Pengertian Haloalkana

Pengertian Haloalkana – Sahabat Pustakers, pada kesempatan kali ini, pustaka sekolah akan berbagi tentang materi pelajaran kimia, yakni pengertian haloalkana. Senyawa haloalkana merupakan turunan alkana yang satu atau lebih H-nya digantikan oleh atom halogen. Secara umum, rumus senyawa haloalkana dapat dituliskan sebagai berikut.



Tata nama senyawa Haloalkana

Pada prinsipnya, penamaan untuk senyawa haloalkana sama dengan senyawa turunan alkana adalah sebagai berikut:

  • Tentukan rantai C terpanjang yang mengandung halogen.
  • Tetapkan ato C nomor satu (C1) dengan nomor posisi atom halogen sekecil mungkin. Jika atom halogen yang diikat lebih dari satu, nomor posisi atom halogen yang lebih reaktif diberi nomor lebih kecil. Urutuan kereaktifan atom halogen adalah: F > Cl > Br > I.
  • Jika terdapat lebih dari satu halogen yang sama, atom halogen ersebut diberi awalan sebagai berikut: X=2 (di); X=3 (tri); X=4 (tetra). Untuk X=1, senyawanya disebut juga monohaloalkana untuk alkil halida.
  • Cara penulisan nama halogen sama dengan penulisan nama alkil, yaitu ditulis di awal. Jika terdapat lebih dari satu halogen yang berbeda, penulisan diurutkan berdasarkan abjad, yaitu bromo (b), kloro (c dari chloro), dan iodo (i).

Contoh :

Demikianlah artikel mengenai pengertian haloalkana, semoga artikel yang bertopik pelajaran kimia ini dapat memberikan manfaat bagi yang membutuhkan.[ps]

Click Me!

Tags:


haloalkana, pengertian haloalkana, halo alkana, senyawa haloalkana, kegunaan haloalkana dalam kehidupan sehari-hari, kegunaan haloalkana, makalah haloalkana, penamaan haloalkana, contoh haloalkana, rumus bangun haloalkana

Artikel Terkait Dengan: "Pengertian Haloalkana"

Response on "Pengertian Haloalkana"