Pengertian Makanan

Sahabat , pada kesempatan kali ini Pustaka Sekolah akan berbagi artikel mengenai pengertian atau definisi Makanan.  Makanan dapat diartikan sebagai semua zat yang dapat digunakan dalam metabolisme atau faal dan atau untuk memperoleh energi. Agar dapat digunakan dalam proses metablisme atau faal, makanan harus disedehanakan terlebih dahulu sehingga nanyinya makanan akan berwujud molekul zat yang paling kecil yang dapat diserap oleh sel-sel tubuh. Proses penyederhanaan ini disebut proses pencernaan.

Agar tubuh kita tetap sehat, makanan harus mengandung semua zat yang dibutuhkan oleh sel-sel tubuh. Dengan kata lain makanan harus mengandung gizi yang baik. Makanan bergizi yang kita butuhkan harus mengandung beberapa zat, yaitu karbohidrat, protein, lemak , garam mineral, viyamin dan air.

Karbohidrat

Karbohidrat merupakan senyawa yang mengandung unsur C, H dan O. Semua makanan yang mengandung tepung, pada dasarnya terdapat karbohidrat di dalamnya. Zat makanan ini dalam tubuh kita akan diubah mernjadi zat gula, yaitu glukosa. Selain sebagai sumber energi, karbohidrat dapat dipakai sebagai bahan pembentuk prtein dan lemak. Untuk mengetahui apakah suatu bahan makanan mengandung karbohidrat, dapat dilakukan uji dengan menggunakan larutan yodium atau lugol sebagai indikatornya. Bahan makanan yang mengandung karbohidrat, bila ditetesi lugol akan berubah menjadi berwarna biru tua kehitaman.



Protein

Protein sering juga disebut sebagai zat pembangun. Protein merupakan satu-satunya zat makanan yang mengandung nitrogen. Zat makanan inni sangat dibutuhkan untik pertumbuhan tubuh dan penggantian sel-sel tubuh yang rusak. Selain itu protein juga dapat dipecah menjadi energi. Untuk mengetahui apakah bahan makanan itu mengandung Protein, dapat dilakukan uji dengan menggunakan larutan biuret sebagai indikatornya. Bahan makanan yang mengandung protein, bila ditetesi biuret akan berubah menjadi berwarna ungu.

Lemak

lemak merupakan bahan makanan penghasil energi terbesar. Zat makanan ini juga berfungsi untuk melindungi alat-alat tubuh dengan membentuk bantalan lemak dan pelindung tubuh dari suhu yang rendah. Untuk mengetahui apakah suatu bahan makanan mngandung lemak, dapat dilakukan uji dengan menggunakan kertas tipis sebagai indikatornya. Bahan makanan yang mengandung lemak, bila dioleskan pada kertas dan dibiarkan kering, akan tampak tembus pandang bila diterawang.

Garam Mineral

Garam mineral dan vitamin dibutuhkan dalam jumlah sedikit. Meskipun demikian zat ini juga berepran penting dalam pembangunan tubuh dan kelancaran proses metabolisme. macam garam mineral dan vitamin ternyata sangat banyak. Contoh garam mineral dan vitamin ternyata sangat banyak. Contoh garam mineral, misalnya: zat kapur (Ca), zat Fosfor (P), Zat besi (Fe), fluor (F), iodium (I), natrium (Na), belerang (S), klor (Cl), tembaga (Cu) dan Seng (Zn).

Vitamin

Vitamin dikelompokkan menjadi dua. Ada vitamin yang larut dalam air dan ada vitamin yang larut dalam lemak. Contoh vitamin yang larut dalm air adalah vitamin B dan vitamin C. Sedangkan vitamin yang larut dalam lemak adalah vitamin A, vitamin D, vitamin E dan vitamin K.

Demikianlah artikel Pustaka Sekolah yang membahas mengenai Pengertian Makanan, semoga artikel ini tentunya dapat memberikan informasi yang bermanfaat bagi kita semua.[ps]

Tags:


pengertian makanan, definisi makanan, pengertian makan, Pengertian lugol, arti makanan, artikel pengertian bahan makanan, pengertian bahan makanan, defenisi makanan, Definisi makan, arti lugol

Artikel Terkait Dengan: "Pengertian Makanan"

Response on "Pengertian Makanan"