang mengatur suatu kelompok manusia atau rakyat agar berbuat, atau bersikap sesuai kehendak negara.

Demikan sedikit artikel mengenai pengertian negara, semoga artikel ini dapat memberikan informasi yang bermanfaat bagi kita semua.[ps]

Click Me!

Tags:


pengertian negara, jeLaskan pengertian negara, Pengertian negara secara etimologi, pengertian negara menurut para ahli, Pengertian negara menurut etimologi, Pendapat George Jellinek, pengertian negara menurut leon duguit, kesimpulan pengertian negara, pengertian negara menurut harold j laski, jelaskan tentang pengertian negara menurut Harold J Laski

Artikel Terkait Dengan: "Pengertian Negara"

Response on "Pengertian Negara"