Pengertian Agronomi


Pengertian Agronomi Sahabat Pustakers, pada kesempatan kali ini Pustaka Sekolah akan berbagi artikel mengenai Definisi pengertian Agronomi. Agronomi adalah ilmu yang mempelajari tentang budidaya tanaman, dimana dengan ilmu ini setiap siswa diharapkan mampu menguasai dan menjiwai bagaimana membudidayakan tanaman dengan baik untuk mendapatkan hasil yang baik pula.

Yang diharapkan bagi siswa yang mempelajari agronomi adalah, siswa mampu menguasi proses budidaya tanaman pangan, hortikultura dari proses pembibitan, perawatan tanaman dan produksi.

Dengan ilmu Agronomi maka setiap siswa diharapkan mengenal berbagai jenis Gulma dan Hama yang bisa menjadi pengganggu tanaman dan produksi tanaman. inilah yang disebut budidaya, yaitu menanam – perawatan dan produksi.

agronomi

Bagi siswa yang ingin menggeluti dunia Agrobisnis akan banyak peluang usaha yang bisa ditempuh secara mandiri maupun ingin terlibat di dunia kerja : Departemen Pertanian dan Kehutanan adalah instansi pemerintah yang banyak membutuhkan ahli agronomi, Perkebunan, Pembibitan, pengembangan benih dan anda bisa usaha mandiri di bidang pertanian dengan teknologi terkini.



Pada umumnya, tingkat agronomi terkait dengan tingkat pengetahuan petani masa itu, relefansi demikian berwujud suatu kesadaran untuk melaksanakan tindak agronomi. Tingkat awal dari tindak agronomi di mulai dari menetapnya seorang peladang penghuni suatu areal disekitar rumahnya peladang tersebut. Memenam tanaman secara lebih intensif.

Tindak agronomi yang sempurna di tandai dengan adanya  lapang produksi, pengelolaan yang terencana, memiliki minat untuk mencapai produksi maksimum dengan menerapkan ilmu dan teknologi.

Tingkatan tindak agronomi berjenjang dari yang sederhana sampai yang maju. Nilainya tergantung pada tingkat ke 3 pengertian pokok agronomi. Aspek dengan lingkungan hidup. aspek agronomi memiliki 3 aspek : Aspek pemuliaan tanaman; Aspek fisiologi tanaman; Aspek ekologi tanaman Ketiga aspek di atas merupakan suatu gugus ilmu tanaman dengan langsung berperan terhadap tindak agronomi dan sekaligus akan terlihat pada produksi tanaman. Hasil pemuliaan  tanaman, misalnya untuk suatau varietas yang memiliki berbagai sifat ungul kemungkinan sifat ungulnya tergantung kepada tingkatan tindak agronomi yang di lakukan pada tahap itu.

Lingkup agronomi

Lingkup agronomi terdiri dari bidang bidang pemuliaan tanaman,teknologi benih, pemanenan, pengolahan, teknik, budidaya, pemberantasan hama dan penyakit, pemberantasan gulma dan penyimpanan. Misal teknologi benih, mengusahakan benih yang bermutu tinggi, harus juga mencakup upaya memperbaiki sifat genetikanya, fisik, maupun fisiologinya, Benih yang sehat adalah benih yang tidak tercemar oleh benih gulma,tidak pula oleh bekas gigitan serangga untuk berumur genjah.[ps]



Tags:


PENGERTIAN AGRONOMI, definisi agronomi, defenisi agronomi, pengertian agronomi menurut para ahli, aspek agronomi, aspek ilmu agronomi, Tindakan agronomi, tindak agronomi adalah, pengertian pokok agronomi, pengertian dari aspek pemulihan tanaman fisiologi dan ekologi

Artikel Terkait Dengan: "Pengertian Agronomi"

Response on "Pengertian Agronomi"