Pengertian Konstitusi

Friday, December 25th, 2015 - PKn
Advertisement

Pengertian Konstitusi – Sahabat Pustakers pada kesempatan kali ini Pustaka Sekolah akan Share Artikel mengenai Pengertian Konstitusi Lengkap, Yup artikel ini berlabel PKn. Terdapat dua istilah terkait dengan norma atau ketentuan dasar dalam kehidupan kenegaraan dan kebangsaaan. Kedua istilah tersebut adalah konstitusi dan UUD. Pengertian Konstitusi menurut Miriam Budiarjo, Konstitusi adalah suatu piagam yang menyatakan cita-cita bangsa dan merupakan dasar organisasi kenegaraan suatu bangsa. Pengertian Konstitusi dalam bahasa latin, kata konstitusi merupakan gabungan dua kata, yakni “cume” berarti bersama dengan dan kata “statuere” berarti membuat sesuatu agar berdiri sendiri atau mendirikan, menetapkan sesuatu. Pengertian Konstitusi dalam bahasa Inggris memiliki makna yang lebih luas dari UUD, yakni keseluruhan dari peraturan-peraturan baik yang tertulis maupun tidak tertulis yang mengatur secara mengikat cara-cara bagaimana suatu pemerintahan diselenggrakan dalam suatu masyarakat. Dari pengertian konstitusi di atas, kemudian dapat kita simpulkan bahwa Pengertian Konstitusi adalah kumpulan kaidah yang memberikan pembatasan kekuasaan kepada penguasa, dokumen tentang pembagian tugas dan wewenaangnya dari sistem politik yang ditarapkan, dan deskripsi yang menyangkut masalah HAM (Hak Asasi Manusia).

konstitusi

Berbicara mengenai tujuan konstitusi, tujuan konstitusi yaitu :

  • tujuan konstitusi untuk membatasi tindakan sewenang-wenang pemerintah,
  • tujuan konstitusi menjamin hak-hak rakyat yang diperintah,
  • tujuan konstitusi menetapkan pelaksanaan kekuasaan yang berdaulat.

Hakikat konstitusi Menurut Bagir Manan merupakan perwujudan paham tentang konstitusi atau konstitusionalisme, yaitu pembatasan terhadap kekuasaan pemerintah di satu pihak dan jaminan terhadap hak-hak warga negara maupun setiap penduduk di pihak lain.

Menurut Sri Soemantri terdapat tiga materi muatan pokok dalam konstitusi, yaitu : (1) jaminan hak hak asasi manusia, (2) susunan ketatanegaraan yang bersifat mendasar dan (3) pembagian dan pembatasan kekuasaan.

Paham konstitusi demokratis menjelaskan bahwa isi konstitusi meliputi :

  • Anatomi kekuasaan (kekuasaan politik) tunduk pada hukum.
  • Jaminan dan perlindungan terhadap hak hak asasi manusia.
  • Pertanggungjawaban kepada rakyat (akuntabilitas publik) sebagai sendi utama dari asas kedaulatan rakyat.

Keempat cakupan isi konstitusi di atas merupakan dasar utama bagi suatu pemerintahan yang konstitusional. Namun indikator suatu negara atau pemerintahan disebut demokratis tidak tergantung pada konstitusinya. Sekalipun konstitusi sudah menetapkan prinsip-prinsip dan aturan yang disebutkan di atas, namun jika tidak diimplementasikan dalam praktik penyelenggaraan tata pemerintahan, maka ia belum bisa dikatakan sebagai negara yang konstitusional atau menganut paham konstitusi demokrasi.[ps]

Tags:

PENGERTIAN KONSTITUSI, rumuskan makna konstitusi menurut pendapatmu, Rumuskan makna konstitusi, rumusan makna konstitusi, bagaimanakah konstitusi bersifat kaku, jelaskan 3 pengertian konstitusi dan berikan contohnya, jelaskan pengertian konstitusi, kata konstitusi secara etimologis berasal dari bahasa belanda yaitu, pengertian Konstitusi secara etimologis, hasil produk konstitusi adalah, arti konstitusi, konstitusi adalah, konstitusi dikatakan kaku apabila, contoh konstitusi, pengertian konstitusi negara, hasil produk konstitusi, istilah konstitusi dalam bahasa inggris, pengertian konstitusi menurut oliver cromwell, pengertian konstitusi secara etimologi, bagaimana konstitusi bersifat kaku
Advertisement
Pengertian Konstitusi | admin | 4.5