Pengertian Ilmu Sejarah

Pengertian Ilmu Sejarah – Pengertian sejarah dalam hal ini mengacu kepada ketrurunan, asal-usul, riwayat, atau silsilah raja-raja yang secara sekilas tampak seperti gambar pohon. Olehnya itu, sejarah dapat diartikan sebagai cerita atau kisah tentang silsilah raja-raja pada masa lampau. kata sejarah dari bahasa arab inilah yang kemudian diserap ke dalam bahasa Indonesia. Pengertian Ilmu Sejarah.
Orang Indonesia mengartikan sejarah tidak begitu berbeda jauh dari terjemahan beberapa bahasa asing itu. dalam KBBI (Kamus besar bahasa Indonesia) sejarah diartikan sebagai: silsilah, asal-usil atau ketrunan; kejadian dan peristiwa yang benar-benar terjadi pada masa lampau; riwayat; dan tambo.
Sejarah merupakan sebuah kausalitas atau sebab akibat. kausalitas karena setipa peristiwa yang terjadi pasti ada yang melatarbelakangi atau menyebabkan. Peristiwa yang sudah terjadi tersebut menyebabkan terjadinya peristiwa selanjutnya atau yang akan datang. Contoh, munculnya pergerakan nasional Indonesia (Akibat) disebabkan dan dipengaruhi oleh pemberlakuan politik etis dan munculnya paham-paham atau idiologi baru (sebab) .

Definisi Sejarah Menurut Para Ahli



  • Pengertian Sejarah Menurut “Bapak Sejarah” Herodotus. Sejarah ialah satu kajian untuk menceritakan suatu perputaran jatuh bangunnya seseorang tokoh, masyarakat dan peradaban.
  • Pengertian Sejarah Menurut Aristotle. Sejarah merupakan satu sistem yang meneliti suatu kejadian sejak awal dan tersusun dalam bentuk kronologi. Pada masa yang sama, menurut beliau juga Sejarah adalah peristiwa-peristiwa masa lalu yang mempunyai catatan, rekod-rekod atau bukti-bukti yang konkrit.
  • Pengertian Sejarah Menurut Shefer. Sejarah adalah peristiwa yang telah lalu dan benar-benar berterjadi.
  • Pengertian Sejarah Menurut M Yamin. Sejarah adalah ilmu pengetahuan dengan umumnya yang berhubungan dengan cerita bertarikh sebagai hasil penfsiran kejadian-kejadian dalam masyarakat manusia pada waktu yang telah lampau atau tanda-tanda yang lain.
  • Pengertian Sejarah Menurut  Robert V. Daniels. Sejarah adalah memori pengalaman manusia.
  • Pengertian Sejarah Menurut J. Banks. Semua peristiwa masa lalu adalah sejarah (sejarah sebagai aktualitas). Sejarah dapat membantu siswa untuk memahami perilaku manusia dalam, tujuan masa kini dan masa depan yang baru (untuk studi sejarah).
  • Pengertian Sejarah Menurut Gustafson, 1955. Sejarah merupakan puncak gunung pengetahuan manusia dari mana perbuatan generasi kita mungkin scan dan dipasang ke dalam dimensi yang tepat .
  • Pengertian Sejarah Menurut R. G. Collingwood. Sejarah ialah sebuah bentuk penyelidikan tentang hal-hal yang telah dilakukan oleh manusia pada masa lampau.
  • Pengertian Sejarah Menurut Patrick Gardiner. sejarah sebagai ilmu yang mempelajari apa yang telah diperbuat oleh manusia.
  • Pengertian Sejarah Menurut Drs. Sidi Gazalba. sejarah sebagai masa lalu manusia dan seputarnya yang disusun secara ilmiah dan lengkap meliputi urutan fakta masa tersebut dengan tafsiran dan penjelasan yang memberi pengertian dan kefahaman tentang apa yang berlaku.
  • Pengertian Sejarah Menurut E.H. Carr dalam buku teksnya What is History. Sejarah adalah dialog yang tak pernah selesai antara masa sekarang dan lampau, suatu proses interaksi yang berkesinambungan antara sejarawan dan fakta-fakta yang dimilikinya.
  • Pengertian Sejarah Menurut Muthahhari. ada tiga cara mendefinisikan sejarah dan ada tiga disiplin kesejarahan yang saling berkaitan, yaitu: a. sejarah tradisional (tarikh naqli) adalah pengetahuan tentang kejadian-kejadian, peristiwa-peristiwa dan keadaan-keadaan kemanusiaan di masa lampau dalam kaitannya dengan keadaan-keadaan masa kini; b. sejarah ilmiah (tarikh ilmy), yaitu pengetahuan tentang hukum-hukum yang tampak menguasai kehidupan masa lampau yang diperoleh melaluipendekatan dan analisis atas peristiwa-peristiwa masa lampau; c. filsafat sejarah (tarikh falsafi), yaitu pengetahuan tentang perubahan-perubahan bertahap yang membawa masyarakat dari satu tahap ke tahap lain, ia membahas hukum-hukum yang menguasai perubahan-perubahan ini. Dengan kata lain, ia adalah ilmu tentang menjadi masyarakat, bukan tentang mewujudnya saja.

Sejarah juga merupakan sebuah kontinuitas atau kesinambungan, Artinya, peristiwa-peristiwa sejarah akan berlangsung terus-menerus tanpa pernah berhenti atau keterputusan hubungan. Contohnya masa pra-aksara dilanjutkan dengan masa aksara, masa Hindu-Buddha, nasa Islam, masa kolonial, masa kemerdekaan, masa orde lama, masa orde baru dan masa reformasi. Pengertian ilmu sejarah.
Sejarah merupakan rentetan waktu dari masa lalu, masa kini dan masa mendatang yang saling mempengaruhi dan berkesinambungan. Sejarah ada sejak manusia itu ada atau hidup di muka bumi ini. jadi sejarah dimulai sejak zaman manusia purba yang belum mengenal tulisan sampai zaman atau era digital sekarang ini. Demikianlah Pengertian Ilmu Sejarah.

Tags:


konsep pra aksara dalam kajian keilmuan, fakta masa aksara dan masa islam, mendeskripsikan konsep pra aksara dalam kajian keilmuan, energi alternatif dan manfaatnya, perbedaan antara masa praaksara masa hindu budha masa islam, perbedaan masa praaksara masa hindu budha masa islam, apa perbedaan masa praaksara masa hindu -buddha masa islam, perbedaan masa praaksara masa hindu masa islam, perbedaan masa praaksara dan masa aksara, Perbedaan masa praaksara masa Hindu-Budha masa islam

Artikel Terkait Dengan: "Pengertian Ilmu Sejarah"

Response on "Pengertian Ilmu Sejarah"