Pengeluaran Gas Pada Tumbuhan | Pustaka Sekolah

Home > Eksakta > Pengeluaran Gas Pada Tumbuhan

Pengeluaran Gas Pada Tumbuhan

May 24th, 2012 2 Comments

Sahabat Pustakers, pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai sistem pengeluaran pada tumbuhan. Dalam melakukan berbagai proses yang menunjang kehidupannya, tumbuhan akan menghasilkan zat sisa yang harus dikeluarkan dari tubuhnya. Contoh zat yang dikeluarkan seperti karbondioksida, uap air, dan tetesan air. Karbonsdioksida dan uap air merupakan sisa respirasi yang dikeluarkan melalui stomata. proses pengeluaran uap air ni disebut dengan penguapan atau transpirasi. Kecepatan transpirasi antara tumbuhan satu dengan yang lain berbeda-beda. Selain ditentukan oleh tumbuhan itu sendiri, kecepatan transpirasi sangat dipengaruhi oleh kondisi lingkungan, seperti faktor cahaya matahari, kelembaban udara, angin dan suhu udara.

Pengeluaran Gas Pada Tumbuhan

Tumbuhan kaktus adalah contoh tumbuhan yang hidup didaerah yang kering dan bersuhu tinggi. Didaerah seperti ini biasanya cahaya matahari banyak, curah hujan sedikit, dan kelembaban udara kurang, sehingga tumbuhan yang ada disana akan melakukan adaptasi agar tidak terlalu banyak air yang keluar dari tubuhnya. Bentuk adaptasi itu seperti permukaan tubuhnya dilapisi lilin yang tebal, permukaan daunnya lebih sempit atau kecil, bahkan ada yang tidak memiliki daun karena daunnya termodifikasi menjadi duri. Tumbuhan semacam ini disebut tumbuhan xeropit. Contoh tumbuhan ini selain kaktus adalah tumbuhan sukulen.

Sebaliknya keladi atau talas termasuk tumbuhan yang hidup didaerah yang suhunya cenderung rendah, cahaya matahari kurang, dan kelembaban udara tinggi. Tumbuhan ini akan melakukan penyesuaian dengan memperbanyak penguapan agar kadar air dalam tubuhnya tidak terlalu tinggi dan mmeperluas permukaan daun. Tumbuhan semacam ini disebut tumbuhan hidrofit. Contoh lain tumbuhan hidrofit adalah teratai dan eceng gondok.

Tumbuhan jati termasuk tumbuhan tropofit. jenis tumbuhan ini mampu beradaptasi pada lingkungan basah (musim penghujan) dengan banyak memiliki daun, dan pada saat lingkungan kering (musim kemarau) menggugurkan daunnya. Selain jati, contoh tumbuhan jenis ini misalnya pohon randu dan mahoni.

Ringkasan

Berdasarkan penyesuaian terhadap lingkunga hidupnya, tumbuhan dibedakan menjadi 3 macam, tumbuhan hidrofit beradaptasi terhadap lingkungan basah, tumbuhan xerofit beradaptasi terhadap lingkungan kering, dan tumbuhan tropofit beradaptasi terhadap lingkungan basah maupun kering.

Demikianlah artikel Pustaka Sekolah mengenai adaptasi tumbuhan dengan lingkungan hidupnya, semoga artikel pendidikan ini dapat memberikan manfaat bagi kita semua.[ps]

Tags:


contoh tumbuhan hidrofit, contoh tumbuhan monokotil, tumbuhan tropofit, pengertian tumbuhan tropofit, contoh adaptasi fisiologi pada tumbuhan, pengertian tropofit, adaptasi fisiologi pada tumbuhan, tumbuhan hidrofit, contoh tanaman hidrofit, proses pengeluaran uap air dan CO2 disebut
Bagikan Tulisan Ini Melalui Tombol di bawah ini:

2 Komentar Pada “Pengeluaran Gas Pada Tumbuhan”

  1. Andriianii Ituuchrahmiiyuli Andryani says:

    mksih ats infonya,,,

 

Ayo Berkomentar

Rumah Minimalis